Pantai Srau Pacitan - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Srau Pacitan – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi, dan Harga TiketPantai Srau adalah salah satu pantainya yang paling cantik layak dijelajahi ke Pacita. Pantai yang indah dan menawan untuk liburan yang tak terlupakan.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pura Pringkuku, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Indonesia memiliki banyak pantai yang indah. Di provinsi Jawa Timur terdapat pantai yang sangat indah yaitu pantai Srau. Pantai ini terletak di Kabupaten Pacitan, terkenal dengan wisata alamnya yang luar biasa. Kabupaten ini merupakan tempat kelahiran Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Pesona tempat wisata ini sudah didengar oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Oleh karena itu, tempat ini tidak pernah sepi dari wisatawan, apalagi saat akhir pekan atau libur panjang telah tiba. Suasananya begitu nyaman sehingga semua orang menyukainya. Berbagai aktivitas pantai juga bisa dinikmati untuk liburan seru. Ada banyak informasi yang perlu Anda ketahui jika ingin berlibur di pantai ini.

Aktivitas di Pantai Srau

Aktivitas di Pantai SrauKredit Gambar: Dek Google Maps Ira

Dikenal sebagai tempat wisata yang indah dan menjadi favorit wisatawan, tentunya pantai ini memiliki beberapa atraksi yang dapat menarik pengunjung. Berikut beberapa daya tarik pantai ini.

1. Salah satu tempat perkemahan terbaik

Jika Anda ingin merasakan pengalaman menghabiskan malam di pantai, berlibur di tempat wisata ini adalah pilihan yang tepat. Anda bisa mendirikan tenda di tempat yang disediakan.

Salah satu kelebihan tempat ini adalah jauh dari keramaian, sehingga kamu bisa merasakan ketenangan saat bermalam di pantai ini. Selain itu, bumi perkemahan ini sangat luas. Namun, perlu diperhatikan bahwa Anda harus meminta izin kepada masyarakat setempat sebelum mendirikan tenda.

2. Bukit Karang yang Menakjubkan

Di tempat wisata ini terdapat bukit-bukit karang yang mengelilingi 3 kawasan pantai Srau. Area pertama adalah sisi pantai yang berdekatan dengan loket tiket. Anda akan menemukan banyak bebatuan berbentuk perbukitan yang mencuat dari kawasan pantai. Di kawasan ini ombaknya cukup besar dan terdapat hamparan pasir putih yang luas dan bersih.

Bukit karang ini hanya bisa kamu temukan di area pertama. Warna pantai ini juga sangat jernih dan biru yang menandakan tidak adanya rumput laut di tempat wisata ini. Pantainya juga sangat dalam, sehingga pengunjung harus berhati-hati saat berenang atau sekedar bermain air.

3. Sumber air tawar

Objek Wisata Pantai SrauKredit gambar: Google Maps Ben Kumoring

Tempat wisata ini unik dan Anda mungkin akan kesulitan menemukannya di tempat lain. Pantai ini memiliki sumber air tawar. Laut atau pantai biasanya didominasi oleh air asin yang melimpah, tetapi tempat ini memiliki banyak air tawar. Lokasinya tidak jauh dari pantai, jadi bisa jalan kaki kesana.

Anda dapat mencuci muka atau hanya melihat-lihat mata air yang segar. Meski sumber ini sangat unik, banyak wisatawan yang jarang menyadari keberadaannya.

4. Cerita horor

Tidak bisa dipungkiri bahwa pantai-pantai di Indonesia selalu dikelilingi oleh aura mistis. Begitu juga dengan Pantai Srau yang memiliki cerita horor di balik keindahan yang ditawarkannya. Kawasan sumber air di sisi barat lokasi wisata ini merupakan tempat yang angker menurut masyarakat setempat.

Daerah ini sangat ditakuti oleh masyarakat. Tidak ada yang berani pergi ke sana pada malam hari. Oleh karena itu, wisatawan dan penduduk lokal selalu mengambil air di pagi atau sore hari.

