Curug Mariuk, destinasi wisata alam tersembunyi dan eksotis di Bogor - WisataHits
wisatahits

Curug Mariuk, destinasi wisata alam tersembunyi dan eksotis di Bogor

Harga tiket: Rp35.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Sukamulya, Kec. Sukamuka, Kab. Bogor, Jawa Barat.

Curug Mariuk adalah tempat wisata yang wajib dikunjungi oleh semua orang di Jonggol, Bogor. Destinasi tersebut memiliki keindahan yang dapat memukau wisatawan saat berada disana. Apalagi tempatnya masih alami karena dekat dengan hutan dan perkampungan.

Biasanya pada beberapa hari air terjun ini akan ramai dikunjungi pengunjung dari berbagai daerah. Anda yang berkunjung pasti betah karena tempatnya yang luas kondusif untuk permainan air.

Traveler bisa membawa sejumlah alat untuk bermain air. Selain itu, Anda juga bisa menghabiskan waktu bersama keluarga untuk menikmati suasana. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengunjungi Curug Mariuk di Bogor.

Daya tarik Curug Mariuk

Obyek wisata Curug MariukKredit gambar: Google Maps Mahendratta Sambodho

1. Kejernihan Air

Air terjun yang mencolok di Bogor ini tidak terlalu tinggi, namun airnya sangat jernih dan dingin. Air tampak biru muda ke biru kehijauan jika dilihat dari dekat. Apalagi sumber airnya dipercaya berasal dari gunung karena sejuk saat disentuh. Apalagi lokasi Curug Mariuk juga sangat dekat dengan beberapa gunung.

Kejernihan airnya menjadi daya tarik tersendiri untuk memikat para wisatawan. Biasanya saat liburan banyak traveler yang menghabiskan waktu dengan bermain air di sekitarnya. Pastinya akan membuat liburan semakin seru dan tidak membosankan. Tetapi Anda harus ingat untuk tidak membuang sampah sembarangan di sekitar air.

2. Lihat

Air terjun ini bisa dibilang cukup unik karena terletak di tengah pedesaan. Hal ini membuat kunjungan ke pemandangan alam yang terlihat begitu indah. Ada pepohonan rimbun yang akan Anda lewati dalam perjalanan mengunjungi Curug. Tak hanya itu, ada juga tumbuhan hijau dan berwarna-warni lainnya untuk melengkapi panorama kunjungan.

Anda juga bisa menikmati pegunungan dari arah air terjun ini. Traveler bisa melihat pemandangan dari dekat atau memotretnya langsung melalui kamera. Biasanya pada siang hari, air terjun ini akan terlihat indah karena sinar matahari langsung menyinari air. Sedangkan air terjunnya berwarna tosca jika terkena pantulan cahaya.

3. Suasana yang menenangkan

Curug Mariuk yang berada di tengah pedesaan membuat suasana menyejukkan. Apalagi air terjun ini dikelilingi perbukitan yang menyegarkan udara. Tempat wisata ini memang cocok digunakan untuk bersantai di tengah padatnya aktivitas. Anda bisa duduk-duduk di sekitar air terjun sambil menikmati suasana.

Destinasi alam ini juga jauh dari pemukiman penduduk karena dekat dengan hutan. Hal itu tentu membuat kunjungan jauh dari polusi dan hiruk pikuk aktivitas warga. Meski terlihat ramai saat liburan, namun Anda tidak perlu khawatir karena kawasan air terjun ini cukup luas. Sehingga para tamu dapat selalu bersantai dengan tenang sambil bercengkrama dengan teman-teman.

4. Tempatnya masih alami

Hal unik lainnya saat berlibur di Curug Mariuk adalah tempatnya yang masih terlihat alami. Adanya perbukitan, air terjun, dan pegunungan menunjukkan bahwa Curug merupakan objek wisata alam yang wajib dikunjungi. Kebersihan selalu dijaga dengan baik oleh para agen dengan menyediakan tempat sampah di sekitar.

