Kebun Buah Mekarsari, wisata petik buah seru langsung dari kebun - WisataHits
Jawa Barat

Kebun Buah Mekarsari, wisata petik buah seru langsung dari kebun

PeekLifestyle Celebrities – Taman Buah Mekarsari merupakan tempat wisata keluarga yang edukatif dan menyenangkan. Di sini pengunjung bisa belajar tentang tanaman bahkan salah satu atraksinya adalah memetik buah tepat di kebun, lho.

Terletak di Jalan Raya Cileungsi – Jonggol KM.3, Mekarsari, Cileungsi, Kabupaten Bogor, tempat wisata ini sepertinya tidak pernah sepi pengunjung. Banyak sekali sekolah yang menjadikan tempat ini sebagai tujuan wisata edukasi.

Belum lagi karyawan PT juga biasanya banyak mengadakan acara family gathering di Kebun Buah Mekarsari. Hal ini dikarenakan tempatnya yang sangat luas, dan tema tempat wisata lebih banyak tentang konsep alam, yang menyegarkan Anda setelah lelah dari aktivitas sehari-hari.

Apa saja hal menarik yang ada di Kebun Buah Mekarsari? Yuk baca informasi lengkapnya di bawah ini.

gmaps/Kebun Buah Mekarsari

Foto: gmaps/Kebun Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari pada dasarnya merupakan kawasan agrowisata seluas 265 hektar. Ada banyak jenis tanaman besar di sini, yang juga digunakan sebagai tempat penelitian budidaya.

Sebelumnya lahan ini merupakan bekas perkebunan karet milik PTP IX yang sudah tidak berproduksi lagi. Kemudian Tien Suharto selaku ketua Yayasan Purna Bhakti Pertiwi (YPBP), mengemukakan ide pembangunan taman.

Hingga akhirnya, pada 14 Oktober 1995, Kebun Buah Mekarsari milik Suharto resmi dibuka untuk umum.

Atraksi Kebun Buah Mekarsari

gmaps/Revolusi Shandi

Foto: gmaps/Shandi Revolution

Banyak hal menarik yang bisa Anda temukan saat berkunjung ke Kebun Buah Mekarsari. Mulai dari suasana yang asri hingga wahana seru hingga pengalaman memetik buah sendiri. Yuk simak daya tarik Kebun Buah Mekarsari berikut ini.

1. Suasana taman yang indah

Meliputi 265 hektar sejauh mata memandang, semua yang Anda lihat adalah getaran yang bagus dan sejuk. Pepohonan tinggi di kanan kiri dengan tanaman hijau dan rerumputan yang terawat membuat tempat ini terasa nyaman.

Belum lagi bagi Anda yang membawa anak-anak untuk berpartisipasi, mereka akan bebas berkeliaran di sana-sini dan tidak akan terpaku pada perangkat. Saking luasnya, Anda tidak bisa berjalan mengelilingi seluruh Kebun Mekarsari.

Jadi ada juga kereta penumpang yang bisa kamu kendarai sekali. Karena harga tiket perjalanan kereta api itu sama dengan harga tiket masuk. Atau Anda juga bisa berkeliling dengan sepeda yang tersedia untuk disewakan dengan harga mulai dari Rp 10.000

2. Coba berbagai wahana seru

Taman Buah Mekarsari tidak hanya memiliki area yang luas dan suasana yang asri, kini melengkapi fasilitasnya dengan berbagai wahana seru dan menyenangkan. Terutama untuk anak-anak. Namun untuk sampai ke wahana tersebut Anda harus membayar lagi.

Ada banyak wahana disini dari Dragon Boat, Duck Bike Boat, Horseback Riding, Mini Rickshaw, Fish Therapy, Feeding D’Farm, Balloon Palace, ATV, Airsoft Gun, Archery hingga Kidz Outbound.

Harga mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 50.000. Namun, pengalaman seru dan tak terlupakan ini akan kamu rasakan hanya di Kebun Buah Mekarsari lho.

3. Pilih buahmu sendiri

Nah, salah satu daya tarik utama Taman Buah Mekarsari adalah pengunjung bisa memetik dan mencicipi buah-buahan yang dipanen. Namun, buah yang dipetik disesuaikan dengan musim panen dan tidak selalu sama.

Jika Anda ingin mengambilnya dan membawanya pulang, Anda bisa. Anda bisa memilihnya sendiri kemudian akan ditimbang dan dibayar sesuai pilihan Anda. Harganya cukup masuk akal untuk sebuah tempat wisata. Perlu dicatat bahwa meskipun Anda dapat memetik buah sendiri, ada saat-saat tidak panen, sehingga Anda mungkin tidak dapat merasakan pengalamannya.

