Kejuaraan Nasional Gateball di TWC Prambanan Spurs Sports Tourism Events - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Kejuaraan Nasional Gateball di TWC Prambanan Spurs Sports Tourism Events – ANTARA News Yogyakarta

Sleman (ANTARA) – Rangkaian turnamen gateball tingkat nasional yang digelar pada 5-10 November 2022 di Lapangan Siwa Kompleks Wisata Candi Prambanan (TWC) memacu event sport tourism di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah.

“Event nasional ini akan menghidupkan event sport tourism besar-besaran yang berkembang di era pascapandemi,” kata Direktur Operasi dan Pengembangan Infrastruktur PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Mardijono Nugroho di Prambanan, Sleman, Sabtu .

Agenda ini diselenggarakan oleh Pengurus Daerah (Pengda) Persatuan Gerbang Seluruh Indonesia (Pergatsi) DIY dan bekerjasama dengan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko.

“Menggabungkan aktivitas olahraga dengan pariwisata dapat menjadi salah satu faktor akselerasi potensi membawa wisatawan ke destinasi wisata, khususnya destinasi cagar budaya,” ujarnya.

Tiga turnamen tingkat nasional digelar di TWC Prambanan, yaitu Kejuaraan Nasional Bola Gerbang (Kejurnas), Turnamen Jogja Istimewa Open dan Prambanan Open.

“Sebagai pengelola kawasan TWC Zona II Prambanan, PT TWC telah terlibat dalam mempromosikan upaya percepatan event sport tourism di kawasan Warisan Dunia UNESCO ini,” ujarnya.

Dikatakannya, kegiatan sport tourism di TWC Prambanan akan mencerminkan semangat pelestarian yang berjalan seiring dengan upaya mempopulerkan destinasi bergaya heritage, khususnya di kalangan generasi muda Indonesia.

“Kami berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung event sport tourism di destinasi kami. Tentunya event-event ini berdampak positif terhadap jumlah pengunjung dan kegiatan pariwisata lainnya di kawasan ini,” ujarnya.

Menurutnya, peran berbagai pihak diperlukan untuk mengembangkan sport tourism yang berperan sebagai akselerator perjalanan wisata ke destinasi.

“Taman Wisata Candi Prambanan sebagai destinasi wisata di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta telah menjadi tuan rumah event sport tourism tingkat nasional dan internasional,” ujarnya.

Berbagai olahraga populer seperti lari marathon, bersepeda, gateball dan in-line skating digelar di area kompleks Candi Prambanan yang terdiri dari beberapa kompleks candi yaitu Candi Prambanan, Candi Bubrah, Candi Lumbung, Candi Sewu dan Candi Gana.

Mardijono mengatakan PT TWC Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko melalui anak usahanya Bhiva Indonesia juga bekerja sama dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) untuk bersinergi mempercepat sport tourism di Indonesia.

Diharapkan kerjasama ini dapat mendongkrak tingkat kunjungan ke kawasan wisata dan mendorong terselenggaranya pariwisata berkualitas yang diminati wisatawan pada masa pascapandemi ini.

“Wisatawan spesialis dengan minat pada ‘kesehatan’ dan ‘pariwisata berkualitas’ tentu saja merupakan target potensial untuk dijelajahi. Wisata olahraga merupakan salah satu program yang bisa menjadi magnet bagi pengunjung,” ujarnya.

Gateball Kerjurnas 2022 diselenggarakan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono yang juga Ketua Umum Persatuan Gateball Seluruh Indonesia, Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X, Ketua Umum Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Hayono Isman, Presiden Jenderal Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Center Marciano Norman.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, Kepala Pergatsi DIY Gatot Saptadi, Direktur Operasi dan Pengembangan Infrastruktur PT TWC Mardijono Nugroho dan GM TWC Unit Prambanan AY Suhartanto.

Kontingen dari seluruh provinsi di Indonesia mengikuti Kejuaraan Nasional Gateball 2022. Kejuaraan nasional kali ini menampilkan 11 kategori nomor, yaitu tunggal putra/putri, ganda putra/putri, ganda campuran, ganda putra/putri, ganda campuran, beregu putra/putri, dan beregu campuran.

Selain Kejuaraan Nasional Gateball 2022, Pemda Pergatsi DIY juga menyelenggarakan acara tambahan yaitu Jogja Istimewa Open Tournament dan Prambanan Open.

Dua acara tambahan yang berlangsung pada 10 November 2022 akan diadakan di tempat yang sama dengan Kejuaraan Nasional Gateball 2022.

“Lama tinggal peserta akan berdampak langsung pada perekonomian di daerah dan mendukung pemulihan pemangku kepentingan pariwisata di era pascapandemi ini,” katanya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button