Kereta pemandangan Green Dragon Taksaka: berikut adalah jadwal dan harganya - WisataHits
Yogyakarta

Kereta pemandangan Green Dragon Taksaka: berikut adalah jadwal dan harganya

Reporter:
Mohammad Nur Khotib|

Editor:
Salman Muhiddin|

Selasa 27.12.2022, 01:08 WIB

Kereta pemandangan Green Dragon Taksaka: berikut adalah jadwal dan harganya

KA Taksaka Panoramic melayani rute Jakarta-Yogyakarta PP. -FOTO: PT KAI-

JAKARTA, DISWAY DAILY – Liburan Natal dan Tahun Baru telah tiba. Jalanan mulai terisi. Departemen Perhubungan memperkirakan hingga 60 juta kendaraan akan melintas. Tidak hanya di darat tentunya, tapi juga di air dan di udara.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) memanfaatkan momen Nataru kali ini. Lebih dari 600.000 tiket terjual. Rata-rata penumpang kereta api melewati 309.000 per hari.

Di tengah gegap gempita tersebut, PT KAI juga meluncurkan produk layanan unggulan terbaru. Oleh Balai Yasa Gubeng, Surabaya berinovasi menampilkan KA Panorama Taksaka.

Tentunya untuk menawarkan penumpang pengalaman kereta api dengan perasaan yang berbeda. Panorama Taksaka hanya tersedia selama Momen Nataru. Melayani rute Gambir – Yogyakarta (PP).

  • Tentang Taksaka Panorama Ketersediaan: 24 Desember 2022 – 8 Januari 2023 Kapasitas penumpang: 46 orang Harga tiket: Rp 750.000 – Rp 1.000.000 Jadwal keberangkatan: 1. KA 7011C berangkat dari Yogyakarta pukul 21.40 dan tiba di Gambir pukul 05.33. 2. KA 7012C berangkat dari Gambir pukul 10.40 dan tiba di Yogyakarta pukul 18.39. 3. KA 7025B berangkat dari Yogyakarta pukul 12.00 tiba Gambir pukul 19.30 tiba Yogyakarta pukul 07.50 Perabot:
  • kursi eksekutif
  • Toilet sensor otomatis
  • televisi
  • ganjal kaki
  • Akses Internet nirkabel
  • Rak bagasi terpisah dengan kompartemen penumpang


Gerobak Panoramic Taksaka terlihat nyaman.-FOTO: PT KAI-

Minat pelanggan juga membludak. Tiket keberangkatan pukul 12.00 dari Yogyakarta WIB terjual sebanyak 188 tiket dari total 690 kursi. Sementara itu, sebanyak 71 tiket keberangkatan pukul 21.40 WIB dari 736 kursi telah habis terjual. Padahal layanan tersebut hanya memiliki waktu 13 hari hingga 8 Januari 2023.

Kontingen tiket promo terbatas. Dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access, website KAI dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya.

Dunia media sosial dikejutkan dengan kemunculan Green Dragon. Sudah ada beberapa penumpang yang berbagi pengalaman. Termasuk dalam akun resmi KAI.

Taksaka berasal dari mitologi Hindu dan berarti naga. Mirip dengan nama kereta api eksekutif lainnya seperti Sancaka yang berarti ular atau Turangga yang berarti kuda.

Kereta ini tersedia di antara kereta eksekutif. Hanya ada satu gerbong dengan 46 penumpang. Kereta ini memiliki desain eksterior dan interior yang sangat berbeda dengan kereta eksekutif lainnya.

Sementara eksekutif hanya bersinar dalam baja tahan karat, Panoramic Taksaka dengan warna hijau royal ini jauh lebih eksklusif.

Dari luar, jendela tampak lebih lebar. Bahkan, memenuhi hampir seluruh badan kereta, baik di samping maupun di kiri. Membentang dari depan ke belakang. Itu dapat ditutup secara otomatis dengan tirai.

Jendela lebar, ini yang paling bisa diandalkan. Sepanjang jalan, penumpang dapat memanjakan mata dengan keindahan panorama. Sambil duduk di kursi mewah kelas eksekutif. Terdapat pijakan kaki untuk perpanjangan kaki.

“Kursinya juga bisa diputar menghadap jendela atau berhadapan dengan penumpang lain,” kata Humas KAI Joni Martinus, Minggu 25 Desember 2022.

Yang lebih canggih lagi adalah atap panoramik Taksaka yang juga terbuat dari kaca. Dapat dilepas untuk membuka atau menutup. Dilengkapi dengan sensor cahaya yang menyala secara otomatis saat kereta memasuki terowongan gelap.

Penumpang juga tidak perlu repot mengangkat barang bawaan ke kursi. Karena sudah direncanakan bagasi khusus. Letaknya di kanan dan kiri pintu masuk. Hal ini memungkinkan penumpang untuk duduk lebih leluasa tanpa sesak dengan barang.


STAF CABIN menyambut penumpang yang akan menaiki gerbong kereta wisata Taksaka.-FOTO:PT KAI-

Taksaka Panoramic dikelola langsung oleh PT KAI Wisata. Sama halnya dengan kereta wisata lainnya, pelanggan Taksaka Panoramic juga mendapatkan layanan khusus berupa snack, makanan, minuman, dan selimut gratis.

“Saat ini PT KAI masih memiliki dua unit KA panorama,” kata Direktur Keuangan Pariwisata PT Kereta Api Bambang Wijanarko. Hanya untuk tambahan selama transportasi Nataru. Namun, tidak tertutup kemungkinan ia akan bergabung dengan jalur KA pada hari-hari biasa.

Selama masa promosi Nataru, tiket PT KAI Taksaka Panoramic dijual mulai Rp 750.000 hingga Rp 1 juta. Tentunya harga akan disesuaikan lagi untuk jadwal perjalanan selanjutnya. “Sehingga pelanggan memiliki banyak kesempatan untuk menikmati perjalanan agar lebih berkesan,” kata Bambang.

Sumber:

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button