Kapal motor F1 di Danau Toba diperkirakan akan memberikan dampak ekonomi sebesar Rp 250 miliar - WisataHits
Jawa Timur

Kapal motor F1 di Danau Toba diperkirakan akan memberikan dampak ekonomi sebesar Rp 250 miliar

Kapal motor F1 di Danau Toba diperkirakan akan memberikan dampak ekonomi sebesar Rp 250 miliar

TEMPO.CO, jakarta – Pemerintah menargetkan penyelenggaraan F1 World Power Boat Championship (F1 H2O) dalam waktu dekat di Danau Toba di Sumatera Utara akan memberikan dampak ekonomi yang besar. Acara besar tersebut akan berlangsung dari tanggal 24 hingga 26 Februari 2023.

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo mengatakan ajang F1 powerboat merupakan upaya pemerintah untuk menghidupkan kembali pariwisata Indonesia yang diperkirakan akan melejit tahun ini.

Baca: Sektor Pariwisata Bali Harus Dilengkapi Standar Keamanan Internasional

Nah, dengan program-program seperti MotoGP, ajang F1 Power Boat, termasuk G20 kemarin, brand profile Indonesia di dunia sangat meningkat, kata Tiko, begitu sapaan akrabnya, dalam jumpa pers persiapan F1 Power Boat. di Jakarta, Kamis 2 Februari 2023.

Tiko melanjutkan, pemerintah berharap acara ini mengangkat derajat Danau Tobase. Dengan demikian, Danau Toba dapat menjadi salah satu destinasi wisata kelas dunia dan unggulan di Asia Tenggara.

“Diharapkan ada dampak ekonomi yang bisa mencapai lebih dari Rp250 miliar,” kata Tiko, sapaan akrabnya.

Selain itu, dia menyatakan pemerintah menginginkan lima DPSP atau destinasi wisata prioritas utama di Indonesia, termasuk Danau Toba, menjadi ikon pariwisata dan Bali baru.

“Tentu saja acara F1 Powerboat adalah acara olahraga kelas atas yang diharapkan menutupi didistribusikan ke seluruh dunia,” kata Tiko.

Ia juga menjelaskan persiapan Kementerian BUMN untuk acara ini. “Kementerian BUMN sudah menyiapkan beberapa hal, yang pertama kami akan menjadi EO (event organizer) di InJourney khusus untuk F1 Powerboat,” ujar Tiko.

Sedangkan InJourney atau PT Aviasi Wisata Indonesia merupakan holding BUMN yang bergerak di bidang penerbangan dan pariwisata. Pemerintah juga menyiapkan logistik seperti pengangkutan kapal. Karena pada kenyataannya untuk kebutuhan F1 Power Boat kapal harus diangkut dengan truk melalui jalan darat dari pelabuhan menuju Danau Toba.

Baca Juga: Taspen Bangun Gedung Tertinggi di RI Senilai Rp 10,6 Triliun Tanpa Biaya Sepeser pun, Begini Kisahnya

Ikuti berita terbaru Tempo di Google News, klik di sini.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button