Ketika Anda mengunjungi tempat itu, Anda tidak boleh merusak atau mencemarinya. Jagalah perilaku agar Curug selalu terlihat baik. Di daerah lain, beberapa tanaman penduduk sengaja dipanen untuk menambah kesejukan daerah tersebut. Oleh karena itu, lestarikan tempat rekreasi yang masih alami ini dengan memperhatikan aturan yang terdapat di sana.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat di Wisata Curug MariukKredit gambar: Google Maps Agia Andriani

Wisata Alam Curug Mariuk terletak di Desa Sukamulya, Bogor, Jawa Barat. Air terjun ini memang berada di tengah pedesaan yang memberikan suasana sejuk. Biasanya tempat tersebut selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun lokal. Selain itu juga menawarkan angkutan umum berupa ojek dan persewaan travel untuk tamu luar kota.

Anda yang berkunjung bisa mengambil petunjuk arah dari Jonggol agar cepat sampai ke lokasi air terjun. Lanjutkan menuju Jalan Raya Dayeuh dan terus lurus hingga menemukan Jalan Sukaraja Dayeuh. Kemudian masuk ke kawasan Jalan Lintas Tiga yang letaknya tidak jauh dari desa Sukamulya. Jika sudah sampai di tempat wisata, Anda harus berjalan kaki beberapa meter menuju air terjun.

Wisatawan yang baru pertama kali berkunjung ke Bogor tidak perlu takut karena lokasi wisata mudah diakses melalui Google Maps. Di sepanjang jalan juga disediakan rambu-rambu untuk memudahkan tamu berlibur. Selain itu, Anda juga bisa bertanya kepada penduduk setempat. Nikmati perjalanan seru melihat hiruk pikuk suasana di desa.

Harga tiket masuk objek wisata

Tiket Wisata Curug MariukKredit gambar: Twitter Malik

Harga tiket Curug Mariuk memang sedikit mahal, namun sangat sesuai dengan panorama yang ditawarkan. Harganya Rp 35.000 per orang dan berlaku untuk dewasa dan anak-anak. Harga tersebut sudah termasuk biaya parkir dan sewa pemandu wisata untuk menemani Anda selama menginap. Anda juga bisa menikmatinya dari pagi hingga malam hari.

Biasanya turis mancanegara akan dikenakan tarif yang sedikit tinggi untuk menambah pendapatan pariwisata. Pemudik dengan rombongan bus juga dikenakan tarif tiket parkir berbeda Rp 5.000. Anda dapat menempatkan kendaraan pribadi Anda di lahan yang telah disediakan. Apalagi di sana aman karena dijaga langsung oleh agen setempat.

Biaya yang ada digunakan untuk pengembangan dan peningkatan pariwisata agar lebih baik. Anda bisa membawa makanan sendiri dari rumah karena lokasi air terjun jauh dari toko. Tentunya bisa menghemat budget Anda selama berlibur di Curug Mariuk. Oleh karena itu, jangan lupa singgah di tempat tujuan untuk menikmati keindahan yang tampak memukau.

Kegiatan seru yang bisa dilakukan di Curug Mariuk

kegiatan wisata Curug MariukKredit gambar: Google Maps Macgyver JS

1. Berenang

Air terjun cantik yang memiliki ketinggian sekitar 2 meter ini membuat destinasi ini cocok untuk berenang. Selain itu, airnya begitu jernih dan dingin saat disentuh karena berasal dari resapan air hujan. Selain itu, lokasi air terjun juga dekat dengan pegunungan yang menjadi sumber airnya. Anda bisa berenang menikmati segarnya air terjun.

2. Abadikan momen

Kamera atau smartphone sangat penting dibawa berlibur untuk wisata alam. Apalagi di kawasan Curug Mariuk menawarkan tempat-tempat menarik yang akan membuat foto Anda terlihat bagus. Tak hanya itu, traveler juga bisa mengabadikan momen lewat rekaman video. Hasil jepretan yang bisa dijadikan oleh-oleh saat kunjungan wisata.

3. Piknik

Piknik adalah sesuatu yang disukai sebagian orang saat datang ke destinasi alam. Anda bisa membawa makanan, tikar, dan peralatan memasak untuk menikmati piknik. Suasana sejuk dengan suara air yang mengalir pasti akan membuat Anda senang. Jadi usahakan untuk piknik bersama kerabat agar liburan semakin seru dan tidak membosankan.

