Sangat bagus! Desa Jateng Ini Raih Penghargaan Desa Antikorupsi Terbaik Di Indonesia | Kpk - WisataHits
Jawa Tengah

Sangat bagus! Desa Jateng Ini Raih Penghargaan Desa Antikorupsi Terbaik Di Indonesia | Kpk

Sangat bagus! Desa Jawa Tengah ini meraih predikat Desa Antikorupsi Terbaik di Indonesia

Desa Banyubiru di Kabupaten Semarang dinobatkan sebagai desa antikorupsi terbaik di Indonesia oleh KPK.

Solopos.com, HUNGARIAN, Kabupaten Semarang, meraih predikat Kampung Antikorupsi Terbaik di Indonesia. Desa Banyubiru meraih nilai tertinggi dalam acara Desa Anti Korupsi 2022 yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sebanyak 10 desa dari 10 provinsi Indonesia mengikuti acara Desa Anti Korupsi. KPK mendirikan kampung antikorupsi ini pada Februari 2022. Setelah itu, KPK melakukan observasi dengan memilih desa percontohan. Selain itu, desa terpilih mendapat bimbingan teknis dari KPK bekerja sama dengan Kementerian Desa, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Dalam Negeri.

Lanjut membaca:
pos tunggal »

Pemerintah siapkan tiga lokasi pemukiman kembali warga Cianjur – ANTARA News

ANTARA – Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat menyiapkan tiga lokasi strategis sebagai lokasi pemukiman kembali warga terdampak gempa yang… Selengkapnya >>

Inilah profil Desa Conto Wonogiri, peraih Best Tourism in Jawa TengahDesa Conto di Wonogiri, desa wisata terbaik di Jawa Tengah ini memiliki profil yang khas.

KPK Tetapkan Desa Sukojati Sebagai Desa Antikorupsi, Bupati Ipuk: Mari Belajar dari Desa Sukojati KPK telah menetapkan Desa Sukojati, Kecamatan Blimbingsari, Kabupaten Banyuwangi sebagai salah satu desa percontohan antikorupsi.

Pergeseran tanah masih terjadi di sekitar penurunan muka jalan penghubung antara desa Kalijambe dan desa PurworejoRADARSEMARANG.ID, Kajen – Kondisi jalan yang menghubungkan Desa Kalijambe hingga Desa Purworejo di Kabupaten Sragi yang beberapa waktu lalu jebol, masih labil. Masih ada pergeseran tanah sekitar…

Menerapkan nilai-nilai antikorupsi, 10 desa akan menjadi desa antikorupsi pada tahun 2022Sebanyak sepuluh desa dari sepuluh provinsi Indonesia terpilih sebagai Desa Antikorupsi 2022, termasuk Desa Kumbang di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Kepulauan Adadi Kompas

Korupsi tingkat desa tercatat meningkat sebanyak 601 kasus yang sebagian besar menjerat kepala desaKasus korupsi yang menjerat aparat desa saat ini mengkhawatirkan. Terdaftar 601 kasus di antara 688 aparat desa, kebanyakan kepala desa.Korupsi tidak pernah ilegal di negeri ini. Bahkan dianggap sebagai berkah/rahmat Tuhan. Ini semua gila. Agar kepala desa bersih dari korupsi itu mudah, kepala desa jangan diberi kewenangan mengelola dana desa! Jika desa membutuhkan barang atau fasilitas pendukung operasional, berikan saja natura, tidak akan mendapatkan kekuatan untuk mengelola anggaran. Pembelian dan penjualan posisi staf desa,

Dana desa dan modal sosialDana desa berperan penting dalam pembangunan desa, namun pengelolaan dana desa yang tidak transparan dapat mengikis modal sosial, aset penting dalam menggerakkan warga desa untuk berperan aktif dalam pembangunan desanya. Analisis ekonomi Adadi compas

SOLOPOS: Desa wisata terbaik di Jawa Tengah ini memiliki profil yang khas. Kemudian, desa yang memenuhi kriteria mendapat bimbingan teknis yang melibatkan sejumlah kementerian. RADARSEMARANG.

COM – Ketua KPK Firli Bahuri (tengah) berfoto bersama Kepala Desa Banyubiru Sri Anggoro Siswaji (kiri) dan Bupati Semarang Ngesti Nugraha (kanan) saat pembukaan kampung antikorupsi di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Senin (11/10). /29/2022) ). (Desa Solopos. Conto terletak di Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri.com-Hawin Alaina) Solopos. “Desa Sukojati merupakan desa istimewa dengan skor 93,25 yang menempati urutan keempat,” jelasnya. com, HUNGARIAN Kabupaten Semarang, meraih predikat Desa Anti Korupsi Terbaik di Indonesia. Desa Conto berhasil mengungguli 27 desa wisata lainnya di Jawa Tengah dalam kategori ini. Desa Banyubiru meraih nilai tertinggi dalam acara Desa Anti Korupsi 2022 yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pihaknya baru akan melakukan clearing menyeluruh jika kondisi tanah sudah stabil.

