Karimunjawa Pulau Geleang - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Karimunjawa Pulau Geleang – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp50.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kepulauan Karimunjawa, Kab. Jepara, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Berbicara tentang pesona Pulau Karimunjawa memang tidak ada habisnya. Setiap sudut panorama menyuguhkan keagungan alam yang luar biasa. Deretan pulau terhampar indah dengan warna hijau yang menyejukkan. Di antara pulau-pulau tersebut, disarankan untuk mengunjungi Pulau Geleang, Jepara. Meskipun hanya sebuah pulau kecil, ia menawarkan ketenangan yang kondusif untuk relaksasi.

Atraksi Pulau Geleang

Atraksi Pulau GeleangKredit gambar: Google Maps Victor Freij

Menghabiskan waktu di Karimunjawa tidak cukup hanya satu atau dua hari saja. Padahal ada banyak pulau yang perlu dijelajahi hingga kepuasan terbayar. Ketika Anda mulai berencana untuk mengunjungi beberapa pulau di Karimunjawa. Jangan lewatkan untuk mengunjungi Pulau Geleang yang terkenal dengan sisi eksotisnya. Suasana pulau yang tenang dan tenteram membuatnya serasa berlibur di pulau pribadi.

Luas daratan Geleang hanya sekitar 24 hektar namun pesona alamnya melebihi ukuran pulau mini. Pengunjung akan disuguhi pemandangan pulau yang menawan, dengan perpaduan laut biru yang berkilauan. Hamparan pasir putihnya terbentang indah dan asri, serta tekstur pasirnya yang sangat lembut di kaki. Anda bisa menyusuri pantai sambil menikmati semilir angin. Menghirup udara segar khas pantai yang menenangkan pikiran kembali.

Di pinggiran pulau, deretan pohon kelapa dan pohon cemara mengelilingi seluruh pulau. Deretan pepohonan yang rindang melengkung apik di sepanjang tepi pantai, menambah nuansa eksotis. Pemandangan ini bisa digunakan bagi Anda yang menyukai fotografi. Karena bisa berfoto dengan panorama alam yang penuh nilai estetika. Tak heran jika fotografer profesional sering menggunakannya sebagai latar belakang untuk pemotretan.

Pengunjung disarankan untuk datang ke Pulau Geleang saat musim kemarau. Karena pada musim ini, angin cukup lemah, sehingga Anda bisa lebih puas menikmati liburan Anda. Selain itu, ombaknya cenderung kecil, sehingga aman jika ingin berenang di laut. Sebaiknya juga dikunjungi saat air laut surut, karena ada pantai landai di sisi barat. Anda juga bisa bermain di pasir putih saja.

Geleang sendiri memiliki beberapa spot terumbu karang yang eksotis, serta biota laut yang terdapat di sana. Keadaan kedalaman lautnya masih alami dan terjaga dengan baik. Karena ada peraturan khusus yang melarang wisatawan menyentuhnya. Salah satu keistimewaan perairan Geleang adalah adanya ikan pari yang dibiarkan berenang bebas di lautan. Oleh karena itu pengunjung disarankan untuk waspada saat snorkeling karena sengatan ekornya mengandung racun.

Alamat dan rute menuju lokasi Pulau Geleang

Alamat Pulau GeleangKredit gambar: Google Maps Kike Corral

Lokasi Pulau Geleang berada di sebelah barat Pulau Karimunjawa dan dapat ditempuh dengan menggunakan kapal. Berangkat dari pusat kota Jepara, Jawa Tengah ke Kepulauan Karimunjawa dalam waktu kurang lebih 3-4 jam. Sesampainya di sana, Anda harus menyeberangi lautan selama kurang lebih 1-1,5 jam. Sebelum berkunjung ke sini, pastikan Anda mengetahui jadwal kedatangan kapal. Karena tidak semua kapal bisa mengantar pengunjung ke Pulau Geleang.

Cobalah untuk tidak berkunjung selama musim hujan karena perjalanan akan lebih sulit untuk dilalui. Hal ini dikarenakan jumlah kapal yang aktif sangat sedikit, terkadang tidak ada kapal sama sekali. Saat musim hujan, angin dan ombak tidak bersahabat sehingga membahayakan keselamatan. Oleh karena itu, disarankan untuk memilih masa liburan, agar perjalanan Anda tidak terasa sia-sia setelah tiba di sini.

Biaya Perjalanan ke Karimunjawa Pulau Geleang

Biaya Tour Pulau GeleangKredit Gambar: Google Maps daniel Hakiki

Saat merencanakan liburan ke tempat wisata tertentu, tentunya Anda perlu mengatur anggaran. Hal ini diperlukan untuk menekan biaya seminimal mungkin, jika sesuai dengan isi tas. Sama halnya ketika ingin berlibur ke Pulau Geleang, Anda perlu mengatur biaya mulai dari transportasi hingga akomodasi. Meski terkesan sepele, harus menjadi prioritas utama, jika tidak ingin liburan kali ini berantakan.

Jika Anda ingin menghemat uang, Anda dapat melakukan perjalanan gaya backpacker. Biaya masuk ke Pulau Karimunjawa pada hari biasa hanya 5.000 rupee sedangkan di akhir pekan adalah 8.000 rupee. Untuk membuat biaya lebih murah, Anda bisa menggunakan perahu kelas ekonomi untuk menyeberangi Pulau Geleang. Untuk hari Senin, Rabu dan Sabtu tarif kapal sekitar 45 ribu, sedangkan Selasa, Kamis, Jumat ada kapal bisnis dengan tarif 150 ribu.

