Taman Safari Bogor, Wisata Konservasi Satwa dan Edukasi Keluarga di Puncak - WisataHits
wisatahits

Taman Safari Bogor, Wisata Konservasi Satwa dan Edukasi Keluarga di Puncak

kebun binatang Bogor merupakan tempat konservasi satwa sekaligus wisata edukasi bagi keluarga di kawasan Puncak, Ciasarua. Objek wisata ini juga menawarkan berbagai wahana dan kastil panda yang terkenal.

Harga tiket: Rp 195.000, Jam operasional: 09.00-17.30 WIB, Alamat: Jl.Kapten Harun Kabir No.724, Cibeureum, Kec. Cisarua, Kab. Bogor, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Taman Safari merupakan salah satu tempat wisata menarik di kota Bogor yang terkenal sebagai suaka satwa. Karena banyaknya hewan yang berkeliaran di kawasan ini, menarik banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjunginya.

Tidak hanya menghibur, berwisata ke tempat ini juga bisa menjadi media edukasi yang sangat membantu anak-anak memahami perkembangan dan gerak-gerik satwa yang telah dilindungi. Mereka juga bisa berpetualang bersama orang tuanya untuk berinteraksi dengan hewan langka.

Oleh karena itu, tidak heran jika tempat wisata di Taman Safari banyak diminati oleh berbagai kalangan saat musim liburan tiba. Tidak hanya menampilkan hewan-hewan lucu, tetapi suasana tamannya juga sangat sejuk sehingga semua orang akan betah mengunjunginya.

Atraksi Taman Safari Bogor

Atraksi Taman Safari BogorKredit gambar: Google Maps Shinta Permatasari

Taman Safari merupakan tempat wisata yang tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan, karena bahkan pada jam-jam sibuk, taman wisata ini selalu ramai dikunjungi berbagai orang. Hal ini terjadi karena taman ini memiliki berbagai atraksi yang dijamin akan menarik perhatian banyak wisatawan sehingga tertarik untuk mengunjunginya.

1. Berbagai wahana permainan

Daya tarik pertama dari taman ini adalah berbagai wahana yang menyenangkan. Merupakan atraksi paling menarik bagi anak-anak, karena mereka yang merasa lelah setelah berjalan atau berjalan di arena taman dapat melepaskan penatnya dengan bermain game seru.

Beberapa wahana permainan juga terdiri dari berbagai jenis wahana yang dijamin mampu membuat adrenalin semakin terpacu. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa juga bisa menikmati beberapa wahana yang ada. Beberapa wahana ini bisa digunakan secara gratis, namun ada juga yang harus membayar tiket masuk terlebih dahulu.

2. Area Kebun Binatang Bayi

Di tempat wisata ini terdapat sebuah kawasan yang menarik dan unik bernama Baby Zoo Area. Seperti namanya, di kawasan ini terdapat berbagai bayi hewan yang masih sangat kecil dan bergerak dengan sangat apik. Beberapa anak dari hewan tersebut seperti orangutan, harimau, harimau dan lain-lain.

Di ruang Baby Zoo, pengunjung juga dapat mencoba menunggangi hewan tertentu dengan aman. Hewan yang bisa anda tunggangi adalah kuda atau gajah, namun jika anda kurang nyaman menungganginya, anda juga bisa mencoba menunggangi unta dengan pawang anjing.

3. Istana Panda

Atraksi Taman Safari BogorKredit gambar: Facebook Taman Safari Bogor

Tidak hanya Area Baby Zoo, Taman Safari ini juga berada di area lain yang tidak kalah menarik, yaitu Istana Panda. Di kawasan ini, Anda bisa melihat secara langsung tingkah menggemaskan hewan lucu khas China ini.

Momen-momen ini bisa diabadikan dengan kamera karena hewan langka ini luar biasa baik hati. Selain itu, Anda juga dapat berinteraksi langsung dengan mereka dan menyentuh bulu mereka yang sangat lembut. Namun, hati-hati dan jangan berlebihan agar mereka tidak takut.

4. Pemandangan yang sangat bagus

Bisa dibilang yang membedakan taman safari ini dengan tempat wisata sejenis lainnya adalah pemandangannya yang sangat indah. Bogor sudah lama dikenal dengan lingkungan yang bersih dan udara yang bersih, sehingga tidak heran jika pemandangan di tempat ini sangat menakjubkan.

Dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun dan terawat membuat tempat ini sangat asri dan sejuk. Tak ayal tempat ini menjadi sangat indah dan menyerupai habitat asli hewan-hewan yang terdapat di sana, sehingga hewan-hewan ini bisa hidup nyaman di sana tanpa takut gangguan yang mengancam.

5. Berbagai jenis hewan

Di taman safari ini, terdapat berbagai jenis hewan yang dilindungi dalam kandang. Bahkan, jumlah hewan di tempat ini bisa mencapai lebih dari dua ribu. Hewan ini sebagian besar merupakan hewan langka dengan tingkat kemungkinan kepunahan yang sangat tinggi dan keberadaannya di dunia rendah.

Hewan langka ini membutuhkan perlindungan yang intensif agar dapat terus melestarikan populasinya. Dengan perawatan yang cermat dan nutrisi yang rajin, hewan-hewan langka di taman ini dapat terlindungi dengan baik dan dapat berkembang biak dengan aman.

Alamat dan rute menuju lokasi Taman Safari

Alamat Taman Safari BogorKredit gambar: Google Maps

Karena memiliki lokasi yang sangat strategis dan mudah dijangkau, hal ini menjadikan Taman Safari pilihan yang tepat untuk dikunjungi di Bogor. Alamat lengkap taman ini berada di Jalan Kapten Harun Kabir yang juga bersebelahan dengan tempat wisata lainnya yaitu Safari Water Park.

Untuk menuju tempat wisata ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan dan dimulai dari jalan tol Jagorawi. Setelah keluar dari kawasan Ciawi, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Cisarua dan terus sampai di Jalan Raya Puncak. Kemudian Anda bisa berbelok ke kanan dan terus menuju pintu masuk taman ini.

Harga Tiket Masuk Taman Safari Bogor

Tiket Taman Safari BogorKredit gambar: Google Maps Hussain Al Qassab

Jika ingin berkunjung ke taman safari ini, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu harga tiket masuknya. Untuk memasuki tempat wisata ini, pengunjung harus membayar beberapa tiket masuk yang terdiri dari dua jenis. Untuk pengunjung lokal, biaya masuknya adalah 195.000 untuk dewasa dan 170.000 untuk anak-anak berusia 1-5 tahun.

Sementara itu, pengunjung asing akan dikenakan biaya lebih tinggi sebesar 400.000 untuk dewasa di atas 6 tahun dan 350.000 untuk anak-anak antara 1 hingga 5 tahun. Jika Anda ingin menggunakan beberapa wahana yang ada di taman ini, Anda masih harus mengeluarkan sejumlah uang sebagai tiket masuk. Harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu.

Kegiatan menarik untuk dilakukan di taman safari

Kegiatan Taman Safari BogorKredit gambar: Google Maps Chandra Kusuma

1. Safari Malam

Aktivitas menarik pertama yang bisa Anda lakukan di Taman Safari adalah melakukan aktivitas menyenangkan di malam hari, yaitu Safari Night. Berbeda dengan siang hari, pada malam hari, suasana Safari Night sangat seru dan mengasyikkan.

Umumnya kegiatan ini akan dimulai dari pukul 19.30 hingga 21.00. Setelah membayar tiket masuk, Anda akan dijemput oleh bus untuk memulai petualangan.

Kemudian Anda akan diajak menaiki kereta api terbuka yang akan membawa Anda dan penumpang lainnya berkapasitas 60 orang untuk berpetualang di kawasan yang cukup menegangkan. Namun, selama aktivitas ini, Anda dilarang menggunakan binar atau membuka kaca.

2. Mendaki

Buat kamu yang suka aktivitas melakukan perjalanan Di mana Melakukan perjalanan, maka anda bisa melakukan kegiatan tersebut di tempat wisata ini. Sedang mengerjakan Melakukan perjalanan, Anda akan diajak menjelajahi kawasan hutan hujan tropis yang mengelilingi taman ini sambil menikmati indahnya pemandangan alam di sekitar Gunung Gede Pangrango.

Dipandu oleh seorang profesional, Anda akan melintasi hutan sejauh 3 hingga 9 kilometer. Jika ingin menikmati aktivitas ini, Anda perlu merogoh kocek sebesar 75.000 rupee dan memesan kuota terlebih dahulu beberapa hari sebelum mengunjungi taman ini. Namun, Anda harus menemukan grup minimal 10 orang.

