Karnaval Malam Wayang Jogja berlangsung minggu ini, menargetkan 20.000 wisatawan: Okezone Travel - WisataHits
Yogyakarta

Karnaval Malam Wayang Jogja berlangsung minggu ini, menargetkan 20.000 wisatawan: Okezone Travel

JUDUL Karnaval Malam Wayang Jogja ketujuh akan digelar pada Jumat, 7 Oktober 2022 sebagai puncak dari peringatan HUT Kota Yogyakarta ke-266. Acara ini bertujuan untuk menarik 20.000 wisatawan yang menikmati karnaval dengan konsep seni jalanan.

“Karena bisa diadakan secara tatap muka lagi, kami berharap sekitar 20.000 wisatawan akan hadir. Event terakhir yang digelar secara live pada 2019 ini dihadiri sekitar 15.000 wisatawan,” kata Andrini Wiramawati, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, di Yogyakarta, Senin (10/3/2022).

Menurutnya, kemeriahan Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) tahun ini hampir sama seperti saat digelar pada 2019 atau sebelum pandemi COVID-19.

BACA JUGA:5 Tempat Wisata Populer di Tapanuli Utara yang Diguncang Gempa M6

Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta bekerjasama dengan Pemerintah Kota Yogyakarta juga telah mengundang sejumlah tamu undangan dari luar daerah maupun dari dalam kota untuk menyaksikan kemeriahan karnaval seni jalanan tersebut.

“Kami hanya mengundang beberapa pejabat dari masing-masing daerah, tetapi yang menyatakan hadir melebihi undangan,” katanya, seperti dikutip Antara. DIBAWAH.

Sementara itu, pemesanan hotel di sekitar venue juga mulai meningkat, kata Andrini. WJNC #7 akan digelar di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Tugu dan akan berakhir di Jalan Margo Utomo.

Pada tahun 2022, WJNC juga berpartisipasi dalam Kharisma Event Nusantara untuk kedua kalinya sebagai event reguler terpopuler.

“Dengan memasukkannya sebagai agenda di KEN, sangat membantu kami untuk mempromosikan acara ini lebih luas lagi. “Semoga semakin banyak wisatawan yang datang,” ujarnya.

BACA JUGA:Ajak Pengusaha Singapura Investasi Pariwisata, Sandiaga: Kekuatan Indonesia Ada di wisata kesehatan

Promosi juga sedang dilakukan melalui Tourism Promotion Organization (TPO) yang memiliki sekretariat di Busan, Korea Selatan, dengan harapan acara ini bisa mendapat eksposur internasional.

Tahun ini, WJNC #7 mengangkat tema Lokananta Arjuna Anugraha. Penampil berasal dari seniman profesional dan penampil dari masing-masing kecamatan di kota Yogyakarta, 14 kecamatan dengan total peserta 500 orang.

Setiap kecamatan mengusung penokohan wayang yang berbeda dengan tetap mendukung tema karnaval secara keseluruhan.

“Semua kecamatan sudah kami periksa. Semua persiapan berjalan lancar. Bisa dibilang 80 sampai 90 persen,” ujarnya.

Sementara itu, tim kreatif WJNC #7 Bima Setyanugraha mengatakan karnaval akan tetap dilakukan dengan protokol kesehatan. Semua pemain harus mendapatkan vaksinasi booster sebelum acara dan tetap sehat setiap saat.

“Kami juga membatasi jumlah peserta dari setiap kecamatan. Maksimal 30 seniman, kecuali kecamatan Danurejan dan Mantrijeron yang sangat antusias,” ujarnya.

ilustrasi

Selama kegiatan berlangsung, jalan yang dilalui karnaval akan ditutup agar masyarakat dapat mengambil jalur alternatif agar tidak terjebak kemacetan.

“Pertunjukan seniman dari masing-masing kecamatan akan dipusatkan di Tugu Yogyakarta. Tidak ada tahapan tambahan pada jalur yang akan ditempuh karena masih dalam masa transisi pandemi,” ujarnya.

Ia juga berharap masyarakat tidak berkumpul di tugu Yogyakarta namun bisa menikmati WJNC dari Jalan Jenderal Sudirman hingga simpang Jalan Gowongan.


Source: travel.okezone.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button