Kamu pasti tahu Trenggalek terkenal dengan wisata dan 11 hal ini - WisataHits
Jawa Timur

Kamu pasti tahu Trenggalek terkenal dengan wisata dan 11 hal ini

Berita dari Trenggalek – Kabupaten Trenggalek terletak di sisi selatan pulau Jawa. Berbatasan langsung dengan Kabupaten Pacitan di sebelah barat, Kabupaten Tulungagung di sebelah timur, dan Kabupaten Ponorogo di sebelah barat daya.

Trenggalek memiliki kekayaan keanekaragaman hayati dan budaya. Jika Anda bertanya Trenggalek terkenal dari apa? Sehingga ada beberapa wisata dan budaya yang dikenal secara nasional maupun internasional.

iklanJadwal pembentukan lembaga KPU ad hoc

Kekayaan ini disebabkan letak Trenggalek yang strategis secara geografis dan budaya. Secara geografis Trenggalek terletak di daerah pegunungan. Dan secara kultural, Trenggalek menyatukan berbagai budaya besar dari kerajaan-kerajaan yang pernah ada di Pulau Jawa. Seperti Mataram, Kadiri, Ngayogyakarta dan lainnya.

Apa yang terkenal dengan Trenggalek?

1. Wisata pantai yang banyak dan indah

Wisata pantai trenggalek instagramableWisata Pantai Trenggalek instagramable/ Foto: @okik_wijaya (Instagram)

Sebelah selatan Trenggalek berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Termasuk wilayah pesisir selatan pulau Jawa.

Pantai selatan Jawa terkenal dengan keindahannya. Karena masih bersih dan asri, membedakan dirinya dengan pesisir utara Pulau Jawa yang sudah terindustrialisasi.

Saat Anda berkunjung ke Trenggalek, ada banyak pantai yang bisa Anda kunjungi. Pantainya banyak terbentang mulai dari Kecamatan Panggul, Munjungan hingga Watulimo.

2. Durian Ripto

Jokowi menikmati durian ripto khas TrenggalekJokowi menikmati Durian Ripto khas Trenggalek/ Foto: @avinml (Instagram)

Trenggalek terkenal sebagai tempat produksi durian. Salah satu durian yang terkenal adalah durian ripto. Saat peresmian Bendungan Tugu, Presiden Jokowi berkunjung ke Trenggalek dan disuguhi Ripto Durian.

Ripto Durian ditanam oleh petani dari Desa Dukuh di Kecamatan Watulimo. Namanya Suripto, durian yang kini dikenal luas di seluruh nusantara.

3. Kota Pensiun

Alun-alun Kabupaten TrenggalekAlun-alun Kabupaten Trenggalek/ Foto: Berita Trenggalek

Sebagian besar penduduk Trenggalek adalah pendatang. Mereka mencoba peruntungan di kota manusia. Setelah kembali ke Trenggalek, mereka akan menghabiskan masa senja di tempat kelahirannya.

iklan

Selain itu, kondisi Trenggalek yang tenang digandrungi banyak orang sebagai tempat rekreasi. Tak ayal sebagian orang menyebutnya sebagai kota pensiunan.

4. Kesenian Turangga Yakso

Tari Jaranan Turangga YaksaTari Jaranan Turangga Yaksa/Foto: Gilang Tri Subekti (Facebook)

Kesenian Jaranan Turangga Yakso merupakan karya dari Pak Pamrih (almarhum). Apa beda seni jaranan ini dengan jaranan biasa? Karena harta kuda diganti dengan buto.

Tari Jaranan ini memiliki filosofi rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat-Nya. Tari Jaranan Turonggo Yakso merupakan bagian dari tradisi Baritan. Sebuah tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Dongko saat musim panen.

Bahkan bisa dikatakan bahwa tarian ini merupakan simbol dari Trenggalek itu sendiri. Tarian ini terkenal di Indonesia dan menjadi ikon kesenian Trenggalek.

