Kelas wisata Kebun Wisata Pasirmukti Bogor, tempat bermain sawah dan menanam padi - WisataHits
Jawa Barat

Kelas wisata Kebun Wisata Pasirmukti Bogor, tempat bermain sawah dan menanam padi

Kelas wisata Kebun Wisata Pasirmukti Bogor, tempat bermain sawah dan menanam padi

Kebun Wisata Pasirmukti Bogor merupakan tujuan pendidikan bagi dunia pertanian dan peternakan. Tempat ini muncul karena kesenangan pribadi, yaitu kesenangan berkebun atau bercocok tanam.

Emy Turanggan Senduk pertama kali membangun Taman Wisata Pasirmukti dengan luas hanya 5 hektar, namun seiring berjalannya waktu, minat masyarakat terhadap lahan tersebut bertambah menjadi 15 hektar.

Pada tahun 2001, Taman Wisata Pasirmukti dibuka untuk umum dan ditetapkan sebagai tempat wisata di Bogor. Tempat wisata untuk keluarga dengan anak-anak ini dibuat dengan konsep Edupark yang memungkinkan si kecil tidak hanya bermain, tetapi juga belajar.

Daya Tarik Taman Wisata Pasirmukti Bogor

Jika Anda berkunjung ke Taman Wisata Pasir Mukti Bogor, Anda akan disuguhi pemandangan khas pedesaan. Pengunjung dapat menyaksikan kegiatan pengelolaan dan berpartisipasi langsung dalam budidaya padi.

Karena mengangkat tema wisata edukasi Bogor, tempat ini menawarkan wahana seru dan edukatif. Bagi pengunjung yang datang berombongan dan ingin menikmati semua wahana yang tersedia.

Pengelola tempat wisata di Bogor ini menawarkan dua paket utama yakni paket Agrospintar dan Agrojunior. Selain dua paket utama tersebut, ada juga paket tani untuk anak-anak, paket berkemah, dan paket petualangan pertanian

Wisata edukasi alam, memancing

Salah satu kegiatan wisata di tempat ini adalah memancing di kolam. Kegiatan ini sangat seru dan menyenangkan untuk dilakukan bersama.

Pengunjung berinteraksi dengan ikan-ikan kecil. Menariknya, ikan hasil tangkapan bisa dibawa pulang. Ada berbagai jenis memancing di sini. Mulailah memancing dengan joran biasa atau menangkap ikan dengan jaring.

Ikut membajak sawah dan menanam padi di Taman Wisata Pasirmukti Bogor

Pengunjung tidak hanya berinteraksi dengan alam, tetapi juga dengan hewan. Kegiatan yang bisa dilakukan sambil membajak sawah dengan kerbau. Namun, kegiatan ini rutin hanya dilakukan pada akhir pekan atau saat tamu datang berombongan.

Sementara itu, pengunjung menanam padi dan melakukan kegiatan ini secara bersama-sama layaknya petani di sawahnya. Selain itu, pengunjung mendapatkan bibit padi kemudian berbaris untuk menanam padi bersama.

Sarana wisata keluarga: bermain di kolam lumpur dan melukis topi

Selain memancing, pengunjung juga bisa bersenang-senang bermain di kolam lumpur. Selain itu, Anda bisa melakukan perang bantal di atas bambu. Para orang tua yang ingin anaknya bermain di sini jangan lupa membawa baju ganti agar si kecil bisa bermain di lumpur tanpa takut kotor.

Kegiatan lainnya adalah membuat lukisan plafon. Pengunjung diajak untuk berpartisipasi langsung di media lukisan berupa topi. Secara umum, topi yang dikenakan di luar dapat membantu mengembangkan keterampilan motorik anak dan membuatnya lebih kreatif.

Agrowisata tanaman hidroponik dan kebun buah-buahan

Selain wahana untuk anak-anak, pengelola juga menawarkan agrowisata untuk orang dewasa. Mulai dari kebun anggrek, kebun buah, kebun sayur, budidaya ikan, kolam ikan hingga peternakan. Pengunjung juga bisa mempraktikkan tanaman hidroponik di sini. Jangan lupa membeli buah dan tanaman. Area hidroponik Kebun Wisata Pasirmuk tidak terlalu besar namun memiliki dua rumah kaca dengan kolam apung dan peralatan hidroponik.

Selain wisata hidroponik, wisatawan bisa berwisata kebun buah. Buah ditanam di pot atau di tanah terbuka. Jenis buahnya antara lain jambu batu, jambu air, belimbing, biji jarak, mangga, mato, dan masih banyak lagi lainnya. Selain itu, pengunjung yang tertarik dengan pertanian juga bisa berlatih menanam aneka buah-buahan di tempat ini.

Terdapat taman bermain dan taman rekreasi di Taman Wisata Pasirmukti Bogor

Ada wahana lain yaitu kolam renang. Jika tidak ingin kotor terkena lumpur, kolam renang bisa menjadi pilihan. Pilihan lainnya adalah berkemah di perkemahan. Pengunjung dapat mendirikan tenda di bawah pohon yang rindang. Suasana padang rumput yang hijau dan banyaknya pepohonan yang rindang menciptakan suasana yang sejuk dan nyaman.

Tiket masuk Taman Wisata Pasirmukti

Tarif masuk ke Taman Wisata Pasirmukti adalah Rp 25.000 per orang. Selain itu, ada biaya wisata lainnya:

  • Paket wisata sekolah
  • Petualangan Pertanian: Rp 250.000 per orang
  • Anak petani: Rp 540.000 per orang
  • Student Agility: Rp 165.000 per orang
  • Agrowisata: Rp 160.000 per orang
  • Berkemah: Rp 185.000 per orang
  • Pelajar outbound: Rp 180.000 per orang
  • Student Camp Fun: Rp 240.000 per orang
  • Manfaat Student Camp: Rp 275.000 per orang

Tempat wisata edukasi di Bogor ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00. Parkir, toilet, dan mushola tersedia untuk pengunjung. Kalau butuh bahan makanan, Isa juga beli di sini.

Artikel menarik lainnya: Go Wet Waterpark Grand Wisata Bekasi, tempat wisata air untuk wisatawan

Alamat Taman Wisata Pasir Mukti

Taman Wisata Pasir Mukti terletak di antara desa Tajur, Pasirmukti dan Gunung Sari, kecamatan Citeureup, Bogor, Jawa Barat. Tidak jauh dari kota Jakarta yaitu sekitar 60 menit perjalanan. Untuk informasi lebih detail, silahkan hubungi 021-87943864/081311188606.

Demikian artikel tentang Taman Wisata Pasirmukti, tempat wisata kelas ekskursi di Bogor. Destinasi ini bisa menjadi pilihan untuk school trip atau destinasi liburan keluarga.

Artikel menarik lainnya: Tiket masuk dan harga makan penginapan di Desa Wisata Karawang

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button