Kampung Perca menawarkan produk lokal berkualitas - WisataHits
Jawa Barat

Kampung Perca menawarkan produk lokal berkualitas

Bogordaily.net – Kota Bogor tidak hanya terkenal dengan banyak tempat wisata dan kulinernya, ternyata juga terdapat kerajinan tangan lokal buatan warga sekitar. Salah satunya adalah Kampung Perca yang menjual berbagai produk lokal.

Dimana Kampung Perca di Desa Sindang Sari Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor memiliki beberapa produk unggulan seperti :

Sekretaris Desa Perca Kartika Dwi Amalia mengatakan dengan adanya COVID-19, keberadaan Perca Village dapat membantu perekonomian warga sekitar.

“Jadi selama pandemi orang mengeluh tentang pandemi yang melanda selama dua tahun. Kami coba koordinasikan dengan RW di sini dan kebetulan ibu RW itu juga dekat dengan kepala desa Sindang Sari dan dia menyarankan sesuatu dan akhirnya Kampung Perca didirikan,” kata Kartika Dwi Amalia, Senin 1 April 2022. .

Selain itu, Kartika Dwi mengatakan sejak Desa Tambal sulam dimulai, hanya topeng yang dibungkus kain perca saja yang dibuat.

“Kami mulai memproduksi masker, alhamdulillah pesanan masker antara 500 hingga 1.000. Dari situlah kami mulai berkreasi, membuat kripik ayam, membuat handuk dan semua produk hingga kami memiliki 35 item sekarang. Salah satunya, Pangsi Baju, Luaran, Sapu Tebal dan lain-lain,” ujarnya.

Ditambahkannya, Kampung Perca mempekerjakan 17 pegawai untuk menggarap produk lokal ini dan dikelola oleh ibu-ibu rumah tangga.

“Alhamdulillah sekarang sudah mulai berkembang sehingga orang lain melihat kita membuat kemajuan, ya mereka juga termotivasi ingin maju juga,” ujarnya.

“Jadi kami keluar kota untuk penjualan sendiri, yang terakhir kami jual ke Batam, Bandung, Jakarta kemarin,” tambahnya.

Namun, Kartika mengatakan kelangkaan kain perca menjadi kendala produksi karena kain perca harus dikoordinasikan dengan warna lain. Karena kain perca merupakan bahan sisa dari PT. poli

“Ini sisa bahan dari confection, termasuk confection yang bernama PT. Poli, jadi kami diberi sisa potongan, kalau tidak ada bahan tambal sulam, kami akan beli di toko lain,” katanya.

Kartika berharap Perca Village dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

“Mudah-mudahan ke depan semakin maju produknya, semakin populer di mana-mana, sehingga penjual kita dan penjualannya juga tumbuh,” pungkasnya.

(Ibn Galansa Montazéry)

Source: bogordaily.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button