Keindahan Pantai Menganti Kebumen yang Tersembunyi - WisataHits
wisatahits

Keindahan Pantai Menganti Kebumen yang Tersembunyi

Pantai Menganti Kebumen menjadi salah satu tujuan wisata di Kebumen, Jawa Tengah. Pantai yang terletak di sebuah desa bernama Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah ini memiliki keindahan pantai yang sangat menawan.

Memang nama pantai ini bukantembakan pantai lain di Indonesia. Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki garis pantai yang tidak hanya panjang dan lebar, tetapi juga sangat indah dan menawan. Salah satu pantai yang memiliki daya tarik wisata adalah pantai menggantikan Kebumen ini.

Pantai Menganti memiliki pasir putih yang bersih dan pemandangan di sekitarnya sangat indah berupa pemandangan perbukitan dan tebing karst yang indah. Kontur perbukitan di sekitar pantai membuat Pantai Menganti agak sulit diakses sehingga membuat wisatawan semakin penasaran untuk berkunjung surga tersembunyi di Kabupaten Kebumen ini.

Untuk mencapai pantai ini, Anda harus menempuh jalan yang agak berkelok-kelok, pegunungan karst yang indah dengan bukit-bukit kerucut, dan laut yang terkadang bisa Anda lihat saat mendaki bukit. Pantai Menganti memiliki deretan pohon kelapa khas pantai pada umumnya. Pantai Menganti juga memiliki tebing pantai raksasa yang tinggi dan lebar di sebelah barat yang dikenal dengan Tebing Bidadari.

Keindahan Pantai Menganti di KebumenKeindahan pantai dilihat dari perbukitan

Suasana khasnya adalah perahu-perahu nelayan yang berbaris, pantai pasir putih dengan banyak bebatuan besar untuk tempat duduk sambil memberikan pemandangan ke arah laut adalah kepuasan bagi pengunjung. Objek yang wajib dikunjungi saat tiba di Pantai Menganti adalah menara mercusuar dan Tanjung Karangbata. Letaknya di sebelah timur – tenggara Pantai Menganti.

Di Tanjung Karangbata yang teduh ini, Anda akan melihat luasnya Samudera Hindia dan pulau karang. Ada juga gubuk untuk berteduh dari terik matahari. Dari Tanjung Karangbata, Anda juga bisa melihat pantai lain seperti Pantai Karangbata dan Pantai Peacron di sebelah timur.

Saat musim hujan tiba, tebing bagian barat Pantai Menganti dihiasi dengan empat buah air terjun yang turun dari ketinggian lebih dari 30 meter. Perbukitan yang hijau akan menambah keindahan pantai ini.

Pantai Menganti adalah satu-satunya pantai pasir putih di Jawa Tengah. Ombak Pantai Menganti bisa digunakan untuk berselancar. Sumber: Wikipedia

Pantai MengantiPantai Menganti

Mitos Pantai Menganti

Konon seorang panglima perang Majapahit melarikan diri ke pantai selatan karena hubungannya dengan kekasihnya tidak disetujui oleh orang tuanya. Keduanya kemudian berjanji untuk bertemu di tepi lautan pasir putih.

Sepanjang hari sang panglima menunggu di bukit kapur tapi kekasihnya tak kunjung datang. Sementara itu, mitos masyarakat setempat adalah bahwa mereka tidak boleh mengenakan pakaian hijau gadung. Hal ini erat kaitannya dengan Nyi Roro Kidul yang umumnya diyakini oleh masyarakat pesisir selatan

Fasilitas Pantai Menganti

Fasilitas yang disediakan di Pantai Menganti adalah:

  1. warung makan
  2. Tempat parkir
  3. Homestay
  4. Vila
  5. ruang sholat
  6. MCK
  7. TPI

Pantai ini terletak sekitar 35 km dari kota Gombong dan 42 km dari kota Kebumen. Anda bisa sampai di sana dengan kendaraan pribadi.

Tidak ada angkutan umum yang bisa menuju pantai ini, karena pantai ini masih sulit diakses karena letaknya yang berada di balik perbukitan karst dan hutan kawasan selatan Kedu serta jalannya cukup terjal dan berkelok-kelok.

Jika Anda datang dari kota Kebumen atau Gombong, ambil jalan menuju pantai Karanbolong. Kemudian lanjutkan ke barat menuju Cilacap sampai menemukan desa Karangduwur. Jika Anda datang dari Jakarta, Anda bisa naik kereta api ke Jogja lalu turun di stasiun Gombong terlebih dahulu.

Petunjuk Menuju Pantai Menganti

Ada beberapa rute yang bisa Anda tempuh untuk mencapai Pantai Menganti, Anda bisa menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Memang jalan yang cukup terjal harus mendorong siapa saja yang ingin berkunjung untuk lebih berhati-hati, berikut beberapa alternatif yang bisa Anda ambil:

Kota Keboumen

Dari kota Kebumen, ambil jalan menuju pantai Petahanan (lewati) terus ke pantai Suwuk (lewati). Perjalanan dilanjutkan menuju Pantai Karangbolong (skip). Jika Anda menemukan pertigaan yang lebar di jalan, terus lurus (jalur kanan) menuju Pantai Ayah.

Kemudian ikuti jalan raya sampai Anda melewati pantai berpasir. Lanjutkan perjalanan hingga melewati tanjakan panjang di desa Srati. Setelah memasuki desa Karangduwur, akan ada papan petunjuk yang mengarah ke pantai Menganti, belok kiri hingga sampai di pantai. Sumber: Linta Kebumen

Kota Purwokerto

Nah kalau dari Kota Purwokerto lebih baik ke Pantai Ayah / Pantai Logending, kalau Pantai Ayah belok kanan maka kalau di Pantai Menganti belok kiri. Ikuti jalan menanjak, kurang lebih dari pantai Ayah 4km, mungkin butuh waktu 20-30 menit untuk mencapai gerbang pantai di desa Karangduwur ini.

Jalannya sangat curam, lebih baik berkonsentrasi mengemudi. Gunakan kendaraan dalam kondisi baik. Kemudian belok kanan dan terus menurun hingga menemukan Pos Retribusi, pertama kali dikenakan biaya Rp 5.000/Orang, lalu berjalan turun menuju tempat parkir.

Jangan lewatkan: 19 tempat wisata di purwokerto

Surabaya / Jakarta

Naik kereta atau bus lalu turun di stasiun Gombong/Kebumen lalu ikuti guide dari Kota Kebumen.

Keindahan Pantai Menganti KebumenKeindahan Pantai Menganti Kebumen

Kunjungi juga: 26 Tempat Wisata Di Surabaya Yang Keren dan Menarik untuk Dikunjungi

Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi Pantai Menganti? Tunggu apa lagi, namun Anda harus benar-benar mempersiapkan diri secara fisik, agar perjalanan menjadi lebih menyenangkan. Baca juga Liburan di Pantai Papuma Jember yang menawan

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button