KBRI menggebrak Indonesian Business Promotion 2023 di Brunei dengan demonstrasi tie-dye - WisataHits
Jawa Barat

KBRI menggebrak Indonesian Business Promotion 2023 di Brunei dengan demonstrasi tie-dye

KBRI menggebrak Indonesian Business Promotion 2023 di Brunei dengan demonstrasi tie-dye

Jakarta (ANTARA) – KBRI Bandar Seri Begawan menggebrak kegiatan promosi bisnis Indonesia di Brunei Darussalam pada tahun 2023 dengan peragaan busana tie-dye.

Kegiatan Pameran dan Budaya Batik Indonesia yang menampilkan busana batik modern dan kerajinan tangan Indonesia ini digelar di Aula Diplomatik KBRI Bandar Seri Begawan pada Selasa (24/1), demikian keterangan KBRI, Kamis.

peragaan busana yang berlangsung memukau para tamu yang hadir. Januari 2023 kami memulai kegiatan promosi bisnis KBRI dan menjadi tepuk tangan dan kesan keluarga dekat Sultan,” kata Duta Besar Indonesia untuk Brunei Darussalam Sujatmiko.

Keluarga Sultan Brunei dan diplomat asing termasuk di antara penonton yang mengagumi koleksi batik Indonesia yang dipamerkan di fashion show tersebut.

“Mereka terkesan dengan penampilan motif, warna dan corak kain tie-dye yang berbeda yang ditampilkan pada acara ini,” kata KBRI Bandar Seri Begawan dalam keterangannya.

Dubes Sujatmiko dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa batik merupakan karya seni yang berasal dari Indonesia dan diakui pada tanggal 2 Oktober 2009 oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sebagai “Mahakarya Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Kemanusiaan“.

Ia juga menyinggung kedatangan tie-dye di pasar internasional dan menekankan pentingnya industri tie-dye bagi perekonomian Indonesia.

Selain keluarga Sultan Brunei dan diplomat asing, para pebisnis, perwakilan media dan Friends of Indonesia di Brunei turut menyaksikan peragaan busana karya desainer Indonesia Frida Nursanti.

Selain batik, para tamu undangan juga berkesempatan melihat produk kerajinan, makanan dan minuman herbal dari Kabupaten Purwakarta.

Kegiatan promosi produk Indonesia di Brunei juga dimeriahkan dengan penampilan tari Pendet, tari Payung dan tari Saman yang dibawakan oleh masyarakat Indonesia di Brunei.

Selain itu juga dilakukan peluncuran buku cerita anak berjudul “Legenda Danau Bagendithasil kerjasama KBRI Bandar Seri Begawan dan RELA (Perhimpunan Literasi Membaca Brunei Darussalam).

Buku tersebut bercerita tentang legenda Situ Bagendit, salah satu tempat wisata nasional di provinsi Jawa Barat.

Baca Juga: KBRI Brunei Ajak WNI Bangkitkan Semangat Nation Building
Baca Juga: KBRI Tawarkan Layanan Ketenagakerjaan Bagi Pekerja Migran di Brunei
Baca juga: KBRI Bandar Seri Begawan dukung kerja sama pendidikan dengan Brunei

Reporter: Yuni Arisandy Sinaga
Penerbit: Aziz Kurmala
HAK CIPTA © ANTARA 2023

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button