Lava Gundukan Makam Gunung Batur, Pesona Padang Savannah Penuh Sejarah di Bangli Bali - WisataHits
wisatahits

Lava Gundukan Makam Gunung Batur, Pesona Padang Savannah Penuh Sejarah di Bangli Bali

Lava Gundukan Makam Gunung Batur, Pesona Padang Savannah Penuh Sejarah di Bangli Bali

Lava Tumuli menawarkan keindahan sabana dengan latar Gunung Abang dan Gunung Batur serta Danau Biru Batur.

Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Batur Tengah, Kec. Kintamani, Kab. Bangli, Bali; Kasus: Verifikasi lokasi

Kabupaten Kintamani, Bali memiliki segudang potensi wisata yang sayang jika dilewatkan saat berkunjung ke Pulau Dewata. Salah satu kawasan wisata alam yang wajib dikunjungi wisatawan adalah Lava Tumuli Gunung Batur Bangli. Di tempat ini wisatawan dimanjakan dengan panorama alam yang luar biasa dan bisa serasa berada di rumah sendiri.

Lava Tumuli yang berada tepat di kaki Gunung Batur merupakan salah satu tempat wisata utama di Kintamani. Selain menawarkan pesona alam berupa bebatuan yang terlihat unik, wisatawan juga bisa menikmati keindahan Gunung Batur dan Danau Batur dari kejauhan. Bagi para petualang sejati, jangan lewatkan kunjungan ke kawasan Batur Geopark ini.

Lokasi objek wisata ini cukup strategis dan akses jalan juga sangat baik, sehingga tidak akan menyulitkan wisatawan untuk menemukannya. Menuju ke Toya Bungkah Hot Spring atau Pura Ulun Danu Batur, Anda akan melewati kawasan wisata ini. Jadi, kamu juga bisa mengunjunginya saat jalan-jalan menjelajahi Kintamani. Seperti pepatah, “menyelam minum air.”

Daya tarik lahar gundukan kuburan Gunung Batur

Daya tarik lahar gundukan kuburan Gunung BaturKredit gambar: Google Maps Andrew Lee

Pada tahun 2012, UNESCO menetapkan Lava Tumuli sebagai Geopark atau Taman Bumi Batur karena memiliki sejarah dan keindahan yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Saat menginjakkan kaki di kawasan ini, Anda akan melihat pemandangan padang rumput berbatu dengan latar belakang Gunung Batur. Di bawah ini semua pesona dan daya tarik Lava Tumuli:

✦ Memiliki nilai sejarah yang tinggi

Lava Tumuli seolah menjadi saksi bisu sekaligus bukti dahsyatnya kisah letusan Gunung Batur. Di kawasan ini wisatawan melihat pemandangan berupa kumpulan lava padat yang mengeras menjadi bongkahan batu hitam dan membentuk perbukitan elips. Sepintas, bebatuan yang terbentuk dari lahar ini terlihat seperti peninggalan prasejarah.

✦ Unik dan Estetis

Hamparan bongkahan batu hitam besar dengan rerumputan liar yang tumbuh di antara bebatuan menjadi daya tarik tersendiri bagi gundukan lava tersebut. Fenomena alam yang terbentuk secara natural ini menghadirkan kesan unik, liar dan estetis. Sehingga dapat menggugah keinginan wisatawan untuk segera mengambil foto dari berbagai sudut.

✦ Panorama Gunung Batur, Gunung Abang dan Danau Batur

Lava Tumuli Gunung Batur adalah tujuan yang tepat untuk dikunjungi selama liburan Anda di Bali. Letaknya yang berada di kaki Gunung Batur memungkinkan pengunjung untuk menikmati berbagai pemandangan berbeda dalam satu tempat. Dari puncak Lava Tumuli, wisatawan bisa merasakan keagungan Gunung Batur dan Gunung Abang yang menjulang tinggi.

Sementara itu, di sisi lain terdapat Danau Batur yang terlihat cantik dengan air berwarna biru dengan perbukitan hijau di belakangnya. Tak heran jika wisatawan yang pernah menghabiskan waktu di sini selalu merasa rindu dan ingin kembali lagi.

