Pulau Menjangan Kecil Karimunjawa - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Pulau Menjangan Kecil Karimunjawa – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp30.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Desa Karimunjawa, Kec. Karimunjawa, Kab. Jepara, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Liburan adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh sebagian besar orang untuk kembali beraktivitas sebelum melanjutkan aktivitas rutinnya. Mungkin mengunjungi mall atau wahana sudah menjadi hal yang sering dilakukan bagi anda yang tinggal di kota. Maka untuk menghabiskan liburan yang berbeda, Anda harus menyempatkan diri untuk mengunjungi pulau-pulau kecil yang memiliki sejuta pesona, antara lain pulau Menjangan Kecil, Karimunjawa, Jepara.

Atraksi pulau kecil Menjangan

Daya tarik pulau kecil MenjanganKredit gambar: Google Maps Shafigh Pahlevi Lontoh

Raja Ampat di Papua menawarkan keindahan bawah laut yang menakjubkan, tak heran tempat wisata ini banyak menarik wisatawan untuk berkunjung. Namun, bagi Anda yang berada di pulau Jawa, tidak perlu jauh-jauh ke Raja Ampat untuk menikmati surga bawah lautnya. Berkunjung ke Pulau Menjangan Kecil, Karimunjawa akan memberikan Anda pengalaman liburan yang tidak jauh berbeda dengan wisata di Kepulauan Raja Ampat.

Menyaksikan air laut yang jernih dengan keindahan terumbu karang dengan berbagai jenis ikannya bukan lagi mimpi. Anda bahkan bisa menonton dan berinteraksi langsung dengan ikan nemo yang sering muncul di film-film. Karena pesonanya, pulau ini sering disebut sebagai pulau terindah di Karimunjawa. Maka tak heran jika pulau ini menjadi spot favorit wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tak hanya keindahan bawah laut yang indah, hamparan pasir putih dengan deburan ombak pantai menjadi pemandangan yang tak kalah menarik. Menikmati suasana pantai ini akan membuat Anda melupakan semua beban yang membebani pikiran Anda. Angin sepoi-sepoi akan menciptakan suasana hati yang baik. Berlibur di pulau Menjangan Kecil memang lebih tepat jika dilakukan bersama orang-orang terdekat, baik keluarga maupun sahabat.

Alamat dan rute menuju pulau kecil Menjangan Lokasi

Alamat pulau kecil MenjanganKredit gambar: Google Maps Khusnul Ulum

Pulau Menjangan Kecil adalah sebuah pulau di sebelah selatan Pulau Menjangan Besar. Atau lebih tepatnya terletak di sebelah barat daya pulau Karimunjawa. Pulau kecil ini tidak berpenghuni dan dikelola oleh PT. Mimpi awan. Penduduk setempat hanya memanfaatkan lahan pulau ini untuk perkebunan kelapa. Karena terletak di luar pulau Jawa, tentunya Anda membutuhkan transportasi perahu untuk menuju pulau ini.

Untuk perjalanan darat, Anda bisa mengarahkan tujuan Anda ke Pelabuhan Jepara di Jawa Tengah. Selain itu, dari pelabuhan, Anda dapat melanjutkan penyeberangan pulau dengan menggunakan kapal feri. Perjalanan dari Pelabuhan Jepara ke Pulau Menjangan Kecil memakan waktu sekitar 5 jam. Sayangnya, feri ini tidak tersedia sepanjang waktu, sehingga Anda perlu memastikan sebelum berangkat tentang waktu keberangkatan feri yang mengangkut ke pulau kecil ini.

Akan lebih aman lagi jika Anda menggunakan paket wisata yang biasanya ditawarkan oleh agen perjalanan. Selain memudahkan Anda dalam melakukan perjalanan, menggunakan paket wisata juga dinilai lebih hemat karena Anda hanya perlu membayar sekali untuk akomodasi. Jadi Anda tidak perlu merogoh kocek lebih dalam untuk menikmati berbagai fasilitas tambahan yang disediakan di Pulau Menjangan Kecil Karimunjawa.

Biaya Perjalanan ke Pulau Menjangan Kecil

Biaya mengunjungi pulau kecil MenjanganKredit gambar: Google Maps Shafigh Pahlevi Lontoh

Untuk tiket masuk ke pulau kecil ini, Anda perlu membayar di loket pembayaran sekitar sepuluh ribu rupiah. Namun, komisi remunerasi ini dapat berubah sewaktu-waktu tergantung manajer setempat. Akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan jasa agen perjalanan yang biasanya menawarkan paket dengan harga terjangkau. Jadi tidak perlu memikirkan biaya lain termasuk tiket masuk ke Pulau Menjangan Kecil.