5. Anyelir

CengkehAnyelir/Foto: Pexels

Selain durian, cengkih merupakan komoditas pertanian lain yang dihasilkan Trenggalek. Tumbuhan ini diyakini sudah menginvasi Trenggalek sejak zaman kolonial.

Sampai saat ini Cloveware menjadi komoditas unggulan Trenggalek. Namun, beberapa tahun lalu, petani anyelir hanya bisa gigit jari. Pasalnya, harga jual cengkih kering anjlok tak terbendung.

Meskipun demikian, masyarakat tetap menanam anyelir dan kini harganya berangsur-angsur membaik. Dan masih merupakan barang unggulan.

6. Makanan laut

Ikan hasil tangkapan nelayan TrenggalekNelayan Trenggalek menangkap ikan/ Foto: Trenggalek News

Keunggulan Kabupaten Trenggalek yang terletak di kawasan pesisir selatan pulau Jawa selain memiliki pantai yang banyak, terletak pada hasil lautnya berupa perikanan tangkap.

Perikanan Trenggalek merupakan salah satu komoditas unggulan. Karena daerah dengan hasil perikanan tertinggi berada di kecamatan Watulimo. Ada juga pusat pengepakan ikan.

7. Gua terpanjang di Asia Tenggara

Gua Trenggalek LowoGua Trenggalek Lowo/ Foto: Dokumen Khusus

Trenggalek, sebagai kawasan yang dilintasi bebatuan karst, tidak hanya memiliki banyak mata air, tetapi juga gua terpanjang di Asia Tenggara. Gua yang dimasuki adalah Goa Lawa (diucapkan Lowo).

Gua ini terletak di Kecamatan Watulimo, lebih tepatnya di Desa Watuagung. Gua ini berada di dekat jalur utama yang menghubungkan pusat Kabupaten Watulimo dan Kabupaten Tulungagung (Kabupaten Bandung).

Berdasarkan catatan Disparbud Kabupaten Trenggalek Goa Lawa memiliki panjang kurang lebih 2000 meter. Namun, demi keamanan dan alasan lain, pengunjung hanya bisa menjelajah sekitar 850 meter.

8. Hutan durian terluas di dunia

Lezatnya buah durian di Desa Wisata DurensariNikmatnya buah durian di Desa Wisata Durensari/ Foto: Kabar Trenggalek

Hutan durian terluas di dunia ada di Trenggalek. Hutan durian ini terletak di Desa Sawahan di Kecamatan Watulimo. Dengan luas 650 hektar. Sehingga saat musim durian tiba, sangat mudah menemukan pedagang durian. Bahkan hutan durian ini dijuluki Hutan Durian Internasional.

Dengan demikian, durian merupakan komoditas unggulan dari Trenggalek. Luasnya hutan buah durian ini sangat membantu perekonomian warga setempat. Karena harga jual buah durian ini sangat menggiurkan.

9. Trenggalek terlihat kecil dan kurus

Trenggalek terlihat mini dan sempitTrenggalek terlihat pendek dan kurus/ Foto: @agoengsevi (Instagram)

Ada orang yang mengatakan bahwa Trenggalek terlihat kecil dan kencang. Padahal, wilayah Kabupaten Trenggalek sekilas terlihat kecil jika diperhatikan melalui Google Maps dibandingkan dengan kabupaten-kabupaten di sebelahnya.

Dalam esai yang dimuat di Nggalek.co berjudul “Mengapa Kabupaten Trenggalek Terlihat Kecil dan Sempit?” yang ditulis oleh Misbahus Surur menjelaskan mengapa kota ini terlihat kecil dan sempit.

Pasalnya, Trenggalek didominasi oleh kawasan pegunungan. Akibatnya, kawasan perkotaan kalah luas dengan kabupaten tetangga, seperti Tulungagung. Kabupaten Trenggalek sendiri memiliki luas 126.140 hektar.

Sehingga Trenggalek akan terlihat sempit jika hanya dilihat dari kawasan kota atau pusat keramaian. Namun melihat Trenggalek secara keseluruhan, termasuk kawasan pegunungan, kota ini sangat luas dan membuat penasaran untuk menginjakkan kaki di setiap desanya.