Jika grup Anda kurang dari 10 orang, Anda mungkin diminta untuk bergabung dengan grup lain. Di tengah kursus, Anda juga dapat menikmati arena keluar sangat menyenangkan untuk dicoba. Beberapa dari mereka adalah panjat tebing, tali tinggi, flying fox, dan lain-lain.

3. Perjalanan Safari

Kegiatan utama yang sering dinikmati oleh mayoritas pengunjung Taman Safari Bogor adalah Safari Journey. Untuk melakukan aktivitas ini anda bisa menggunakan kendaraan pribadi namun anda juga bisa menggunakan transportasi yang telah disediakan sebelumnya oleh penanggung jawab objek wisata tersebut.

Dalam waktu kurang dari 45 menit, Anda akan dibawa dalam tur melihat satwa liar dari dekat. Karena ini adalah hewan liar, pengunjung juga disarankan untuk menutup jendela selama perjalanan karena hewan ini terkadang merasa penasaran dengan mobil manusia.

Selain itu, pengunjung juga diharuskan untuk selalu berjalan kaki dan dilarang menghentikan kendaraannya atau melakukan aktivitas yang tidak penting karena dapat menimbulkan kemacetan.

4. Tonton acara pendidikan

Aktivitas lain Taman Safari BogorKredit gambar: Google Maps Dinda Faridha

Tidak hanya melihat satwa liar yang ada, pengunjung juga dapat melihat tayangan edukasi yang sangat membantu dalam memperluas wawasan tentang satwa yang ada di taman Safari. Untuk melihat pertunjukannya tidak perlu membayar sepeser pun atau gratis, jadi sayang sekali jika tidak melakukan kegiatan ini.

Anda bisa melihat beberapa jenis pertunjukan yang menunjukkan kecerdasan hewan mulai dari singa, lumba-lumba, gajah dan lain-lain. Pertunjukan ini tidak hanya menghibur, tetapi juga mengedukasi pengunjung tentang pentingnya menjaga lingkungan di sekitar mereka.

5. Naik balon udara panas

Di tempat wisata ini terdapat wahana unik yang wajib dicoba oleh pengunjung terutama yang suka menguji adrenalin dan tidak takut ketinggian. Wahananya adalah balon udara yang bisa kamu naiki setelah membayar harga tiket 125.000 per orang. Balon ini dapat membawa 6 orang dewasa dan dapat terbang hingga ketinggian 40 meter.

Setelah membayar tiket masuk, Anda akan diajak naik balon udara bersama instruktur. Selama kurang lebih 10 menit Anda bisa melihat keindahan pemandangan taman yang begitu mempesona dan dipenuhi pepohonan hijau. Anda tidak perlu khawatir saat ingin melakukan wahana ini, selama mengikuti petunjuknya Anda akan aman.

6. Mainkan taman air

Tak hanya balon udara, di tempat wisata alam ini juga terdapat beberapa wahana lain yang tak kalah menarik, seperti waterpark. Untuk menikmati wahana ini, Anda harus membayar tiket di muka sebesar 20.000 per orang. Berada di sebelah panggung pertunjukan hewan membuat wahana ini sangat mudah ditemukan sehingga Anda tidak akan merasa tersesat.

Di wahana ini, nikmati sensasi berenang di antara air pegunungan yang sangat sejuk dan sejuk sambil menghirup udara murni kawasan Puncak. Rasakan juga suasana duduk santai di paviliun yang dibangun berbentuk bangunan khas Afrika, sambil melihat akuarium berbagai ikan hias di sekitarnya.

Fasilitas yang tersedia di Taman Safari Bogor

Fasilitas Taman Safari BogorKredit gambar: Google Maps Athiam Muliadi

Fasilitas objek wisata ini cukup lengkap dan mampu memenuhi kebutuhan pengunjung. Beberapa fasilitas yang ada adalah tempat ibadah, toilet, transportasi gratis seperti kereta mini, kafe dan lain-lain.

Apalagi pengunjung yang lelah bisa beristirahat dengan menyantap kuliner lezat di restoran tempat ini. Ada juga hostel dan toko untuk membeli oleh-oleh khas taman safari yang bisa dijadikan kenang-kenangan.

Demikian informasi mengenai Taman Safari Bogor yang bisa Anda jadikan referensi saat ingin berkunjung ke tempat wisata ini. Karena sarat dengan hal-hal menarik yang dapat mengedukasi pengunjung, membuat tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang ingin menghabiskan liburannya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button