Ada sebuah villa yang letaknya tidak jauh dari tempat wisata. Dulunya tempat itu dihuni oleh orang asing yang menggunakannya sebagai penginapan. Namun, setelah teror yang terus menghantui masyarakat dan pemilik penginapan, vila tersebut tidak lagi berpenghuni hingga saat ini.

Meski terdengar menyeramkan, namun keindahan tempat wisata ini sebenarnya menjadi daya tarik tersendiri yang mampu membuat wisatawan penasaran. Perlu diingat juga bahwa tidak semua pantai berhantu, jadi jangan khawatir bagi kamu yang takut dengan cerita horor.

Alamat, lokasi, rute dan harga tiket masuk Pantai Srau

Harga tiket masuk pantai SrauKredit gambar: Google Maps Adifa Muhammad

Lokasi tempat wisata ini berada di Kecamatan Pringkulu Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Bagi Anda yang memulai perjalanan dari Pacitan, Anda bisa menuju pantai ini melalui Jalan WR Soepratman. Kemudian Anda akan melewati pantai Telengria. Setelah itu, Anda akan menemukan pertigaan Tumpang Rinjing dan memilih kiri untuk menuju Pantai Srau.

Jika Anda memulai perjalanan dari Surabaya, pilihlah jalan menuju Mojokerto. Bagi Anda yang berangkat dari Jawa Barat, Yogyakarta dan Jawa Tengah, Anda dapat menggunakan Tol Cipali dan Tol Nasional III yang nantinya akan membawa Anda ke Pacitan. Medannya cukup sulit sehingga Anda harus berhati-hati.

Anda tidak perlu khawatir dengan liburan pantai di Indonesia. Rata-rata harga tiket masuk untuk berlibur di tempat wisata alam ini cukup murah, sehingga tidak terlalu membebani Anda.

Cukup membayar tiket seharga Rp5.000 per orang dan Anda sudah bisa menikmati surga alam Kabupaten Pacitan. Tempat wisata ini juga buka 24 jam sehari sehingga anda bisa menikmati liburan di pantai ini di waktu senggang anda dengan harga yang sangat murah.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di pantai Srau

Aktivitas Menarik Pantai SrauKredit gambar: Google Maps Sylvia Bieng

1. Kegiatan bahari

Seperti pantai pada umumnya, Anda bisa berlatih berbagai aktivitas air di tempat wisata ini. Anda bisa berenang dengan bebas sambil menikmati pemandangan yang indah. Anda juga dapat berlatih aktivitas air lainnya seperti berselancar dan menyelam.

Perlu diingat bahwa Anda perlu membawa peralatan seperti papan selancar, peralatan snorkeling, atau pakaian renang karena tidak ada persewaan peralatan tersebut di pantai ini. Anda juga harus berhati-hati saat bermain karena tidak ada penjaga pantai yang siap membantu Anda saat Anda tenggelam atau tersapu ombak.

2. Saksikan matahari terbenam dan matahari terbit

Salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan sunset dan sunrise di Kabupaten Pacitan adalah Pantai Srau. Anda harus menuju area ketiga yang berada di sisi barat area kedua tempat wisata ini.

Anda dapat menemukan platform di area ketiga yang dapat digunakan untuk melihat matahari terbenam dan matahari terbit. Anda tidak perlu khawatir tersesat karena ada petunjuk arah untuk membantu Anda menemukan jalan.

3. Berkemah sambil memancing

Selain tersedia lokasi untuk berkemah, tempat wisata ini juga menawarkan spot memancing. Lokasinya tidak jauh dari bumi perkemahan sehingga Anda hanya perlu berjalan kaki untuk menuju kawasan tersebut.

Ada berbagai jenis ikan yang bisa Anda temukan di sini. Oleh karena itu, pastikan untuk membawa pancing dan umpan dari rumah. Jika tidak ingin repot mencari ikan, Anda bisa membeli hasil tangkapan langsung dari nelayan.

Ikan yang terdapat di pantai ini adalah ikan panjo. Jenis ikan ini hampir terlihat seperti hiu tetapi memiliki tulang berwarna hijau. Panjang seekor ikan sekitar 60 cm dengan harga Rp 40.000,00.

