Kamu harus mencoba! Itulah 5 makanan khas Gunungkidul - WisataHits
Yogyakarta

Kamu harus mencoba! Itulah 5 makanan khas Gunungkidul

Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta saat ini sedang menjalankan kegiatan branding bernama IniGunungkidul Campaign – The Ultimate Hidden Gem. kampanye.

Salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan daya tarik kawasan bagi wisatawan dan investor. Dengan dilaksanakannya kampanye IniGunungkidul – The Ultimate Hidden Gem, diharapkan kedepannya dapat memaksimalkan exposure berbagai destinasi wisata dan kuliner yang selama ini belum banyak dikenal di kalangan wisatawan.

Dengan ragam sumber daya wisata dan kuliner yang lengkap dan tidak boleh dilewatkan, kali ini Kabupaten Gunungkidul ingin mengangkat dan memperkenalkan lima makanan khasnya yang wajib dicoba oleh wisatawan. Mau tahu makanan khasnya apa saja? Berikut ratingnya!

1. Seafood Lezat di Gunungkidul

Kamu harus mencoba!  Itulah 5 makanan khas Gunungkidul Ilustrasi Makanan Laut. (pixabay.com/PublicDomainPictures)

Makanan pertama adalah makanan laut. Tentunya dengan banyaknya destinasi pantai, hasil laut juga bisa ditemukan di banyak sudut Gunungkidul. Contohnya adalah sajian lobster di Pantai Timang dan Pantai Sepanjang.

Wisatawan dapat menikmati makanan laut yang lezat ditemani dengan panorama pantai yang indah, yang membuat wisatawan betah menghabiskan waktu di sana.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Indah Di Samping Pantai di Gunungkidul Yogyakarta

2. Gatot Tiwul adalah makanan legendaris

Kamu harus mencoba!  Itulah 5 makanan khas Gunungkidul Gatot Tiwul, khas Gunungkidul. (Dok. Jogjaku)

Keistimewaan Gunungkidul yang kedua adalah Gatot Tiwul. Makanan legendaris ini dulunya merupakan makanan pokok masyarakat Gunungkidul, namun kini Tiwul sudah menjadi makanan ringan sehari-hari atau sering dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung.

Tiwul adalah makanan tradisional yang terbuat dari singkong yang dikeringkan, kemudian diolah menjadi tepung dan tepung singkong tersebut kemudian dikukus menjadi tiwul.Rasa manis dan gurih dengan tambahan gula jawa yang dicairkan memberikan rasa tiwul yang unik dan nikmat.

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

3. Walang Goreng adalah makanan khas yang unik

Kamu harus mencoba!  Itulah 5 makanan khas Gunungkidul Walang Goreng adalah makanan khas yang unik. (Dok TripZilla Indonesia)

Berikutnya walang goreng. Makanan unik ini tentu saja belalang goreng. Di daerah lain, serangga ini bisa dianggap sebagai hama pengganggu. Namun, berkat keterampilan dan kreativitas masyarakat dalam mengolah serangga yang kaya protein ini, walang goreng menjadi jajanan khas yang memiliki rasa gurih, renyah, dan nikmat.

Ada varian rasa yaitu gurih, manis dan pedas. Wisatawan tidak akan kesulitan menemukan jajanan khas ini, karena walang goreng bisa ditemukan di rumah-rumah produksi, di pinggir jalan, dan di toko-toko suvenir. Dengan harga yang bersahabat, wisatawan bisa menikmatinya langsung atau membawanya pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

4. Bakmi Jawa Piyaman wajib kamu coba!

Kamu harus mencoba!  Itulah 5 makanan khas Gunungkidul Bakmi Jawa Piyaman. (Dok. Pemerintah Kabupaten Gunungkidul)

Makanan berikutnya yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Gunungkidul adalah Bakmi Jawa Piyaman. Tentunya Piyaman sendiri merupakan sebuah desa di Gunungkidul yang mayoritas penduduknya menjual bakmi jawa.

Itulah sebabnya orang menyebut kawasan ini Kampung Bakmi Jawa. Tentunya dengan cita rasa bakmi jawa yang khas dan lidah yang bergoyang membuat makanan yang satu ini tidak bisa dilewatkan oleh para wisatawan.

5. Sayur Lombok Ijo merupakan masakan yang populer

Kamu harus mencoba!  Itulah 5 makanan khas Gunungkidul sayuran ijo Lombok. (Dok.Kabarkuliner.com)

Kuliner khas yang sangat populer selanjutnya adalah sayur ijo Lombok. Seperti namanya, sayur ini didominasi oleh cabai hijau yang dicampur irisan tempe, dimasak dengan santan dan bumbu lainnya. Dipadukan dengan nasi merah, gudek daun pepaya, trancam, tahu bacem dan empal goreng, menjadi sajian yang nikmat dan tak terlupakan.

Porsi lengkap menu makanan khas Gunungkidul ini bisa ditemukan di berbagai rumah makan yang ada di Gunungkidul lho. Itulah lima makanan khas Gunungkidul yang wajib kamu coba. Datanglah ke Gunugkidul dan nikmati pengalaman liburan yang sesungguhnya. (JARINGAN)

Baca Juga: 10 Penggiat Kesenian di Gunungkidul Terima Penghargaan dari Bupati

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button