Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif melibatkan 150 orang dalam pelatihan operator pariwisata tahap kedua - WisataHits
Yogyakarta

Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif melibatkan 150 orang dalam pelatihan operator pariwisata tahap kedua

Harianjogja.com, JOGJA—Sedikitnya 150 kader dari 10 desa wisata mengikuti pelatihan inovasi produk pariwisata dan pengembangan kapasitas pariwisata tahap kedua di kawasan Borobudur-Jogja-Prambanan mulai 16 September hingga 22 September 2022.

Agenda yang dilakukan Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif/Badan Pariwisata dan Industri Kreatif ini merupakan kelanjutan dari kegiatan serupa yang dilakukan di Lombok dan Labuan Bajo beberapa waktu lalu.

Pelatihan Operator Pariwisata Borobudur-Jogja-Prambanan tahap kedua ini diikuti oleh operator pariwisata dari desa wisata Prenggan, Candirejo, Tanjungsari, Ngargogondo, Wanurejo, Mendut, Bokoharjo, Bugisan, Kebondalem Kidul dan Pereng.

DIDUKUNG:

YouGov: Tokopedia jadi brand yang paling direkomendasikan untuk orang Indonesia

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas pemangku kepentingan pariwisata di desa wisata ini dalam Kampanye Sadar Wisata 5.0 yang dilaksanakan di enam Destinasi Wisata Prioritas (DPP), yaitu Danau Toba, Borobudur-Jogja-Prambanan, Mandalika, Labuan Bajo, Bromo-Tengger -Semeru dan Wakatobi.

Membuka kegiatan pelatihan sebelumnya di bidang yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyampaikan bahwa keenam DPP ini memiliki daya tarik tersendiri, sehingga daya saingnya perlu lebih diperkuat lagi agar jumlah kunjungan wisatawan meningkat lebih bermanfaat bagi pembangunan daerah dan baik. -menjadi masyarakat lokal.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan terus meningkatkan kapasitas dan kualitas sumber daya manusia pemangku kepentingan pariwisata melalui program pengembangan pariwisata yang terintegrasi dan berkelanjutan dengan pelatihan pengembangan inovasi produk pariwisata dan peningkatan kapasitas pariwisata sebagai bagian dari program. Menteri Perekonomian Sandiaga Uno mengatakan dalam keterangannya kepada Jogja Daily, Senin (19/9/2022).

kewiraswastaan

Kemenparekraf/Baparekraf Florida Direktur Pengembangan SDM Pariwisata Pardosi mengatakan ada tiga paket pembelajaran yaitu A dan B pada gelombang pertama dan Paket C pada gelombang berikutnya.

Paket A mencakup pariwisata dan produk pariwisata berkelanjutan, sedangkan Paket B mengacu pada paket wisata, homestay, kuliner, dan cinderamata. Paket C materi kewirausahaan meliputi perencanaan bisnis, digitalisasi keuangan, pemasaran dan sumber daya manusia.

Florida berharap 15 kader dari setiap desa wisata yang terpilih untuk mengikuti pelatihan tersebut dapat berbagi ilmu yang telah diperoleh, menggerakkan roda pengembangan pariwisata dan menjadi duta pariwisata di desa atau desa wisatanya.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Slamet Achmad Husein mengatakan, pelatihan yang dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini merupakan peluang yang sangat bagus dan harus dimanfaatkan secara maksimal.

Source: news.harianjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button