9 minuman khas Jawa Tengah yang wajib dicoba - WisataHits
Jawa Tengah

9 minuman khas Jawa Tengah yang wajib dicoba

Bukan Indonesia kalau tidak memiliki budaya yang beragam. Meskipun ada banyak dan membuat perbedaan, itulah yang membuatnya menarik. Setiap daerah di Indonesia memiliki kekhasan tersendiri.

Salah satu daerah yang memiliki keunikan budaya, tradisi dan kuliner khas adalah Jawa Tengah. Provinsi ini menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik bagi para wisatawan, karena menyuguhkan keindahan panorama alam, seni budaya dan tentunya beragam kuliner khas yang unik. Salah satunya adalah minuman.

Minuman khas Jawa Tengah sangat beragam. Sebagai provinsi juga cukup besar dan terdapat banyak kabupaten dan kota. Setiap daerah cenderung memiliki masakan yang sangat khas.

Minuman khas Jawa Tengah ini umumnya banyak mengandung rempah-rempah yang menyehatkan. Selain itu, ada juga hidangan yang menyegarkan dan manis yang cocok untuk menghilangkan dahaga.

kutipan kenaikan.comBerikut daftar minuman khas Jawa Tengah yang patut dicoba.

1. Wedang Uwuh

Minuman khas dari Jawa Tengah ini sangat baik untuk kesehatan. Pasalnya, komposisi yang terkandung di dalamnya kaya akan rempah-rempah yang bermanfaat. Tidak lain adalah perpaduan kayu secang, kayu manis, jahe, cengkeh, pala, kapulaga, gula batu dan pala.

Cara penyajiannya, tinggal tambahkan air panas. Dengan cara ini bahan kering akan larut dan sarinya akan keluar, namun ada juga yang berbentuk bubuk. Rasa minuman ini manis dan pedas.

2. Bir Pletok

Sama seperti kebanyakan bir Pletok, minuman yang satu ini tidak mengandung alkohol sama sekali. Meski diketahui berasal dari Jakarta, ternyata jamur di Jawa Tengah juga banyak.

Di dalamnya terdapat perpaduan bumbu berupa daun pandan, jahe, kapulaga, cengkeh, kayu manis, pala dan lainnya. Akan lebih segar jika diminum dingin atau ditambah es batu.

3. Bajigur

Bajigur diminum panas atau hangat dan mengandung rempah-rempah yang menyegarkan tubuh. Termasuk jahe, santan serta campuran gula dan garam yang membuatnya lebih enak.

4. Sekoteng

Mirip dengan Wedang Ronde, minuman khas Jawa Tengah ini cukup berbeda kandungannya. Ada campuran kacang tanah, kacang hijau, henna Cina, dan irisan roti tawar. Saat disajikan, air jahe ditambahkan sangat segar.

Pada umumnya minuman ini dijual pada malam hari. Jadi pilihan yang sangat cocok saat cuaca dingin untuk makan sekoteng hangat.

5. Jamu Jun

Jamu Jun dibuat dengan berbagai bumbu dan paprika yang meningkatkan rasa pedas. Menariknya, minuman ini tidak terlalu mirip dengan obat herbal kebanyakan. Kalau saja karena bahan dasarnya juga tepung beras.

Diketahui bahwa Jamu Jun berasal dari kawasan pesisir utara Jawa Tengah. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah menemukannya di Semarang, Jepara, dan Demak.

6. Es Oyen

Mirip dengan es krim campur, minuman ini ternyata cukup berbeda. Di dalamnya ada potongan alpukat, nangka, daging kelapa, pacar Cina, sirup coco panda, permen kental dan es batu.

Es krim oyen bisa menjadi pilihan Anda jika haus di siang hari. Selain pelepas dahaga, berbagai komponen di dalamnya juga bisa memanjakan lidah dengan rasa manis yang kompleks.

7. Es Doger

Es Doger juga merupakan minuman yang mudah ditemukan di Jawa Tengah. Selain harganya yang murah, rasa dan bahan-bahan di dalamnya juga enak dan bervariasi.

Bahan-bahannya antara lain alpukat, henna Cina, daging kelapa parut, henna Cina, lakban, dan campuran kental sirup manis dan merah. Jangan lupa es batu segar.

8. Es Dawet

Salah satu dawet yang paling terkenal adalah dawet Banjarnegara. Dimana daerah tersebut merupakan kota di Jawa Tengah. Mirip dengan cendol, ternyata keduanya memiliki perbedaan. Dawet terbuat dari tepung beras berwarna hijau sedangkan Cendol terbuat dari tepung hunkwe. Dari segi tekstur, dawet lebih padat.

9. Es Gempol Pleret

Minuman ini berbahan dasar Gempol yang diolah dari tepung beras. Gempol umumnya rata dengan warna pink atau hijau muda. Kemudian Gempol dicampur dengan santan, air gula aren dan es batu. Minuman ini menjamur di Semarang dan Solo.

Ini menjelaskan minuman khas dari Jawa Tengah yang selalu menarik untuk dicoba saat Anda berkunjung. Dari daftar di atas, kebanyakan minuman yang mengandung bumbu umumnya disajikan hangat atau panas. Meski demikian, kawasan ini juga menawarkan berbagai hidangan dingin dengan es batu yang menyegarkan.

Source: katadata.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button