Kemenparekraf asah skill SDM pariwisata di 3 desa wisata Labuan Bajo - WisataHits
Yogyakarta

Kemenparekraf asah skill SDM pariwisata di 3 desa wisata Labuan Bajo

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat Roadshow Program Indonesian Tourism Village Award (ADWI) 2022 ke Desa Wisata Sudaji di Kabupaten Buleleng, Bali (Istimewa)

Perbesar

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat Roadshow Program Indonesian Tourism Village Award (ADWI) 2022 ke Desa Wisata Sudaji di Kabupaten Buleleng, Bali (Istimewa)

Sementara itu, terkait pelaksanaan Kampanye Sadar Wisata, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan, sebagai bagian dari proses tersebut, kader desa wisata akan diseleksi untuk mendapatkan pelatihan dan mulai mengembangkan proyek untuk pembangunan desanya ditugaskan. desa liburan masing-masing.

“Kami ingin konsep peningkatan SDM di era Society 5.0 meningkatkan kualitas pelayanan sehingga wisatawan dapat menikmati kunjungannya dengan aman dan nyaman,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Sebagai informasi: Tahap pelatihan merupakan tahap kedua dari rangkaian program Kampanye Sadar Wisata. Tahap pertama, yakni sosialisasi, berlangsung Maret-Juli lalu. Pelatihan di kawasan Labuan Bajo ini diikuti oleh 45 stakeholder pariwisata dari tiga desa wisata yaitu Desa Wisata Golo Mori, Desa Wisata Pasir Panjang dan Desa Wisata Papagarang.

Ada 3 paket pelatihan yang diberikan kepada peserta yaitu; Paket A terdiri dari pengembangan inovasi produk pariwisata, terdiri dari materi pariwisata berkelanjutan, eksplorasi, pengemasan dan presentasi; Paket B, yang terdiri dari paket wisata, homestay, kuliner dan paket souvenir; dan Paket C tentang Kewirausahaan, yang meliputi perencanaan bisnis, keuangan digital, pemasaran digital dan pengelolaan sumber daya manusia di desa wisata.

Pada tahun 2022, tokoh masyarakat akan ditawarkan kegiatan pelatihan di 65 desa, dengan tujuan di 6 tujuan wisata prioritas, yaitu Danau Tobase, Borobudur-Yogyakarta-Prambanan, Mandalika, Labuan Bajo, Bromo-Tengger-Semeru dan Wakatobi.

Source: m.liputan6.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button