Biaya snorkeling dan dive sendiri biasanya tergantung dari paket yang Anda pilih. Namun, paket snorkeling biasanya sudah menyediakan peralatan snorkeling lengkap. Selain itu, diving dan snorkeling ditawarkan termasuk beberapa destinasi di lokasi lain seperti Pulau Cemara, Pulau Menjangan Besar dan juga di Karang Bintang. Saat Anda berlibur, Anda juga perlu mempertimbangkan cuaca saat itu.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Menjangan Kecil

Aktivitas di pulau kecil MenjanganKredit gambar: Google Maps Faisal Farezi

Karena keindahan bawah lautnya, aktivitas yang paling menarik di tempat wisata ini tentu saja menyelam di kolom air. Diving dan snorkeling memang menjadi kelebihan yang ditawarkan saat mengunjungi tempat wisata ini. Ada banyak tempat bagus untuk Anda yang mencari foto saat musim liburan. Tidak perlu khawatir liburan mengecewakan karena Anda bisa menggunakan pemandu profesional.

Selain itu, pemandu yang berpengalaman juga akan membantu Anda menikmati sensasi menyelam ke dalam keindahan bawah laut pulau ini. Perairan yang tenang dengan air yang sangat jernih akan membuat penyelaman Anda di pulau ini semakin berbeda. Terumbu karang yang indah dan unik biasanya didominasi oleh Montipora Foliosa dengan warna mulai dari putih, kuning hingga keemasan, terdapat batu besar berwarna merah yang bisa dijadikan tempat peristirahatan.

Namun, untuk menyelam di tempat ini, Anda perlu lebih berhati-hati karena terumbu karang yang tumbuh di tempat ini harus dijaga dengan baik agar tidak rusak. Juga, terumbu karang ini membutuhkan lebih banyak waktu untuk bertahan hidup dan tumbuh lebih jauh. Selain snorkeling dan diving, Anda juga bisa memberi makan ikan-ikan di pulau cantik ini. Ada juga ayunan yang bisa Anda gunakan sambil menikmati pemandangan pantai di Pulau Menjangan Kecil.

Akomodasi di Pulau Menjangan Kecil

Akomodasi di pulau kecil MenjanganKredit Gambar: Google Maps Muhammad Lutfi

Tidak sulit mencari penginapan di tempat ini, dimana Menjangan Kecil Resort berada yang sudah berdiri sejak tahun 2006 lalu. Hostel ini sangat cocok bagi Anda yang ingin merasakan suasana yang lebih tenang dan jauh dari keramaian. Ada beberapa bungalow dengan fasilitas lengkap. Malam hari di tempat ini akan membuat Anda lebih bisa menikmati keindahan alam.

Tidak seperti kamar mewah pada umumnya, resor Menjangan menawarkan kamar dengan desain yang lebih natural. Namun, ada parabola untuk memudahkan Anda yang ingin menonton TV saat liburan. Selain itu, hostel ini juga menyediakan air yang jernih. Selain itu, hostel ini juga memiliki restoran yang menawarkan berbagai hidangan lezat untuk mengisi perut Anda selama menginap.

Lokasinya yang dekat dengan pantai membuat hostel ini sangat strategis. Di pagi hari Anda bisa menyaksikan indahnya matahari terbit dari ujung timur. Sedangkan pada sore hari, Anda bisa berjalan-jalan di sekitar kawasan sambil menyaksikan keindahan matahari terbenam. Keuntungan lain tinggal di pulau kecil ini adalah Anda bisa beristirahat dengan nyaman.

Fasilitas di Pulau Menjangan Kecil

Fasilitas Kecil Pulau MenjanganKredit gambar: Google Maps Ilham Muhammad

Meski pulau kecil ini tidak berpenghuni, bukan berarti Anda harus berjuang keras untuk mendapatkan fasilitas yang lengkap. Selain itu, tempat wisata ini dikelola oleh sebuah perusahaan. Oleh karena itu tidak sulit bagi Anda yang ingin berlibur tanpa terkendala dengan fasilitas yang terbatas. Apalagi jika Anda sudah menggunakan paket wisata yang lengkap maka fasilitas yang Anda dapatkan saat berlibur di tempat ini juga lebih banyak.

Pulau Menjangan Kecil telah menyediakan titik pengamatan yang dapat digunakan untuk beristirahat dan menikmati pemandangan sekitar. Apalagi fasilitas lain seperti tempat makan dan toilet juga mudah ditemukan di pulau kecil ini. Dengan berbagai fasilitas yang disediakan, Anda bisa menikmati liburan yang lebih menyenangkan di Pulau Menjangan, Karimunjawa.

Ada fasilitas terapi laut dimana Anda bisa menikmati air laut dengan kandungan garam yang cukup tinggi. Terapi laut juga dipercaya mampu menghilangkan berbagai penyakit. Jangan takut untuk melakukan ini, karena Anda akan ditemani oleh pemandu yang sangat berpengalaman. Lokasi terapi ini tidak jauh dari hostel dan dikelilingi pemandangan hijau sehingga wisatawan bisa menikmati terapi sambil melihat pemandangan.

Pulau Menjangan Kecil menjadi destinasi liburan yang tepat jika ingin menikmati keindahan terumbu karang dan spesies hewan laut lainnya. Selain itu, pulau kecil ini juga menawarkan fasilitas yang cukup lengkap mulai dari toilet, tempat makan hingga akomodasi. Namun, ketika berlibur di pulau ini, Anda harus mematuhi aturan yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola. Juga, lebih baik memesan terlebih dahulu sebelum mengunjungi salah satu pulau terindah ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button