4. Ambil gambar

Ada banyak tempat indah yang bisa kamu abadikan dalam foto sebagai oleh-oleh. Pemandangannya cukup menakjubkan, jadi disarankan untuk membawa kamera terbaik untuk mengabadikan keindahan pantai Srau.

Karena banyaknya spot foto yang tersedia, pantai cantik ini kerap dikunjungi para fotografer yang mencari objek foto alam yang menakjubkan. Anda juga harus berhati-hati karena medan pantainya cukup curam dan licin, sehingga cenderung licin.

Penginapan murah dekat pantai srau

Penginapan murah dekat pantai srauKredit gambar: Google Maps Jimi Ahmad Firlana

1. Hotel Minang Permai 3

Hostel ini terletak di daerah Sidoharjo, Kabupaten Pacitan. Harga per malam di hostel ini mulai dari Rp 200.000.

Anda akan mendapatkan keuntungan dari beberapa fasilitas seperti wifi, parkir yang luas. Taman bermain untuk anak-anak, dan lain-lain. Hotel ini juga dekat dengan beberapa tempat wisata lainnya seperti Pantai Teleng Ria, Goa Gong, dan Pantai Klayar.

2. Hotel Graha Prima

Anda juga bisa menemukan hotel ini di kawasan Sidoharjo, Kabupaten Pacitan. Harga per malam di hostel ini mulai dari Rp250.000,00.

Beberapa fasilitas yang ditawarkan, seperti parkir, AC, kamar mandi dan lain-lain. Kelebihan dari hotel ini adalah anda bisa melihat pemandangan pantai Teleng Ria langsung dari hostel. Anda dapat melakukan perjalanan selama setengah jam ke pantai jika Anda mulai dari hotel.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Srau Pacitan

Fasilitas Pantai Srau PacitanKredit gambar: Google Maps yusuf Kurniawan

Fasilitas tempat wisata ini tidak terlalu banyak dan lengkap. Namun Anda tetap bisa menemukan fasilitas umum seperti berikut ini.

1. Area parkir

Tidak perlu khawatir dengan keamanan kendaraan anda karena di tempat wisata ini terdapat tempat parkir yang luas dengan keamanan yang terjamin. Anda juga harus membayar biaya parkir dengan harga yang wajar.

2. Toilet umum

Sama seperti tempat wisata pada umumnya, pantai ini juga memiliki toilet umum yang bisa Anda gunakan. Ingatlah untuk membawa uang tunai saat menggunakan kamar kecil karena ini akan dikenakan biaya.

3. Akomodasi

Ada beberapa hotel atau losmen yang bisa Anda temukan di dekat pantai. Anda juga dapat mencari dan memesannya menggunakan aplikasi pemesanan hotel sehingga Anda tidak akan kesulitan menemukannya. Harganya cukup murah, jadi jangan terlalu khawatir dengan biaya menginapnya.

4. Belvedere

Terdapat gazebo yang bisa Anda gunakan untuk bersantai bersama teman atau keluarga. Jumlahnya tidak terlalu banyak, jadi jika tidak ada gazebo lagi, Anda bisa menggunakan tikar sebagai alas duduk di atas pasir. Oleh karena itu, ingatlah untuk membawa tikar dari rumah karena tidak ada toko yang menjualnya di sana.

5. Kios

Tentu saja, Anda akan lapar setelah hanya bermain air di pantai. Jangan khawatir karena Anda dapat dengan mudah menemukan warung di sekitar tempat wisata ini yang menjual berbagai makanan dengan harga murah dan enak. Sangat direkomendasikan untuk mencoba menu ikan yang dijual karena sangat enak dan beraroma.

Beberapa informasi di atas adalah informasi umum yang mungkin Anda ketahui tentang Pantai Srau Pacitan. Ingatlah untuk selalu menjaga perilaku Anda karena pantai ini cukup angker. Anda juga tidak diperbolehkan membuang sampah sembarangan karena dapat merusak keindahan dan kebersihan tempat wisata ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button