Kembangkan pariwisata, 3 hal ini dibenahi Pemkab Malang - WisataHits
Jawa Timur

Kembangkan pariwisata, 3 hal ini dibenahi Pemkab Malang

WAKTU JATIM – Pariwisata merupakan salah satu sektor kunci untuk merevitalisasi perekonomian di Kabupaten Malang. Hal ini pula yang menjadi alasan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang menggenjot pariwisata tahun 2023 melalui beberapa program.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malang Darmadi mengatakan, rencana itu juga dibahas dan masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Malang tahun 2023, yang tentunya telah disiapkan beberapa program.

“Dari sisi pariwisata, kami (Pemkab Malang) sangat ingin mengembangkan pariwisata di desa. Terutama yang diyakini mampu menggerakkan perekonomian nasional ke depan,” kata Darmadi.

Darmadi mengatakan ada tiga hal yang secara umum direncanakan untuk mengembangkan pariwisata di Kabupaten Malang. Yang pertama menyangkut infrastruktur akses jalan untuk pariwisata.

“Makanya kami (Pemkab Malang) berusaha hadir di tengah masyarakat untuk memperbaiki akses jalan untuk pariwisata agar lebih baik,” tambah Darmadi.

Hal kedua, menurut Darmadi, adalah kelengkapan sarana dan prasarana (sarpras) di tempat wisata. Baik pada wisata yang masih berlangsung di tingkat lokal maupun wisata lainnya di Kabupaten Malang yang sudah dikenal.

“Ini juga bagian dari implementasi program Bupati, satu desa, satu tujuan. Jadi ada beberapa fasilitas infrastruktur yang banyak disarankan wisatawan,” jelas Darmadi.

Hal ketiga adalah mengembangkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di masing-masing daerah. Hal ini akan dilakukan melalui pelatihan bagi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Darmadi mengatakan selain itu, Pemkab Malang juga telah memberikan dukungan terkait regulasi melalui peraturan daerah (Perda).

Terkait infrastruktur jalan atau akses pariwisata, Darmadi mengatakan hal itu juga merupakan bagian dari rencana besar Pemkab Malang untuk meningkatkan infrastruktur jalan.

Dimana dalam hal ini juga dibahas dengan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Malang dan dituangkan dalam APBD tahun 2023. Terkait rencana peningkatan infrastruktur jalan, Pemkab Malang akan mengalokasikan anggaran hingga Rp 600 miliar.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button