Wisata Tanjung Duriat, tempat terbaik untuk menikmati pesona Danau Sumedang yang indah - WisataHits
wisatahits

Wisata Tanjung Duriat, tempat terbaik untuk menikmati pesona Danau Sumedang yang indah

Wisata Tanjung Duriat, tempat terbaik untuk menikmati pesona Danau Sumedang yang indah

Wisata Tanjung Duriat merupakan kawasan wisata yang terletak di sebuah tanjung Waduk Jatigede. Tanjung Duriat menawarkan pemandangan waduk yang indah dan banyak tempat wisata.

Harga tiket: Rp 15.000 Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Pajagan, Kec. Cisit, Kab. Sumedang, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Di kawasan sekitar Waduk Jatigede, Sumedang, terdapat tempat wisata menarik. Salah satu obyek wisata yang menarik adalah Wisata Tanjung Duriat. Tanjung ini merupakan objek wisata alam dengan pemandangan Waduk Jatigede yang indah sebagai daya tarik utamanya.

Sang sutradara memilih menggunakan kata tanjung karena posisi wisata alam yang menarik ini menjorok ke waduk Jatigede. Bentuk geografis wisata alam ini berupa bukit memanjang dan sangat dekat dengan waduk. Alhasil, wisatawan bisa menikmati keindahan alam dengan sudut pandang yang luas.

Selain menyuguhkan pemandangan waduk yang memukau, Tanjung Duriat juga menawarkan berbagai aktivitas dan fasilitas wisata yang menarik. Dengan demikian, wisatawan yang datang ke sini akan mendapatkan pengalaman berlibur yang memuaskan dan menyenangkan. Apalagi objek wisata ini juga cukup user-friendly.

Daya Tarik Wisata Tanjung Duriat

Obyek wisata Tanjung DuriatKredit gambar: Google Maps Arief Dedie

Wisata Tanjung Duriat sudah ada sejak lama, yakni tak lama setelah pembangunan Waduk Jatigede selesai. Tempat wisata menarik ini dikembangkan oleh Perhutani KPH Sumedang dan LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) Pajagan. Berkat kerjasama tersebut, destinasi ini berhasil menawarkan berbagai daya tarik wisata.

✦ Panorama Waduk Jatigede yang menakjubkan

Daya tarik utama Tanjung Duriat adalah panorama Waduk Jatigede yang megah. Tanjung dikenal sebagai tempat terbaik untuk menikmati pemandangan waduk. Dari sini, wisatawan bisa melihat pemandangan hamparan air kebiruan, pulau-pulau kecil, dan pegunungan sebagai latar belakang. Saat menikmati pemandangan ini, mereka bisa duduk di gazebo.

Selain itu, mereka juga bisa menikmati pemandangan sambil nongkrong di kafe yang ada di tempat ini. Sehingga wisatawan dapat menikmati makanan dan minuman dengan suasana dan pemandangan yang menakjubkan. Selain membeli makanan dari kafe, wisatawan juga bisa mendapatkan makanan dan minuman dari warung wisata yang ada di tanjung ini.

✦ Tempat foto yang menarik

Wisata Tanjung Duriat merupakan tempat wisata yang sangat menarik bagi yang suka berfoto terutama selfie. Spot foto menarik ini tidak hanya hadir sebagai view waduk yang menawan, tapi juga sebagai spot foto selfie buatan manusia yang instagenic, contohnya Menara Pandang. Menara ini tingginya sekitar 10 m dan dapat menampung sekitar 4 orang.

✦ Jelajahi Waduk Jatigede dari dekat

Saat berkunjung ke Tanjung Duriat, wisatawan bisa menjelajahi Waduk Jatigede dari dekat menggunakan perahu. Jika di sisi lain waduk disewakan perahu secara borongan seharga ratusan ribu, tidak demikian halnya dengan railing di sini. Tiket naik perahu ini sangat terjangkau untuk semua wisatawan.

✦ Area berkemah yang luas

Daya tarik lain dari Tanjung Duriat adalah area berkemah yang luas. Area perkemahan juga menawarkan pemandangan matahari terbenam yang indah di Waduk Jatigede. Dengan demikian, mereka yang berkemah di sini akan memiliki pengalaman berkemah yang tak terlupakan. Namun, perlu diketahui bahwa kawasan wisata ini hanya menyewakan tempat berkemah.

Tempat wisata menarik ini tidak menawarkan persewaan peralatan camping. Jadi, wisatawan yang ingin melihat sunset dan menikmati malam di tepi Waduk Jatigede sebaiknya membawa tenda dan perlengkapan camping dari rumah. Ingatlah untuk membawa bekal yang cukup karena warung dan kafe di sini tidak buka 24 jam sehari.

