Nikmati Wisata Keluarga Rekomendasi 6 Kuil Kerajaan Majapahit di Jawa Timur - WisataHits
Jawa Timur

Nikmati Wisata Keluarga Rekomendasi 6 Kuil Kerajaan Majapahit di Jawa Timur

Liputan6.com, Jakarta Kerajaan Majapahit terkenal dengan wilayahnya yang luas dan terkenal dengan kerajaannya yang megah.

Kerajaan yang didirikan oleh menantu Singasari Raden Wijaya ini memiliki pusat pemerintahan di Jawa Timur, tepatnya yang sekarang dikenal dengan Kabupaten Mojokerto.

Salah satu bukti kemegahan dan kemewahan Kerajaan Majapahit adalah peninggalan peninggalannya yang terbentang di seluruh daratan pulau Jawa, khususnya Jawa Timur. Seperti kita ketahui, Kerajaan Majapahit memiliki cakupan wilayah yang sangat luas.

Wilayah pelayanan Kerajaan Majapahit terbentang dari Sumatera, Semenanjung Malaya, Kalimantan, Sulawesi, Kepulauan Nusa Tenggara, Maluku, Papua, Tumasik (Singapura) dan sebagian kepulauan Filipina. Cakupan yang sangat luas ini membuat beberapa peninggalan masih sangat utuh.

Candi Bajang Ratu

Candi Bajang Ratu atau biasa disebut Gerbang Bajang Ratu dipercaya sebagai peninggalan pertama Kerajaan Majapahit. Pura ini melingkupi gapura masuk ke kawasan keramat, bentuknya seperti gapura masuk vertikal yang menjulang tinggi. Terbagi menjadi tiga bagian yaitu kaki, sayap dan atap. Candi Bajang Ratu terletak di Desa Temon, Trowulan, Mojokerto.

kuil tikus

Candi ini berbeda dengan candi-candi biasa yang berbentuk vertikal, candi ini berbentuk seperti kubangan yang dipuja sebagai tempat mandi raja dan keluarganya. Pura ini juga terendam air dan lebih rendah dari daratan, seperti kolam renang mewah pada zamannya.

Tingkatkan Kuil

Candi ini merupakan salah satu peninggalan Majapahit yang terkenal, yang diperkirakan dibangun pada tahun 1200 Masehi. Candi Penataran merupakan candi terluas dan termegah di Jawa Timur, hingga saat ini banyak wisatawan yang mengunjungi candi ini. Pura ini terletak di desa Penataran Nglegok, Blitar. Dibangun pada masa pemerintahan Raja Srengga yang berasal dari Kediri.

Tonton video pilihan berikut:

Source: m.liputan6.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button