Pura Segara Ulun Danu Batur, pura bersejarah dengan pemandangan alam yang menakjubkan di Bangli - WisataHits
wisatahits

Pura Segara Ulun Danu Batur, pura bersejarah dengan pemandangan alam yang menakjubkan di Bangli

Harga tiket: Rp50.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Mendaki Gunung Batur, Batur Tengah, Kec. Kintamani, Kab. Bangli, Bali; Kasus: Cek lokasi

Pura Segara Ulun Danu Batur memang sudah tidak asing lagi bagi sebagian wisatawan nusantara. Selain sebagai tempat ibadah, pura ini juga dijadikan sebagai tempat wisata alternatif dengan segala daya tarik yang dimilikinya. Tidak hanya wisatawan domestik, tetapi juga banyak wisatawan asing yang berduyun-duyun ke sana karena penasaran.

Bali dikenal sebagai pulau yang memiliki banyak tempat wisata. Pantai, air terjun, dan wahana adalah di antaranya. Tidak dapat disangkal bahwa Isle of the Gods lebih identik dengan pantainya. Banyak sekali pantai yang bisa dijadikan destinasi wisata bahari yang tidak membosankan.

Namun jangan salah, Bali juga dikenal sebagai pulau seribu pura. Hal ini dikarenakan banyaknya pura yang menjadi tempat peribadatan umat Hindu. Pada umumnya pura di Bali tidak hanya digunakan sebagai tempat peribadatan saja. Karena sebagian besar memiliki pesona, tempat ibadah ini juga menjadi tujuan wisata bagi sebagian wisatawan.

Objek wisata Pura Segara Ulun Danu Batur

Objek wisata Pura Segara Ulun Danu BaturKredit gambar: Google Maps Rian Fajar

Daya tarik Pura Segara Ulun Danu Batur cukup beragam, wisatawan yang datang pasti akan terkagum-kagum dengan apa yang dimiliki. Mereka bahkan mungkin lupa bahwa tempat yang mereka kunjungi memiliki fungsi utama sebagai tempat ibadah. Keindahan alam, arsitektur bangunan, nilai sejarah menjadi daya tarik tersendiri.

1. Sejarah Pura Segara Ulun Danu Batur

Pura yang juga menjadi objek wisata ini dibangun pada abad 10-11, tepatnya pada zaman Empu Kutura. Lokasinya berada di lereng Gunung Batur, tepatnya di sebelah barat. Pada tahun 1917, Gunung Batur meletus dan menyebabkan kerusakan pada candi ini. Tidak semuanya kalah, kecuali Pelinggih yang merupakan tempat ibadah.

Setelah terkena erupsi, warga sekitar membangunnya kembali dengan bangunan serupa sebelumnya. Ternyata pada tahun 1926, Gunung Batur kembali meletus dan meluluhlantahkan kawasan sekitarnya, termasuk Pura Segara Ulun Danu Batur. Namun lagi-lagi yang tersisa adalah Pelinggih dan masih utuh.

Karena tidak ingin kejadian itu terulang lagi, pura yang juga dikenal dengan Pura Batur itu akhirnya dipindahkan. Di tempat baru sejauh ini, memiliki ketinggian 900 meter di atas permukaan laut dan terletak tepat di sebelah Danau Batur. Penamaan Ulun Danu sendiri didasarkan pada kepercayaan Hindu terhadap sosok dewi pelindung.

Ulun Danu berarti dewi danau yang dipercaya sebagai pemberi anugerah alam berupa air. Bangunan candi ini sengaja diletakkan di tepi danau untuk menghormati Dewi Danu. Sejauh ini masih berfungsi dengan baik. Pada waktu-waktu tertentu sering diadakan upacara adat untuk memuja dewi yang memberikan air untuk mengairi sawah di sekitarnya.

2. Eksotisme Gunung Batur

Daya tarik pura Segara Ulun Danu Batur selanjutnya berasal dari lokasinya. Tempat ibadah ini terletak di lereng Gunung Batur pada ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Keeksotisan Gunung Batur bisa Anda lihat dengan jelas saat berada di area pura. Perbukitan di sekitarnya juga terlihat jelas dan menjadi daya tarik tambahan.

Pemandangannya semakin indah ketika kabut tipis menutupi sebagian pegunungan. Akan semakin sempurna ketika langit biru cerah menemani awan tipis yang berjalan tenang diterpa angin. Karena lokasinya yang tinggi, udara di sekitarnya sejuk dan menyegarkan, kondusif untuk penyembuhan untuk menghilangkan stres.

3. Ketenangan Danau Batur

Objek wisata Pura Segara Ulun Danu BaturKredit Gambar: Google Maps Frog aba

Seperti disebutkan sebelumnya, Pura Segara Ulun Danu Batur terletak tepat di tepi danau. Namanya selalu dikaitkan dengan lokasinya yang berada di tepi Danau Batur. Ukuran danau yang besar menjadi daya tarik tersendiri. Airnya tenang dan hanya membuat ombak kecil jika ditiup angin.

Menyaksikan arah danau mendapat bonus berupa perbukitan yang eksotis. Perpaduan ini seolah menyempurnakan keindahan alam yang dimilikinya. Tak heran jika saat ini banyak sekali orang yang datang dengan tujuan berwisata dan bukan untuk beribadah. Selain itu, baru-baru ini, banyak yang memposting di jejaring sosial tentang pesonanya.