✦ Udara segar

Karena berada di dataran tinggi, udara di gundukan lahar Gunung Batur sangat sejuk dan sejuk, bahkan di siang hari saat matahari bersinar terik. Udara alami ini tentunya dapat menyembuhkan pikiran, sehingga Anda merasa lebih tenang, damai dan bahagia. Wajar jika tempat ini selalu dikunjungi wisatawan yang ingin menyejukkan diri.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Lava Gunung Batur TumuliKredit Gambar: Google Maps I Wayan Narsa

Lava Tumuli terletak di Desa Songan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Jaraknya relatif dekat dengan tempat wisata populer lainnya, seperti Desa Wisata Penglipuran dan Air Terjun Dusun Kuning. Karena akses jalan yang sangat baik, dapat dikunjungi menggunakan berbagai jenis kendaraan bermotor, mulai dari sepeda motor hingga bus.

Jika berangkat dari pusat kota Denpasar, perjalanan menuju lokasi memakan waktu sekitar 1 jam 51 menit dengan jarak 63,6 km melalui Jl. Nusantara. Selama perjalanan menuju tempat tersebut, wisatawan dapat sekaligus mengunjungi objek wisata lain yang searah, seperti Pura Besakih.

Harga tiket masuk dan jam buka

Padahal Lava Tumuli Gunung Batur merupakan salah satu tempat wisata di Bali yang paling populer. Namun, untuk memasuki kawasan ini, pengunjung tidak dikenakan biaya sepeser pun. Dengan kata lain bebas keluar dan masuk lokasi wisata gratis. Sebaiknya jaga kebersihannya dan jangan dibuang karena dapat mencemari lokasi.

Apalagi di Lava Tumuli juga belum tersedia tempat parkir khusus, sehingga wisatawan harus memarkir kendaraannya di pinggir jalan. Oleh karena itu, pastikan kendaraan diletakkan pada posisi yang tepat agar lebih aman dan tidak mengganggu pengendara atau pengunjung lain.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas Menarik Gundukan Lava Gunung BaturKredit gambar: Google Maps WeiHan Lo

Ada banyak hal seru yang bisa dilakukan saat mengunjungi Lava Tumuli. Awali dengan menikmati indahnya ilalang yang tumbuh di sekitar bebatuan hitam, hingga terlihat seperti sabana. Untuk membebaskan hobi fotografi dengan mencari foto-foto keren. Berikut daftar aktivitas menarik yang wajib dicoba selama berada di sini, antara lain:

1. Nikmati keindahan alam

Di Lava Tumuli Gunung Batur, wisatawan bisa menikmati keindahan ciptaan Tuhan yang tiada duanya. Situs bersejarah ini menawarkan panorama alam yang mempesona. Rerumputan hijau bercampur bebatuan lava hitam besar, Gunung Abang dan Danau Batur menjulang tinggi, serta Danau Batur yang jernih di bawahnya.

2. Jelajahi alam

Di Lava Tumuli, wisatawan akan merasakan berada di alam liar. Jadi jangan buang waktu untuk diam. Segera jelajahi sabana gaya Bali sampai puas. Selain itu, banyak hal menarik yang bisa diperhatikan di tempat ini, antara lain bebatuan lava yang mengeras dalam berbagai bentuk.

3. Cari Foto Instagrammable

Salah satu kesan yang biasa didapat wisatawan saat berada di Lava Tumuli Gunung Batur adalah tempat ini memiliki pemandangan alam yang sejuk dan layak untuk dipamerkan. Karena itulah, Lava Tumuli selalu menjadi incaran spot hunting foto yang bagus. Bahkan tidak jarang wisatawan melakukan pemotretan prewedding di sini.

Hal itu sebenarnya cukup masuk akal, mengingat banyak lokasi menarik yang bisa dipilih, seperti sabana dengan latar belakang dua gunung. Berpose dengan latar belakang Danau Batur yang magis.

4. Nikmati matahari terbit/terbenam

Bagi pemburu sunrise dan sunset, Anda bisa mengunjungi gundukan lava pada pagi dan sore hari. Saat cuaca cerah, tempat ini akan menampilkan fenomena sunrise dan sunset yang luar biasa. Wisatawan yang datang dari jauh pasti tidak akan kecewa.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas lava gundukan kuburan Gunung BaturKredit gambar: Google Maps Rohit Ranjan

Meski akses jalan sudah bagus, fasilitas di lokasi ini masih sangat terbatas. Namun, wisatawan dapat menemukan tempat istirahat, restoran, toilet umum, dan penginapan di sekitar kawasan wisata ini, sehingga tidak perlu panik jika membutuhkan sesuatu.

Lava Tumuli Gunung Batur memiliki daya tarik dan pesona yang tidak dimiliki wisata alam lain di Bali, sehingga sangat disarankan untuk mengunjunginya saat liburan di Pulau Dewata. Selain letaknya strategis, untuk masuk ke Lava Tumuli, wisatawan juga tidak perlu mengeluarkan biaya apapun.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button