Keindahan Lembah Tepus, Wisata Air yang Sukses dan Menyegarkan di Bogor - WisataHits
wisatahits

Keindahan Lembah Tepus, Wisata Air yang Sukses dan Menyegarkan di Bogor

Rekreasi air Lembah Tepus adalah salah satu tempat wisata paling populer di Indonesia Bogor, Jawa Barat patut Anda kunjungi. Wisata air yang menyuguhkan keindahan air terjun mini, kolam alami dan taman bunga dengan suasana yang segar dan selalu asri.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jl.Pasir Reungit-Gunung Bunder, Gunung Bunder 2, Kec. Pamijahan, kota Bogor, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Destinasi wisata ini merupakan hasil landscape Bogor yaitu Gunung Salah. Berada di kaki gunung, Lembah Tepus seolah menampilkan potret indah sebuah destinasi wisata alam. Yang membuat menarik adalah adanya air terjun kecil karena tidak terlalu tinggi sehingga sangat aman untuk berbagai kelompok pengunjung.

Keteduhan di kawasan ini terlihat cukup sejuk, khas daerah Bogor. Dikelilingi oleh berbagai vegetasi alami yang membuatnya semakin tenang dan damai. Inilah yang kebanyakan orang cari ketika mereka pergi ke sana. Keteduhan pepohonan yang menghiasinya sangat menyejukkan bagi wisatawan yang datang untuk menghabiskan liburannya di sana.

Air yang mengalir juga terlihat sangat jernih karena berasal langsung dari mata air yang berada di pegunungan. Pengunjung bisa memakainya untuk berenang dan melakukan berbagai aktivitas. Berkunjung ke Sirkuit Air Lembah Tepus akan membuat momen liburan semakin bermakna. Apalagi jika Anda menghabiskannya bersama keluarga, teman atau kerabat dekat lainnya yang Anda miliki.

Tempat Wisata Air Lembah Tepus

Wisata Air Lembah TepusKredit gambar: Facebook Faung Wanara

1. Pemandangan panorama di sekitar

Karena Lembah Tepus berada tepat di kaki Gunung Salak, tentunya pemandangan yang disuguhkan sangat-sangat indah untuk dilihat oleh siapapun yang pergi kesana. Ketampanan alam tampaknya terkait dengan keindahan berbagai jenis flora yang tumbuh di sana. Keindahan alam sekitar juga menjadi alasan tersendiri mengapa orang tertarik ke sana.

Ditambah lagi dengan adanya air yang menghiasi permukaannya. Pemandangannya pun menjadi sangat menakjubkan untuk dijadikan salah satu cara menyegarkan pikiran dan hati dari penatnya aktivitas sehari-hari. Pengunjung sering berhenti di sini untuk beristirahat dan mengisi ulang semangat hidup.

2. Air terjun mini yang menakjubkan

Inilah panorama alam yang disuguhkan Lembah Tepus Bogor yaitu adanya air terjun yang cukup mulus meski kecil. Ketinggian air terjun ini tidak terlalu tinggi, hanya kurang dari satu meter. Namun, itu tidak menjadikannya lanskap yang tidak berarti. Air terjun adalah sumber air untuk sungai yang mengalir dari gunung terdekat.

Perasaan menyentuh air yang cukup dingin terkadang membuat orang menggigil jika berendam lama di kolam di bawahnya. Alirannya begitu jernih sehingga wisatawan bisa melihat penampakan dasar kolam dan tidak perlu khawatir karena ternyata alami.

Dalam beberapa kesempatan, air di kolam terlihat seperti biru muda. Sama seperti di laut, jadi tidak jarang orang menggunakannya untuk pemotretan. Memang sangat cocok jika Anda ingin melakukan sesi pemotretan. Hal ini didukung dengan keberadaan air terjun mini yang mengelilingi kolam seolah-olah menjadi “Mini Niagara”.

Hanya melewati cekungan air ada batu yang cukup besar untuk bertindak sebagai filter alami untuk air yang mengalir. Bebatuan terkadang menjadi batu loncatan bagi wisatawan. Namun, Anda harus sangat berhati-hati karena permukaan batu tersebut sangat licin dan bisa membuat Anda terpeleset, yang nantinya bisa berakibat fatal.