Untuk setiap aktivitas yang akan dilakukan di Pulau Geleang, pengunjung akan dikenakan tarif yang berbeda-beda. Setidaknya, Anda harus menyiapkan anggaran sekitar 200-300.000, jika ingin mencoba semua aktivitas tersebut. Ada baiknya Anda menganggarkan biaya akomodasi sekitar 80-200.000 per malam. Dengan demikian, total biaya kunjungan sekitar 1-1,5 juta rupiah dalam sekali perjalanan.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Geleang

Aktivitas di Pulau GeleangKredit gambar: Google Maps perawat kaky plenitude

Pulau kecil Karimunjawa ini populer di kalangan wisatawan karena pemandangan alamnya yang indah. Pengunjung diajak menikmati keindahan laut biru yang berpadu dengan pasir putihnya. Pulau ini jauh dari keramaian, sehingga Anda akan merasakan sensasi berlibur di pulau pribadi. Duduk dan bersantai di pasir lembut sambil merasakan angin sejuk.

Tidak hanya duduk-duduk di tepi pantai, di sini pengunjung bisa melakukan banyak aktivitas air. Karena Geleang kaya akan keindahan bawah laut, Anda bisa mencoba aktivitas snorkeling. Saat menyelam, pengunjung akan menjumpai berbagai biota laut yang jarang ditemukan di tempat lain. Salah satunya adalah clownfish dan ubur-ubur yang berenang bebas di sekitar lautan, serta kumpulan terumbu karang yang memukau.

Bagi Anda yang hobi memancing, Galeang menawarkan tempat berkumpulnya ikan-ikan besar. Anda tidak perlu khawatir dengan perlengkapannya, pengelola sudah menyediakannya untuk wisatawan. Pada siang hari, Anda dapat menikmati hidangan laut, yang dipanggang di atas barbekyu atau hanya dipanggang. Hidangan ikan bakar ini bisa dinikmati dengan nasi putih hangat. Sambil duduk santai di bawah rindangnya pepohonan di tepi pantai.

Sore hari, wisatawan dipersilakan untuk menyaksikan indahnya matahari terbenam dari Pulau Geleang. Sambil duduk di pinggir pantai atau gazebo kecil di sekitar pantai. Anda akan menyaksikan warna senja saat matahari kembali ke tempat tidurnya. Setelah itu, pengunjung dapat melanjutkan program berkemah di sepanjang pantai. Menikmati api unggun bernyanyi ria bersama teman-teman, di malam hari Anda akan melihat kerlap-kerlip gugusan bintang.

Akomodasi di Pulau Geleang

Akomodasi di Pulau GeleangKredit gambar: Google Maps aditamov adi

Jika terlalu rumit untuk mendirikan tenda atau jika Anda merasa tidak nyaman tidur di alam. Anda bisa menyewa akomodasi di sekitar pulau kecil ini. Memang budget yang dikeluarkan menjadi lebih banyak, namun memberikan kenyamanan yang berlebih. Ada baiknya untuk melakukan riset tentang akomodasi terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk memperkirakan anggaran yang akan dikeluarkan.

Pertama ada Inn hostel dengan fasilitas kamar double bed, kamar mandi pribadi dan lemari pakaian. Tarif per malam di asrama adalah 500.000 rupee. Yang kedua adalah guest house dengan desain bangunan yang lebih sederhana mirip dengan rumah biasa. Di sini penginapannya cukup mumpuni dan tarifnya dipatok Rp 250.000 per malam. Dan Homestay ketiga yang memiliki kisaran harga 80 hingga 450 ribu tergantung jenis kamarnya.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Geleang

Fasilitas Pulau GeleangKredit gambar: Google Maps Igor Magdalenić

Ada beberapa fasilitas yang disediakan pengelola pantai, untuk memenuhi kebutuhan wisatawan. Pertama ada perahu yang digunakan untuk mengangkut penumpang pada waktu-waktu tertentu. Kapal ini cukup besar dan dapat mengangkut sekitar 20-30 orang dalam sekali perjalanan. Selain itu, ada tempat persewaan alat pancing dan snorkling.

Selain itu, pengelola menyediakan materi perkemahan mulai dari tenda hingga senter. Dengan demikian, pengunjung cukup datang untuk menyewa peralatan sesuai kebutuhan. Anda tidak perlu khawatir untuk mandi keesokan harinya, karena ada wastafel air tawar yang dapat Anda gunakan. Selain itu, toilet di Geleang cukup memadai untuk membilas dan mengganti pakaian.

Jika Anda tidak ingin khawatir dengan budget yang banyak untuk berlibur, Anda bisa menggunakan jasa open trip. Karimunjawa menawarkan beberapa paket yang akan membuat liburan Anda lebih tenang. Anda cukup mengikuti petunjuk dari pemandu wisata dan tidak perlu khawatir akan menginap di mana. Karena semuanya sudah diatur oleh tour operator.

Saat berkunjung ke Karimunjawa, pastikan untuk berlibur di Pulau Geleang. Di sini Anda akan merasakan liburan seperti di pulau pribadi, karena sajian alamnya yang menenangkan. Banyak aktivitas yang bisa dinikmati, mulai dari snorkeling, memancing, hingga berkemah. Namun untuk datang ke pulau ini, Anda perlu melakukan reservasi terlebih dahulu. Karena jadwal penyeberangan kapal tidak menentu.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button