Kasus Covid-19 Meningkat, Pemesanan Tiket di Traveloka meningkat - WisataHits
Jawa Timur

Kasus Covid-19 Meningkat, Pemesanan Tiket di Traveloka meningkat

Bisnis.comJAKARTA – Traveloka, startup online travel agent (OTA), melaporkan peningkatan pemesanan transportasi dan akomodasi dari Januari hingga Juni 2022. Kondisi ini muncul setelah kasus Covid-19 menurun dan mobilitas masyarakat menurun.

CMO Traveloka Shirley Lesmana mengatakan seiring dengan dibukanya kembali akses perjalanan antar kota dan antar negara bagian serta perluasan cakupan imunisasi yang terus berlanjut, Traveloka melihat kebutuhan konsumen untuk bepergian.

Mengutip data dari Otoritas Investasi Indonesia (INA), peran platform travel booking dalam pemesanan pariwisata bruto Indonesia saat ini meningkat dari 24 persen sebelum pandemi menjadi 33 persen pada 2021. Angka itu diperkirakan akan meningkat lagi menjadi 36 persen pada 2024.

“Kami sudah mulai merasakan situasi ini, yang perlahan membaik sejak awal 2022, yang juga tercermin dari peningkatan lalu lintas pemesanan transportasi dan akomodasi dari Januari hingga Juni 2022,” kata Shirley, Kamis (13/10/2022).

Traveloka mengklaim pemesanan tiket pesawat meningkat 65 persen, pemesanan kereta api hampir dua kali lipat, dan pemesanan bus dan shuttle lebih dari 1,5 kali lipat.

Dari sisi akomodasi, pemesanan meningkat hampir 70 persen pada periode Januari-Juni 2022 dibandingkan periode yang sama tahun lalu, dengan destinasi yang banyak diminati yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dan Semarang.

“Dibandingkan periode yang sama tahun lalu (Januari hingga September 2021), tahun ini kami juga melihat peningkatan jenis rental liburan mencapai dua kali lipat,” jelasnya.

Data internal Traveloka juga menunjukkan munculnya sejumlah tren di mana konsumen semakin sadar akan kesehatan mental dan pengalaman perjalanan yang berkelanjutan.

Beberapa tren ini termasuk perjalanan bisnis dan liburan (Leisure), termasuk kegiatan di luar ruangan untuk kesehatan seperti mendaki santai, perjalanan spa selama perjalanan bisnis, dan meningkatkan kesadaran kesehatan mental.

Lihat berita dan artikel lainnya Berita Google

Tonton video yang dipilih di bawah ini:

Konten Premium Nikmati konten premium untuk informasi lebih dalam Login / Daftar

Source: teknologi.bisnis.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button