Air Terjun Putri Malu, surga alam eksotis yang tersembunyi dengan cara yang baik - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Putri Malu, surga alam eksotis yang tersembunyi dengan cara yang baik

Air Terjun Putri Malu, surga alam eksotis yang tersembunyi dengan cara yang baik
Harga tiket: Rp20.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Banjit, Kec. Banjit, Kab. Jalan Kanan Lampung.

Pesona wisata alam di Provinsi Lampung memang selalu menyenangkan untuk dijelajahi. Ada berbagai destinasi wisata alam mulai dari pegunungan, lautan, lembah, taman, hutan, air terjun dan masih banyak lagi. Salah satu tempat wisata alam yang terkenal di daerah Lampung adalah air terjun. Air Terjun Putri Malu.

Nama Putri Malu diambil dari mitos yang diyakini oleh masyarakat setempat bahwa ada seorang putri yang tinggal di air terjun, gadis ini tidak pernah menunjukkan dirinya kepada orang lain karena malu dengan wajahnya, sehingga tempat itu disebut Riam Putri Malu yang berada di Way Kanan. Lokasi air terjun ini berada di ketinggian 100 meter di atas permukaan laut.

Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara telah mengunjungi air terjun cantik ini. Letaknya yang berada di daerah pegunungan membuat kawasan air terjun ini memiliki nuansa alami yang tersembunyi di dalam hutan hujan yang sejuk. Menakjubkan adalah kata yang tepat untuk menggambarkan air terjun favorit wisatawan ini.

Objek wisata air terjun Putri Malu

Objek wisata air terjun Putri MaluKredit gambar: Google Maps Janwar Adventure

1. Dikelilingi bebatuan tinggi

Air terjun eksotis ini dikelilingi bebatuan tinggi yang sangat epic sebagai spot foto. Air terjun yang mengalir deras dan permukaan bebatuan di sebelahnya merupakan daya tarik yang tidak boleh dilewatkan. Bebatuan inilah yang menjadi daya tarik Air Terjun Way Kanan.

2. Air terjun dari ketinggian 80 meter

Air terjun yang indah ini memiliki ketinggian 80 meter, air yang mengalir cukup deras sehingga suara yang dihasilkan memenuhi indera pendengaran Anda. Keindahan air yang jatuh dari atas ketinggian ini menjadi pemandangan utama yang memikat indera pengunjung.

3. Air jatuh langsung ke kolam

Air Terjun Putri Malu bukanlah air terjun berundak sehingga perasaan air yang jatuh dari ketinggian akan langsung disambut dengan kolam utama yang cukup luas namun tidak terlalu dalam. Kesejukan air pegunungan mampu menghilangkan penat selama perjalanan.

4. Ikuti dulu untuk sampai ke lokasi air terjun

Daya tarik lain dari Air Terjun Putri MaluKredit gambar: Google Maps Venom Neo

Pengunjung yang ingin menikmati keindahan air terjun harus melalui jalur tracking yang cukup melelahkan. Namun, jangan hanya membayangkan berada jauh di sana, namun di setiap mata Anda akan menemukan pemandangan keindahan alam yang tak kalah indahnya, seperti pegunungan, kebun teh, pohon jambu biji, jembatan penyeberangan dan masih banyak lagi.’Lainnya.

5. Ada fasilitas Ojek Gunung

Untuk menikmati keindahan air terjun, wisatawan harus menempuh medan yang cukup jauh. Begitu juga dengan kondisi di air terjun Lampung. Bagi Anda yang merasa tidak kuat berjalan kaki cukup jauh, Anda bisa memanfaatkan fasilitas ojek gunung yang ada. Keberadaan ojek gunung menjadi daya tarik tersendiri untuk merasakan mengendarai sepeda motor di jalan yang kasar.

6. Lokasi strategis dekat tempat wisata lainnya

Wisata alam lain di dekat Air Terjun Putri Malu adalah pemandian air panas di dekat Sungai Neki dan Curup Bukit Sit. Puas melihat keindahan air terjun yang menawan ini, wisatawan bisa menyempatkan diri untuk mengunjungi tempat wisata lain yang tak kalah mempesona.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Putri MaluKredit gambar: Twitter Kunci Yopie Pang

Sebagai objek wisata populer di Kabupaten Lampung, mencari alamat air terjun ini tidaklah sulit. Alamatnya di kawasan Way Kanan, masuk dalam Daftar Hutan 24 di perbatasan Sumsel dan Lampung. Akses jalan untuk menuju lokasi air terjun cukup mudah meski berada di lokasi terpencil.

Rute menuju lokasi air terjun bagi wisatawan yang datang dari kota Bandar Lampung bisa melalui jalan darat via Kotabumi dari Bandar Lampung – Bukit Kemuning. Setelah itu melanjutkan perjalanan menuju Baradatu yang masih perlu dilanjutkan menapaki jalan pasar Banjit menuju desa Juku Batu.

Bagi wisatawan yang mengendarai roda empat perjalanan hanya bisa sampai di Juku Batu, kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menyewa ojek gunung. Jarak antara Bandar Lampung dan Baradatu sekitar 4 jam. Ojek gunung yang sepeda motornya sudah dimodifikasi sehingga bisa melewati daerah pegunungan tanpa kendala.

Sementara itu, wisatawan yang menggunakan kendaraan roda dua atau sepeda motor dapat melanjutkan perjalanan hingga mencapai lokasi pintu masuk Air Terjun Putri Malu. Namun, perhatian harus diberikan pada kondisi sepeda motor dan jalan yang dilalui. Kondisi jalan yang sempit dan licin menjadi tantangan bagi pengendara roda dua.