4. Mainkan air

Bagi wisatawan yang tidak bisa berenang, bisa saja bermain air di sekitar air terjun cantik ini. Anda tidak perlu takut karena airnya tidak terlalu dalam dan arusnya tidak terlalu deras. Namun pengunjung harus berhati-hati karena di dalam air terdapat bebatuan yang licin. Selain itu, kamu juga bisa membawa jaket pelampung agar aman saat bermain air di sekitarnya.

5. Kamp

Kegiatan di Wisata Curug MariukImage Credit: Penyelenggara Facebook Wisata Alam Sentul Bogor

Saat liburan, biasanya banyak pelanggan yang melakukan kegiatan berkemah di kawasan Curug Mariuk. Traveler bisa membawa tenda, makanan, pakaian cadangan, dan perlengkapan lainnya. Namun, Anda harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari agen sebelum berkemah. Yang terpenting jangan sampai mencemari area setelah berkemah di kawasan wisata.

6. Santai

Suasana Curug yang menyejukkan memang kondusif untuk relaksasi. Udaranya segar karena tanaman di sekitarnya terlihat begitu segar. Anda bisa duduk di kursi untuk menikmati suasana air terjun yang jauh dari hiruk pikuk kota. Suasana seperti ini jarang ditemui dan bisa membuat badan menjadi adem.

7. Jelajahi

Lokasi Curug Mariuk yang dekat dengan hutan dan perbukitan banyak digunakan untuk eksplorasi. Pepohonan yang rimbun dapat dinikmati dari dekat sambil menjelajahi hutan di sana. Anda bisa merasakan suasana yang masih alami karena kawasan ini masih terlihat hijau. Jangan lupa siapkan bekal air minum sebelum menjelajahi hutan.

8. Nikmati pemandangannya

Ada banyak panorama alam di sirkuit ini. Ada air yang mengalir dari ketinggian tertentu ke tangki. Ada juga pepohonan dan tumbuhan hijau lainnya yang mengelilingi air terjun agar terlihat asri. Traveler bisa menikmatinya dari dekat atau mengabadikan pemandangan alam ini melalui kamera.

9. Mengunjungi desa

Desa-desa di dekat Curug bisa dikunjungi langsung oleh wisatawan. Di sana Anda bisa melihat aktivitas penduduk desa dan merasakan suasana yang nyaman. Selain itu, di areal perkampungan banyak terdapat rumah-rumah yang masih tradisional dan dikelilingi oleh tebu, jagung dan masih banyak lainnya. Kegiatan ini pasti akan membuat sebagian orang senang.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Curug Mariuk BogorKredit gambar: Facebook Arif Saputra

Curug Mariuk menyediakan beberapa fasilitas penunjang untuk melengkapi kawasan wisata. Ada kamar mandi tempat Anda bisa mandi setelah bermain air. Yang terpenting jangan mengotori kamar mandi dan gunakan sesuai kebutuhan. Lalu ada juga tempat ganti baju di dekat toilet umum.

Di setiap area air terjun dilengkapi dengan beberapa tempat duduk untuk bersantai sambil melihat pemandangan alam. Selain itu, ada juga musholla kecil yang bisa digunakan untuk sholat dan istirahat. Bagi traveler yang membawa kendaraan pribadi, bisa ditaruh di tempat parkir yang sangat luas. Ini dapat menampung lebih dari 30 kendaraan tamu.

Kawasan wisata ini belum memiliki warung yang menjual makanan berat. Oleh karena itu, pengunjung harus membawa perbekalan dan peralatan sendiri untuk bermain air. Namun tidak perlu khawatir karena di desa dekat lokasi air terjun ini ada yang berjualan jajanan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai Curug Mariuk di Jonggol Bogor yang memiliki keindahan tersendiri. Anda yang berada di wilayah Bogor bisa mengunjungi destinasi ini untuk menikmati kejernihan airnya. Jangan lupa ajak teman atau keluarga agar liburan jadi menyenangkan. Selain itu, persiapkan juga peralatan lengkap yang diperlukan saat kunjungan lapangan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button