10 desa dari 10 provinsi Indonesia mengikuti acara “Desa Antikorupsi”. Obyek wisata alam di Desa Wisata Conto antara lain kolam renang Soko Langit, Goa Resi, kebun sayur, hutan pinus dan bumi perkemahan. “Sukojati adalah satu-satunya desa di Jawa Timur,” kata Wawan. KPK mendirikan kampung antikorupsi ini pada Februari 2022. Setelah itu, KPK melakukan observasi dengan memilih desa percontohan. “Kami sudah memiliki pandangan yang baik. Selain itu, desa terpilih mendapat bimbingan teknis dari KPK bekerja sama dengan Kementerian Desa, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Dalam Negeri. Baca juga: “Penghargaan ini akan menjadi pemicu kami untuk konsisten memimpin pemerintahan yang bersih dari korupsi,” tandasnya. Iklan Angkringan Omah Semar Solo: Tempat Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi Pada Selasa (29/11/2022), 10 desa di alun-alun desa Banyubiru ditetapkan sebagai desa percontohan antikorupsi di Indonesia. Yang kami maksimalkan adalah kegiatan masyarakat yang kami tawarkan sebagai kegiatan wisata,” ujarnya Solopos. Hal itu juga diungkapkan Kepala Desa Kalijambe Ikhwan.

Desa Banyubiru mendapat skor tertinggi 96,75 dan layak dinobatkan sebagai desa antikorupsi terbaik di Indonesia. Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan, desa saat ini menjadi hal penting dalam pembangunan Indonesia. Kepala Desa Conto (Kades), Rudi Cahyono mengatakan, predikat yang diterima desanya merupakan langkah awal untuk lebih mengembangkan desa wisata yang berkualitas. Program desa antikorupsi merupakan upaya kolaboratif untuk mencegah praktik antikorupsi. Mengingat desa memiliki sumber daya yang besar melalui dana desa, banyak perangkat desa yang terlibat korupsi. Selama dua tahun pertama setelah dibuka, jelasnya, aktivitas wisata di Desa Conto sebenarnya melayu akibat pandemi Covid-19. “Saya mencatat tidak kurang dari 686 desa dan 651 kepala desa terlibat kasus hukum.

Ini juga yang mendorong KPK untuk membentuk desa antikorupsi,” ujarnya. “Pada tahun 2022 [Pendapatan Asli Desa] PAD dari kegiatan wisata ini sudah mencapai hampir 150 juta rupiah,” kata Rudi. Baca Juga: KPK Buka Kampung Antikorupsi di Banyubiru, Kabupaten Semarang Diakui, kampung adalah miniatur negara. Karena tidak ada program pemerintah yang tidak ada hubungannya dengan desa. Any Dalisemar, Kempul, Ngelo, Nglarangan, Sumber. Setidaknya ada tujuh indikator yang bisa diisi atau dicatat di desa. Data angka kemiskinan, pengangguran, indeks pembangunan masyarakat, angka kematian ibu dapat dicegah oleh desa. Desa ini terletak di sisi selatan lereng Gunung Lawu.

Selain itu, KPK telah melakukan banyak hal untuk mencegah praktik korupsi. Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transparansi Abdul Halim Iskandar mengatakan, ada kekhawatiran sebelumnya setelah desa diberikan otonomi untuk mengelola dana desa. Cukup dengan Rp 99. Namun, semua itu bisa terjawab setelah berjalannya dana desa mengakselerasi pembangunan dan inovasi di desa. “Lebih menggembirakan lagi, hampir semua kementerian dan lembaga telah membuat komitmen bersama untuk mendukung proses pembangunan dan pemberdayaan masyarakat pedesaan. Daftar Espos Plus. Salah satunya KPK,” kata menteri yang akrab disapa Gus Halim itu.

Baca Juga: Menurutnya, keberadaan desa antikorupsi akan membuat perangkat desa lebih aware terhadap pembangunan desa. Ini akan membuat kemajuan desa lebih cepat. “Tentunya semua ini akan lebih baik lagi jika KPK membantu desa-desa dengan Program Antikorupsi Desa,” kata Gus Halim. Sementara itu, selain Desa Banyubiru, sembilan desa lainnya di Indonesia yang masuk nominasi Desa Terbaik Anti Korupsi adalah Desa Pakatto Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel); Desa Kamang Hilla di Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar); Desa Hanura di Kabupaten Pesawaran, Lampung; Desa Mungguk, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat. Kemudian Desa Cibiru Wetan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jawa Barat); Desa Sukojati, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur (Jawa Timur); Desa Kutuh, Kabupaten Badung, Bali, Desa Kumbang, Lombok Timur, NTT; dan Desa Batusoko Barat di Kabupaten Ende, NTT.

.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button