Kota Gudeg Perluas Event Pariwisata Untuk Menarik Wisatawan, Jangan Lewatkan Jogja Night Carnival Wayang : Okezone Travel - WisataHits
Yogyakarta

Kota Gudeg Perluas Event Pariwisata Untuk Menarik Wisatawan, Jangan Lewatkan Jogja Night Carnival Wayang : Okezone Travel

MELAYANI Pariwisata Kota Yogyakarta akan memperluas pelaksanaan berbagai kegiatan pariwisata sebagai salah satu strategi untuk menarik wisatawan ke Kota Gudeg.

“Penyelenggaraan event ini dinilai cukup efektif untuk menarik wisatawan sebanyak-banyaknya ke Yogyakarta. Ini menjadi daya tarik wisata baru,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko seperti dikutip Diantara.

Menurutnya, Kota Yogyakarta ingin menjadi kota event dengan menyelenggarakan berbagai macam kegiatan untuk mendongkrak kunjungan wisatawan ke kota tersebut.

“Dengan banyaknya event yang berlangsung, bisa menjadi alasan bagi wisatawan untuk datang ke Yogyakarta dan kembali lagi nanti,” ujarnya.

Wahyu mengatakan penyelenggaraan event pariwisata tidak hanya menarik wisatawan lokal tetapi juga wisatawan mancanegara.

“Salah satunya adalah Sendratari Ramayana di Mandira Baruga atau disebut juga Purawisata. Panggung balet tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan, terutama wisatawan mancanegara,” ujarnya.

Infografis Wisata Malam Yogyakarta

Karena potensi tersebut, Wahyu berharap dapat mengembangkan lebih banyak kegiatan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Yogyakarta, meskipun kunjungan wisatawan saat ini cukup tinggi.

Hingga akhir Juli lalu, kunjungan wisatawan ke Yogyakarta tercatat 3,9 juta orang berdasarkan tingkat hunian hotel di kota tersebut, sehingga dimungkinkan jumlah wisatawan jauh lebih banyak dari data tersebut.

“Masih ada wisatawan yang hanya melakukan perjalanan sehari ke Yogyakarta, sehingga tidak dimasukkan dalam data. Karena itu, sangat mungkin jumlah wisatawan yang datang jauh lebih tinggi,” katanya.

Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta telah melampaui target kunjungan wisatawan pada tahun 2022 yang ditetapkan sebesar dua juta wisatawan.

Salah satu event besar yang akan digelar dalam waktu dekat adalah Karnaval Malam Wayang Jogja dalam rangka memperingati hari jadi kota Yogyakarta pada bulan Oktober.

Kegiatan yang sudah memasuki tahun ketujuh ini juga termasuk dalam acara Kharisma Nusantara yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif untuk mempromosikan promosi pariwisata seni dan budaya secara nasional.

Meski tingkat kunjungan wisatawan cukup baik, Wahyu mengaku masih memiliki pekerjaan rumah untuk menambah durasi kunjungan wisatawan menjadi minimal dua hari.

Saat ini rata-rata lama tinggal wisatawan di Yogyakarta hanya sekitar 1,8 hingga 1,9 hari.

Salah satu acara yang baru saja digelar adalah Festival Prawirotaman pada Sabtu 27 Agustus 2022 yang memasuki edisi ke-10 tahun ini.

“Acara rutin akan menjadi kekuatan bagi pariwisata di Yogyakarta, dan kami berharap kegiatan ini dapat terus diadakan secara rutin karena pariwisata masih menjadi penopang perekonomian Yogyakarta,” kata Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya.

Source: travel.okezone.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button