Tarif sewa ojek gunung rata-rata Rp 100.000 per sepeda motor Untuk menghemat biaya, sepeda motor dapat dikendarai oleh dua orang dengan biaya yang harus dinegosiasikan dengan pihak ojek terlebih dahulu. Selain mengantarkan penumpang, ojek juga bisa menjadi guide atau pemandu selama perjalanan.

Waktu tempuh dari Juku Batu ke Air Terjun Putri Malu sekitar 30 menit dengan sepeda motor, dan akan lebih lama lagi jika wisatawan memutuskan untuk menikmati suasana trail. Bagi wisatawan yang naik ojek gunung juga akan merasakan keseruan dan aksi menegangkan naik turun yang harus dilalui.

Harga tiket masuk ke air terjun

Harga Tiket Masuk Air Terjun Putri MaluKredit gambar: Google Maps Dedi

Harga tiket masuk yang dikenakan pengelola untuk pengunjung adalah Rp 20.000 per orang. Harga tersebut sebanding dengan keindahan alam yang nantinya akan ditemui pengunjung. Bagi pengunjung yang ingin menggunakan jasa taksi gunung, harus menambah biaya sebesar Rp 100.000,- untuk satu kali perjalanan.

Namun, jika Anda merasa kuat dan mampu melintasi medan lintasan, tidak ada salahnya berjalan kaki, gratis dan olahraga juga diperhitungkan. Pengunjung tinggal menyiapkan perbekalan logistik agar tidak kelaparan di jalan.

Aktivitas Seru Di Air Terjun Putri Malu

Aktivitas Seru di Air Terjun Putri MaluKredit gambar: Google Maps Minak Alam

1. Main air dan berendam

Mitos atau fakta mandi di kolam air terjun bisa menyembuhkan penyakit rematik. Di luar kepercayaan tersebut, ternyata mandi di air terjun merupakan kegiatan yang menyenangkan. Rasa sejuk airnya menghilangkan rasa lelah setelah menempuh jarak yang cukup jauh. Berenang di air terjun diperbolehkan selama tidak berada di bawah aliran langsung air terjun.

2. Melacak di Area Eksotis

Air Terjun Putri Malu memang berhutang budi, untuk bisa menikmati keindahan air terjun ini pengunjung harus terlebih dahulu mengikuti atau berjalan kaki. Di sepanjang jalan, pengunjung akan menemukan hamparan pepohonan dan kebun teh milik warga. Tracking bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan bila dilakukan bersama keluarga, sahabat, atau orang-orang tersayang.

3. Jelajahi hutan

Air terjun cantik ini masuk ke dalam kawasan hutan register Lampung 24. Bagi pengunjung yang ingin menjelajah hutan bisa mendapatkan izin terlebih dahulu sehingga pihak pengelola akan menyediakan tim untuk membantu mereka.

4. Cari Foto Instagrammable

Aktivitas Seru di Air Terjun Putri MaluKredit gambar: Google Maps berly ramadona

Kegiatan liburan hari ini harus diimbangi dengan eksis di media sosial. Tren mengambil foto Instagramable juga berlaku bagi pengunjung yang datang ke air terjun cantik ini. Spot foto favorit pengunjung adalah di depan grojogan, dimana air terjun akan menjadi background foto. Hasilnya tidak diragukan lagi berfoto selfie atau selfie selalu keren.

5. Meditasi yang menenangkan

Kegiatan menenangkan tubuh dan pikiran juga bisa dilakukan di air terjun cantik ini. Suasana yang selalu asri jauh dari kebisingan kendaraan akan membuat meditasi Anda menjadi sangat santai. Liburan bukan hanya untuk bersenang-senang, tapi fungsinya lebih untuk menenangkan pikiran agar siap kembali ke rutinitas sehari-hari.

6. Piknik keluarga

Air Terjun Putri Malu merupakan kawasan wisata keluarga yang cocok untuk kunjungan rombongan. Letaknya yang berada di tengah hutan membuat tempat ini tidak bisa dijangkau oleh warung makan. Ini bisa digunakan untuk piknik keluarga, menyiapkan makanan rumahan untuk dinikmati bersama di dekat air terjun.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Instalasi Air Terjun Putri MaluKredit gambar: Twitter Diana Radiata

Air Terjun Putri Malu dikelola oleh kelompok masyarakat yang juga mengelola hutan. Manajemen terus melakukan pembenahan untuk dapat memberikan fasilitas yang maksimal bagi pengunjung. Karena setiap harinya pengunjung yang datang semakin banyak dan berasal dari berbagai daerah.

Saat ini pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas umum yang telah disediakan seperti kamar mandi bagi wisatawan untuk mengganti pakaian setelah basah terkena air, terdapat toilet bagi pengunjung yang ingin buang air dan juga terdapat gazebo yang dapat digunakan sebagai tempat bersantai. tempat istirahat setelah jalan-jalan atau mandi.

Fasilitas yang tidak tersedia di kawasan air terjun adalah warung makan. Oleh karena itu, pengunjung harus membawa perbekalan sendiri atau membelinya saat berada di Juku Batu. Persiapkan bekal yang cukup untuk bolak balik ke tempat anda, karena mengunjungi air terjun eksotik ini tentunya akan membutuhkan tenaga yang tidak sedikit.

Air Terjun Putri Malu menyihir keindahan Hutan Way Kanan, Lampung. Keindahan yang dihadirkan akan memikat hati semua orang yang pernah kesana. Semakin banyak pengunjung yang datang setiap harinya sehingga tempat wisata ini terus mengalami pembenahan disana sini demi memenuhi kenyamanan pengunjung.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button