3. Taman bunga yang harum

Saat ingin menuju lokasi Wisata Air Lembah Tepus, Anda harus menuju Gerbang Lembah. Ketika Anda melakukannya, Anda harus berjalan. Namun, sebelum tiba, Anda akan disuguhkan dengan taman yang banyak ditumbuhi bunga. Ini adalah alternatif lain ketika bepergian ke objek. Pengunjung tidak hanya bisa merasakan sensasi alam yang luar biasa.

Taman bunga yang menghiasi perjalanan dengan menuju ke tempat tersebut juga menarik perhatian banyak orang. Taman memang cukup menakjubkan untuk semua orang, terutama bagi mereka yang tertarik dengan berbagai jenis bunga.

Wisatawan biasanya menggunakan taman bunga sebagai tempat untuk berfoto. Potret yang diambil menjadi sangat halus dengan latar belakang taman. Taman ini juga cocok sebagai tempat prewedding bagi calon pengantin yang ingin menyelenggarakan pernikahannya.

Alamat, lokasi rute dan harga tiket masuk Lembah Tepus

Alamat Lembah TepusKredit gambar: Facebook @dini.rejeki

Lokasi Lembah Tepus berada di Kecamatan Pamijahan, Bogor. Terletak di sekitar Jalan Pasir Reungit-Gunung Bunder. Jika Anda bepergian dari pusat kota Bogor, Anda harus menghabiskan waktu 1,5 jam. Jalan di depan cukup bagus karena sudah beraspal dan tidak banyak gundukan.

Dari stasiun Bogor, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan melalui kampus IPB dan pertigaan Ciampe. Setelah itu belok ke arah Cikapak dan belok kiri setelah sampai di pertigaan, putar kendaraan ke arah Jalan Raya Bojong Rangkas dan ikuti jalan menuju Jalan Gunung Buder. Pengunjung akan segera tiba di lokasi.

Jika ingin mengakses sirkuit air ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 10.000. Dengan tarif yang sangat murah, pengunjung dapat menikmati objek ini secara gratis serta beberapa fasilitas seperti pelampung, ban dan toilet. Biaya parkir hanya sekitar 5.000 per kendaraan.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Lembah Tepus

Aktivitas di Lembah TepusFoto dari Google Maps Lembah Tepus

1. Nikmati segarnya air danau

Seperti diketahui, di lembah Tepus terdapat mata air yang sangat menarik untuk dicoba kesegarannya. Tempat wisata ini memang sangat terkenal dengan mata airnya yang mengalir di seluruh kawasan. Perairan jernih ini berasal dari Gunung Salah langsung di dekatnya.

Dengan cara ini tentunya pengunjung akan merasakan sejuknya air yang menghiasi kawasan tersebut. Kawasan itu seperti genangan air yang dikelilingi berbagai tanaman dan pepohonan. Oleh karena itu, menikmati air sambil berenang atau bermain tentu menjadi kewajiban tersendiri.

Hal ini ditambah dengan fasilitas pelampung yang disediakan pengelola bagi wisatawan yang ingin bermain di perairan. Tentunya melakukan aktivitas ini lebih aman dan Anda tidak perlu khawatir anak kecil diajak bermain. Petugas juga selalu memastikan mereka yang aktif di air aman dan tanggap jika terjadi sesuatu.

2. Nikmati keindahan alam

Pemandangan yang ditawarkan tempat ini tidak kalah menarik bagi wisatawan. Perpaduan vegetasi hijau yang menghiasi kolam air alami memang menjadi pemandangan yang memukau banyak orang.

Pengunjung hanya perlu beristirahat sejenak di bangku-bangku yang disediakan untuk menikmati panorama yang menanti mereka. Tepian ruang akuatik juga bisa tergoda untuk sejenak beristirahat sambil memandangi pepohonan dan segala bentang alam yang ada. Kicauan burung akan menambah perasaan lebih menyegarkan hati dan pikiran.

