Kawasan wisata di pesisir selatan Sukabumi ini mulai dipadati pengunjung - WisataHits
Jawa Barat

Kawasan wisata di pesisir selatan Sukabumi ini mulai dipadati pengunjung

Sukabumi, Jawa Barat (ANTARA) – Sekitar satu jam menjelang perayaan Tahun Baru 2023, objek wisata Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat di pesisir selatan mulai dipadati pengunjung yang datang dari berbagai daerah untuk merayakan pergantian tahun.

“Kebanyakan pengunjung yang datang ke objek wisata pantai menggunakan sepeda motor, namun peningkatan jumlah pengunjung tersebut tidak menyebabkan kemacetan yang panjang, hanya saja arus lalu lintas tersendat di beberapa tempat,” kata Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Dharmawansyah di Sukabumi, Sabtu.

Dengan pengawasan di lokasi, kemacetan lalu lintas mulai terjadi di sekitar Lapangan Palabuhanratu, Jalan Siliwangi hingga jalur wisata Palabuhanratu-Cisolok. Kebanyakan pengunjung datang dengan sepeda motor secara konvoi. Arus lalu lintas mulai padat sekitar pukul 22.00 WIB.

Dilihat dari pelat nomor polisi, sebagian besar pengunjung berasal dari berbagai daerah di Sukabumi, bahkan ada juga yang berasal dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Untuk mengantisipasi kemacetan, terutama setelah perayaan Tahun Baru, ratusan pekerja gabungan disiagakan. Selain itu, penerapan rekayasa arus lalu lintas agar kendaraan wisata yang menuju dan dari objek wisata tidak saling mendahului.

Baca Juga: Gubernur PJ DKI Minta Warga Jaga Kebersihan Menanti Tahun Baru

Dalam mengawasi kegiatan pesta malam pergantian tahun, pihaknya juga berkoordinasi dengan organisasi kemasyarakatan (Ormas) dengan memantau pihak-pihak negatif seperti konsumsi minuman beralkohol dan lainnya.

Aipda Deny Ferdianto, Kepala Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIC) Polres Sukabumi, menambahkan, 16 titik kamera dipasang untuk memantau arus lalu lintas, yang dapat diakses warga 24/7 melalui kanal YouTube Polres Sukabumi.

Penggunaan kanal ini untuk memantau arus lalu lintas adalah agar masyarakat dapat melihat keadaan arus lalu lintas di wilayah Kabupaten Sukabumi mulai dari perbatasan Bogor-Sukabumi di Kecamatan Cicurug hingga pintu keluar tol hingga jalur wisata.

Dengan pemanfaatan kanal tersebut, warga sekitar yang ingin keluar rumah untuk merayakan tahun baru dapat kembali memikirkan kondisi lalu lintas secara detail. Warga bisa bertanya langsung melalui layanan pesan di acara tersebut atau dengan menghubungi nomor kontak layanan yang tersedia. Masyarakat dapat berkomunikasi langsung dengan operator di “Command Center”.

Baca Juga: Titik Nol Yogyakarta Ramai Pengunjung Jelang Tahun Baru
Baca Juga: 700 Pegawai Gabungan Amankan Malam Tahun Baru di Jayapura

Reporter: Aditia Aulia Rohman
Penerbit : M. Hari Atmoko
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button