4. Wisata edukasi

Sebagai tempat budidaya tanaman, jenis tanaman dan buah juga dihadirkan dan disampaikan kepada pengunjung di sini. Anda juga berkesempatan untuk rombongan tamasya untuk mencoba menanam padi secara langsung.

Wisata ini sangat cocok untuk anak-anak. Jadi bukan hanya sekedar liburan dan bermain bebas, tapi kamu bisa belajar tentang berbagai tanaman yang mungkin jarang dikenal di kota ini.

Tiket Masuk Kebun Buah Mekarsari

gmaps/maria ulfah

Foto: gmaps/maria ulfah

Kebun Buah Mekarsari dibuka untuk umum setiap hari Minggu dan hari libur nasional mulai pukul 09:00 hingga 15:00 WIB. Senin sampai Jumat adalah untuk kelompok dengan saran untuk memesan terlebih dahulu.

Berikut rincian harga tiketnya.

Tiket Tiket Garden Drive Thru: Rp 70.000 (dewasa) Rp 60.000 (anak 2-9 tahun)

Tiket ini memungkinkan Anda untuk berjalan-jalan di kebun dengan mobil pribadi. Tiket ini sudah termasuk tiket masuk, perjalanan dengan mobil, tur labirin (edukasi), makan di DFarm, memetik buah (selama persediaan masih ada), naik perahu naga dan juga naik sepeda air.

Tiket diskon reguler A: Rp 35.000

Tiket ini sudah termasuk tiket masuk, naik kereta api dan 1 tiket naik sepeda air

Tiket diskon reguler B: Rp 40.000

Tiket ini sudah termasuk tiket masuk, kereta bergerak dan tiket naik (pilihan bebas, bisa berupa istana balon, perahu naga atau terapi ikan)

Pendaftaran kendaraan

Tiket mobil: Rp 20.000
Tiket sepeda motor: Rp 10.000

Fasilitas Kebun Buah Mekarsari

gmaps/Mutiara Sari

Foto: gmaps/Mutiara Sari

Sebagai salah satu tempat wisata di Bogor yang paling banyak dikunjungi, Kebun Buah Mekarsari juga telah menyediakan berbagai fasilitas yang memadai. Mulai dari ketersediaan toilet, mushola, hingga tempat duduk yang bisa ditempati pengunjung saat merasa lelah.

Ada juga restoran yang bisa menjadi alternatif untuk mengisi ulang tenaga jika merasa lelah setelah berjalan-jalan di sekitar Kebun Buah Mekarsari. Selain itu, ada juga toko suvenir yang menjual kerajinan tangan, topi, dan kaos yang bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh.

Rute menuju Kebun Buah Mekarsari sendiri biasanya cukup mudah. Anda bisa menggunakan Google Maps sebagai benchmark untuk sampai ke tempat tujuan Anda. Jika Anda naik kendaraan umum yaitu KRL, Anda bisa turun di stasiun Tanjung Barat.

Dari sisi barat stasiun, naik angkot merah KWK T 19 menuju Kampung Rambutan dan turun di Jalan TB Simatupang di kawasan Jalan Baru Tanah Merdeka. Lanjutkan di angkot biru 121 menuju Cileungsi. Di ujung rute, turun di Persimpangan Cileungsi. Lanjutkan di Angkot 64 biru menuju Jonggol. Turun di Jalan Raya Jonggol – Cileungsi di seberang kebun buah
Mekarsari, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

Namun, kami sarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi karena lokasi Kebun Raya Mekarsari sangat luas dan mungkin akan lebih melelahkan untuk mengunjunginya dengan kendaraan umum.

Ini adalah rangkaian informasi tentang Kebun Raya Mekarsari mulai dari tempat yang akan dikunjungi, biaya masuk, dll. Untuk harga yang tercantum, diingatkan bahwa harga dapat berubah dari waktu ke waktu atau atas kebijaksanaan pengelola.

Namun, kami berharap harga ini dapat dijadikan pedoman bagi Anda dalam menentukan biaya liburan Anda. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi website resmi Kebun Buah Mekarsari dengan mengklik link di sini.

Informasi terbaru tentang harga tiket dan aturan masuk akan diperbarui. Atau bisa juga mengunjungi media sosial resmi Instagram @mekarsari_fruitgarden yang selalu mengupdate keseruan para pengunjungnya.

Akhir kata, semoga artikel abadi ini bermanfaat untuk Anda dan Selamat Berlibur!

Source: www.intipseleb.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button