3. Lihatlah fenomena geser matahari

Proses terbenamnya matahari dari ufuk bisa dilihat dengan sangat baik di Wisata Lembah Tepus, Bogor. Meski rindangnya dedaunan pohon cukup menutupi bidang pandang manusia, area terbuka bisa dimanfaatkan untuk menikmati langit yang berhiaskan warna jingga akibat matahari bersembunyi di gelapnya malam.

Fenomena ini cukup indah untuk diapresiasi di tempat ini. Tak jarang pengunjung juga melakukan hal ini di luar gerbang tujuan saat ditutup. Seolah menghadirkan suasana yang sangat sangat indah, yakni perpaduan langit sunset dan juga tampilan alam yang menakjubkan.

4. Berkemah di sekitar Lembah Tepus

Lembah Tepus Aktivitas lainnyaFoto oleh Google Maps Mochammad Ridwan

Pengunjung juga bisa bermalam di sini dengan mendirikan tenda sebagai camping ground. Meski ada beberapa penginapan yang tersedia tak jauh dari lokasi destinasi ini, namun tetap sangat seru untuk dilakukan, apalagi bersama rekan-rekan.

Menghabiskan malam akan lebih seru jika berkumpul di tengah hangatnya api unggun. Meski lokasi pendirian camp tidak persis di tempat wisata, pemandangannya tetap bisa dijangkau oleh mata.

Dengan begitu, liburan menjadi semakin tak terlupakan karena banyak momen yang bisa diciptakan dengan bermalam di tenda. Banyak wisatawan yang tertarik melakukan aktivitas ini selama menginap dan berencana untuk bermalam.

5. Ambil foto untuk mengabadikan momen

Berkunjung ke tempat wisata yang megah tentu tidak akan lengkap jika tidak mengambil setidaknya satu atau dua foto di sana. Begitu juga dengan Lembah Tepus Bogor yang kaya akan hal-hal yang bisa dijadikan sebagai background foto yang indah. Pengunjung bisa mengabadikan momen liburan yang sangat menyenangkan bersama keluarga atau kerabat lainnya yang diundang bersama.

Tampilan air yang berpadu dengan pemandangan alam sekitar menjadi daya tarik tersendiri untuk dijadikan sebagai latar belakang foto yang diambil. Wisatawan juga dapat menggunakan pohon-pohon yang tumbuh di sana di tempat teduh sebagai gambar latar belakang yang diambil menggunakan kamera yang mereka bawa.

Pengelola tempat ini juga menawarkan jasa foto bagi wisatawan yang membutuhkan. Ini biasanya digunakan oleh orang-orang yang datang dengan rombongan yang cukup besar. Apalagi datang ke sana sendirian juga tidak masalah jika ingin melakukan pemotretan. Masih banyak tempat unik untuk berfoto.

Fasilitas yang tersedia di Wisata Air Lembah Tepus Bogor

Fasilitas Lembah TepusFoto oleh Google Maps Adli Pratamajn

Tempat wisata ini sudah memiliki fasilitas yang memadai. Pengunjung bisa menggunakan tempat parkir yang cukup luas jika membawa kendaraan sendiri, mushola, dan juga terdapat beberapa bilik toilet. Tak jauh dari tempat tersebut juga terdapat tempat makan yang bisa mengisi perut para wisatawan yang lapar.

Ada juga tempat yang dikhususkan untuk istirahat sejenak bagi pengunjung yang lelah. Selain itu, masih ada beberapa fasilitas lain seperti akomodasi untuk wisatawan, jadi tidak perlu khawatir ketika Anda datang ke sana. Area camping juga tersedia tidak jauh dari lokasi air terjun sehingga selalu menghadirkan sensasi seru saat melakukannya.

Destinasi wisata Lembah Tepus Bogor ini memang cukup menakjubkan bagi wisatawan yang berlibur di kawasan tersebut. Dengan panorama yang indah di sana, cukup menarik untuk dikunjungi. Beragam aktivitas juga bisa dilakukan agar liburan semakin menyenangkan. Oleh karena itu, belum lengkap rasanya jika Anda berkunjung ke Bogor namun melewatkan mampir di wisata air ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button