4. Arsitektur candi

Pura Segara Ulun Danu Batur tidak hanya memiliki daya tarik keindahan alamnya tetapi juga dari arsitektur bangunannya. Sebelum memasuki area candi, Anda akan melihat bangunan unik yang megah. Bangunan mirip pintu yang disebut Candi Bentar itu seolah ingin menyambut wisatawan.

Di dalam candi terdapat beberapa bangunan candi. Ukuran setiap candi berbeda-beda, begitu pula dengan bentuk dan ornamennya. Candi-candi di sini memiliki tingkatan yang berbeda-beda dan juga dihiasi dengan meru. Cantik, unik dan mengesankan, jangan lupa bawa kamera terbaik untuk mengabadikannya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Pura Segara Ulun Danu Batur alamatKredit gambar: Google Maps Isabelle Hoffele

Ulasan singkat pura Segara Ulun Danu Batur di atas pasti menarik bagi Anda dan langsung membuat Anda ingin mengunjunginya. Destinasi anda kali ini berada di Desa Kalanganyar, Batur Selatan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Jarak dari Denpasar cukup jauh, sekitar 65 kilometer dengan perkiraan waktu tempuh 1h30.

Artinya, jika Anda berangkat dari Denpasar, tentunya akan lebih dekat jika lokasi Anda saat ini berada di Bangli. Dari Bangli, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menempuh jarak 8 kilometer. Sebagai landmark pertama, arahkan kendaraan ke arah Pura Petung, lalu ambil arah Jalan Raya Sekardadi.

Referensi selanjutnya ke Museum Geopark Batur lalu ke Jalan Windu Sara di Jalan Kedisan. Lanjutkan perjalanan hingga tiba di Jalan Pendakian Gunung Batur. Di sekitar 800 meter akan ada pertigaan yang harus Anda ambil ke arah yang benar. Dari belokan ini letak pura wisata ini tidak lebih dari 300 meter, silahkan cari lokasi parkir yang nyaman.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Masuk Pura Segara Ulun Datu BaturKredit gambar: Google Maps Surya Eka

Wisatawan yang berkunjung ke Pura Segara Ulun Danu Batur perlu membayar biaya sebagai tiket masuk. Untuk pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 50.000,- belum termasuk tiket parkir. Untuk parkir sebenarnya tergantung kendaraannya. Saat ini sepeda motor masih dikenakan tarif Rp2.000 dan mobil Rp5.000.

Wajib anda ketahui sebelum memasuki area pura bahwa anda harus mengenakan pakaian ibadah Hindu berupa Kamen. Ketentuan ini sudah ada sejak lama walaupun tujuannya hanya untuk berwisata. Juga, wanita yang sedang menstruasi tidak diperbolehkan masuk karena alasan kesucian.

Aktivitas Menarik yang Dapat Dilakukan di Pura Segara Ulun Danu Batur

Aktivitas Menarik Pura Segara Ulun Danu BaturKredit gambar: Google Maps Paganel Studio

Dengan segala daya tarik pura Segara Ulun Danu Batur, ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini. Tujuan utama wisatawan pada umumnya adalah untuk melihat kemegahan arsitektur candi dan juga pemandangan alamnya.

1. Nikmati pemandangan alam

Alamnya yang indah membuat Pura Batur semakin layak untuk dikunjungi. Meski bukan objek alam, namun keindahannya tidak kalah dengan beberapa tempat wisata alam yang pernah Anda kunjungi. Bagaimana tidak, eksotisme pegunungan dan ketenangan danau seakan menyatu membentuk suasana yang sempurna.

2. Mengunjungi lokasi Pura Segara Ulun Danu Batur

Mengelilingi lokasi pura Segara Ulun adalah aktivitas selanjutnya yang perlu Anda lakukan. Tentunya tidak hanya sekedar jalan-jalan, tapi menikmati setiap detail dari bangunan megah ini. Ornamen khas candi dapat dilihat di sini, bersama dengan berbagai bentuk candi yang menghiasi interiornya.

3. Berburu spot foto

Pesona alamnya indah, bangunan candinya juga asri, jadi sayang jika tidak mengabadikan setiap momennya. Berkunjung ke sini pasti sepi tanpa membawa pulang oleh-oleh berupa produk digital. Ada banyak lokasi yang cocok, baik dengan latar belakang alam maupun arsitektur candi.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pura Segara Ulun Danu BaturKredit Gambar: Google Maps Ryan Goh

Pura Segara Ulun memiliki fasilitas yang memadai karena sudah siap untuk dijadikan objek wisata. Tidak jauh dari lokasi pura, terdapat banyak warung makan dan restoran. Fasilitas utama yang terdapat antara lain tempat parkir mobil, toilet dan akomodasi yang dekat dengan lokasi.

Bali memiliki banyak pura yang juga dijadikan sebagai tempat wisata. Masing-masing memiliki keunggulan daya tarik tersendiri. Selain itu, keunggulan lain yang ditemukan berasal dari lokasinya. Pura Segara Ulun Danu Batur jelas memiliki keunggulan lokasi tepi danau dengan latar belakang Gunung Batur yang eksotis.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button