10. Konsesi pertambangan emas terbesar di Jawa

Konsesi Pertambangan Trenggalek adalah tambang emas terbesar di JawaKonsesi Pertambangan Trenggalek, tambang emas terbesar di Jawa/ Foto: Far East Gold

Keindahan dan potensi kekayaan hayati Trenggalek yang begitu melimpah kini terancam keberadaan IIUP OP PT Sumber Mineral Nusantara. Dimana PT SMN berencana menambang Trenggalek dengan luas lebih dari 12.000 hektar. Dan menurut catatan, kawasan ini merupakan konsesi tambang emas terbesar di Pulau Jawa.

Namun, warga Trenggalek tak tinggal diam melihat tanah kelahirannya akan rusak dengan keberadaan tambang emas PT SMN ini. Berbagai upaya penolakan dilakukan. Dan baru-baru ini, warga yang tergabung dalam Aliansi Rakyat (ART) Trenggalek melakukan audiensi dengan tiga kementerian di Jakarta.

Ketiga kementerian tersebut adalah KLHK, KESDM dan ATR/BPN. Dan dalam audiensi ini, masyarakat Trenggalek telah menyampaikan aspirasinya terkait penentangan terhadap tambang emas yang akan merusak alam Trenggalek. Dan semoga perjuangan masyarakat Trenggalek untuk melestarikan alamnya dapat berbuah manis. #TolakTambangEmas #PTSMMNMinggato.

11. Sekretaris Pertama Pertahanan RI

Supriyadi, pahlawan Trenggalek yang memberontak di hari ValentineSupriyadi, pahlawan Trenggalek yang memberontak di Hari Valentine/ Foto: Wikipedia

Pentolan pemberontakan PETA di Blitar, yakni Supriadi, merupakan menteri pertahanan pertama Republik Indonesia. Pria kelahiran Trenggalek pada 13 April 1923 ini pernah menjadi prajurit PETA. Kemudian, pada tanggal 14 Februari 1945, ia memimpin Pemberontakan PETA yang merupakan tentara pribumi bentukan Jepang.

Pada masa pemberontakan, kelompok Supriadi kalah. Namun, pemberontakan ini membuat Jepang curiga terhadap koloni mereka. Karena dengan inisiasi Supriadi dan kawan-kawan, maka seluruh rakyat Indonesia bisa bersatu untuk menumbangkan Jepang.

Hingga akhirnya pada hari kemerdekaan Indonesia. Pada tanggal 17 Agustus 1945, Presiden pertama mengangkat Bung Karno Supriadi menjadi Menteri Pertahanan. Namun, Supriadi tak kunjung muncul. Keberadaannya masih menjadi misteri setelah Indonesia merdeka. Dan itu tidak menutup kemungkinan Supriadi menjadi menteri pertahanan pertama Indonesia, sekalipun tidak memenuhi panggilan presiden saat itu.

12. Memiliki dua pulau terluar di Indonesia

IMG 20221217 145350Suasana Pulau Terluar Trenggalek/Foto: Kabar Trenggalek

Di sisi selatan, Trenggalek juga memiliki total 52 pulau. Dan dua dari pulau-pulau ini terletak di lepas pantai luar untuk menginvasi wilayah Samudra Hindia. Kedua pulau ini terpencil dan hanya bisa dicapai dengan perahu nelayan besar.

Bagi tim patroli angkatan laut, pulau ini sering dijadikan tempat berlabuh di tengah laut. Kedua pulau ini diberi nama Pulau Sekel atau Ngekel dan Pulau Panikan. Pulau Sekel terletak pada 08°24’9″ Lintang Selatan – 111°42’41 Bujur Timur. Pulau ini berjarak sekitar 7,4 km dari Pelabuhan Perikanan Kepulauan Prigi (PPN). Sedangkan Pulau Panikan terletak pada 08°24’9″ Lintang Selatan – 111°42’41 Bujur Timur atau sekitar 23 mil dari Prigi. Dan kedua pulau tersebut tidak berpenghuni.

iklan

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button