✦ Perjalanan ramah anak

Wisata Tanjung Duriat bukan hanya untuk orang dewasa yang ingin menikmati panorama indah Bendungan Jatigede, berkemah dan berfoto. Namun, tempat wisata yang indah ini juga ditujukan untuk anak-anak. Di sini anak-anak bisa leluasa bermain di arena bermain agar tidak bosan saat berwisata ke sini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat wisata Tanjung DuriatKredit gambar: Google Maps Arief Dedie

Wisata Tanjung Duriat berada di tepi Bendungan Jatigede di sisi barat laut. Alamatnya di Notos Petak Blok 23 a dan b, Desa Pajagan, Cisitus, Sumedang, Jawa Barat. Tempat wisata menarik ini berjarak sekitar 60 menit dari pusat kota Sumedang. Untuk menuju tempat wisata tersebut, ambil jalan melalui Jalan Wado – Sumedang.

Ikuti jalan menuju kecamatan Situraja terus ke Alun-alun Situraja. Kemudian ikuti terus Jl. Raya Cikopo, lanjut Jl. Ranjeng, dan lanjut Jl. Raja Gajah Agung. Lalu belok kanan di Jl.Cisalak. Sekarang ikuti Gmaps ke Tanjung Duriat.

Harga tiket masuk dan jam buka

Destinasi wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00. Wisatawan yang ingin memasuki kawasan wisata Tanjung Duriat akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp15.000 pada hari biasa atau Rp20.000 pada akhir pekan. Tiket weekday sudah termasuk tiket masuk ke Tower Deck dan wahana Taman Duriat.

Sedangkan tiket akhir pekan sudah termasuk tiket masuk ke Tower Deck, Taman Duriat dan menara Balon Udara. Jika wisatawan ingin naik perahu menyusuri waduk harus membeli tiket perahu seharga Rp 20.000. Di sini, wisatawan juga bisa menyewa skuter elektrik seharga Rp 15.000.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas Menarik Wisata Tanjung DuriatKredit gambar: Google Maps Amar Zaka Fauzi

Selama berwisata ke Tanjung Duriat, wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas menarik. Beberapa kegiatan ini melibatkan memanjat tangga. Dengan demikian, wisatawan harus siap mental dan fisik. Jika kondisi fisik Anda tidak memungkinkan, masih ada beberapa aktivitas santai yang bisa Anda lakukan di kawasan wisata cantik ini.

1. Piknik di Tanjung Duriat

Piknik adalah salah satu kegiatan favorit wisatawan selama Wisata Tanjung Duriat. Ada beberapa spot piknik menarik di sini, misalnya di gazebo unik atau di bawah rindangnya pepohonan. Pihak pengelola objek wisata tidak melarang wisatawan membawa bekal makanan ke sini, sehingga wisatawan dapat membawa bekal piknik dari rumah.

2. Naik perahu

Kawasan waduk di dekat Wisata Tanjung Duriat ini sangat menarik dengan pulau kecil di tengah perairan biru dan berlatar belakang pegunungan. Wisatawan yang ingin melihat pulau kecil ini lebih dekat bisa memanfaatkan boat trip yang ditawarkan pengelola. Kegiatan boat tracking akan memberikan pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan.

3. Berburu Foto

Wisatawan pasti akan mendapatkan foto-foto menarik dan instagenic saat berada di Tanjung Duriat. Banyak spot foto dan aktivitas wisata yang wajib diabadikan saat ke sini, seperti foto di atas perahu, foto di Taman Duriat, foto di atas balon udara dan foto di menara. Untuk mencapai menara dan balon udara, wisatawan harus menaiki tangga.

4. Nikmati pemandangan waduk di dek observasi

Wisata Tanjung Duriat sebenarnya menawarkan banyak tempat duduk dan gazebo bagi wisatawan untuk bersantai dan menikmati pemandangan. Namun, mereka yang ingin menikmati pemandangan reservoir yang lebih luas dapat naik ke View Deck. Jembatan ini berbentuk persegi dan aman untuk beberapa orang.

5. Bermain di taman bermain

Jika aktivitas piknik membuat anak bosan, wisatawan bisa mengajak putra-putrinya bermain di taman bermain. Disini anak-anak bisa bermain sepuasnya menggunakan fasilitas bermain didalamnya. Selain itu, anak-anak juga bisa menyewa skuter listrik untuk bersenang-senang.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Sarana Wisata Tanjung Duriat SumedangKredit gambar: Google Maps Shintana

Obyek wisata ini menawarkan banyak fasilitas wisata, misalnya gardu pandang, teras pandang, spot foto, taman, area perkemahan dan berbagai wahana. Dengan demikian, wisatawan dapat dengan bebas memilih fasilitas yang ingin digunakan. Selain itu, wisata indah ini juga memiliki banyak fasilitas pendukung seperti toilet, area parkir, musala dan kafe.

Wisata Tanjung Duriat merupakan destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan saat wisatawan berlibur di Waduk Jatigede. Tempat wisata yang menawan ini menawarkan banyak atraksi dan aktivitas wisata. Selain menarik untuk dikunjungi, Tanjung Duriat juga terjangkau oleh sebagian besar wisatawan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button