Berikut 7 keajaiban dunia di Indonesia yang patut untuk dikunjungi - WisataHits
Jawa Barat

Berikut 7 keajaiban dunia di Indonesia yang patut untuk dikunjungi

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Indonesia memiliki warisan alam dan budaya yang kaya. Bahkan ada tujuh yang sudah diakui sebagai keajaiban dunia dan menjadi daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Dikutip dari travel.okezone.com, berikut tujuh daftar keajaiban dunia di Indonesia yang menawarkan keindahan, keunikan, dan pengalaman luar biasa saat berkunjung.

Baca Juga: Inilah 5 Minuman Khas Sumatera yang Alami dan Menyehatkan Tubuh

1. Candi Borobudur
Yang pertama adalah Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Candi dengan banyak stupa ini didirikan oleh penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800 Masehi pada masa pemerintahan Dinasti Syailendra. Borobudur adalah candi Budha terbesar di dunia dan salah satu monumen Budha terbesar di dunia.

Menurut bukti-bukti sejarah, Borobudur ditinggalkan pada abad ke-14 ketika pengaruh kerajaan Hindu dan Buddha di Jawa mulai berkurang dan pengaruh Islam mulai terasa. Kemudian dunia mulai mengenal keberadaan bangunan ini seperti yang ditemukan pada tahun 1814 oleh Sir Thomas Stamford Raffles yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Jenderal Inggris di Jawa.

Sejak saat itu, Candu Borobudur telah mengalami sejumlah upaya penyelamatan dan pemugaran. Proyek restorasi terbesar dilakukan pada periode 1975-1982 atas upaya Pemerintah Republik Indonesia dan UNESCO. Kemudian situs bersejarah ini masuk dalam Daftar Warisan Dunia. Kini, Candi Borobudur menjadi salah satu destinasi prioritas yang ditetapkan Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif.

2.Pulau Komodo
Ada Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur (NTT). Beberapa tahun lalu, destinasi wisata ini masuk dalam 7 Keajaiban Baru. Karena pulau tersebut merupakan habitat asli komodo yang merupakan hewan purba yang masih hidup dan terjaga hingga saat ini.

Selain komodo, pulau ini juga memiliki beragam tumbuhan eksotis. Salah satunya adalah kayu sepang yang digunakan sebagai obat dan pewarna pakaian oleh warga sekitar.

Pulau Komodo juga diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO karena terletak di dalam Taman Nasional Komodo bersama dengan Pulau Rinca, Pulau Padar dan Gili Motang.

3. Pegunungan Jayawijaya
Inilah rangkaian pegunungan di Papua, gunung tertinggi di Indonesia, dengan Puncak Jaya menjulang hingga 4.884 meter di atas permukaan laut (MDPL). Salju abadi terletak di puncak Pegunungan Jayawijaya. Namun kini jumlahnya semakin berkurang akibat pemanasan global.

4. Danau Toba
Berada di Sumatera Utara, danau ini masuk dalam daftar keajaiban dunia. Danau ini terbentuk akibat letusan Gunung Toba sekitar 69.000 hingga 77.000 tahun yang lalu. Letusan tersebut merupakan letusan eksplosif terbesar di Bumi dalam 25 juta tahun terakhir.

Hingga saat ini, Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar kedua di Asia Tenggara. Selain itu, Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif telah menetapkan Danau Toba sebagai destinasi wisata prioritas Indonesia. Di kawasan Danau Toba juga terdapat fasilitas wisata air terjun tertinggi di Indonesia yaitu air terjun Sipiso-Piso.

5. Kawah Ijen
Tentunya bagi yang hobi mendaki gunung tidak akan melewatkan sensasi mendaki Gunung Ijen, Banyuwangi, Bondowoso, Jawa Timur. Gunung ini berketinggian 2.386 mdpl dan terakhir meletus pada tahun 1999.

Di Kawah Ijen terdapat keajaiban api biru (blue fire) yang muncul dari kawah. Blue fire ini merupakan salah satu fenomena alam yang paling unik di Indonesia. Jika ingin melihat blue fire, Anda harus tiba sebelum matahari terbit.

6. Rafflesia arnoldii
Keajaiban dunia di Indonesia selanjutnya adalah Rafflesia Arnoldii. Tumbuhan ini tumbuh di pulau Sumatera, Kalimantan dan Bogor, Jawa Barat. Sehingga Indonesia pun menjadi habitat alaminya.

Bunga ini pertama kali ditemukan pada tahun 1818 oleh Dr. Joseph Arnold dan Sir Thomas Stamford Raffles di hutan tropis Sumatera. Bunga ini pertama kali ditemukan di dekat Sungai Manna, Lubuk Tapi, Kabupaten Bengkulu Selatan. Tak heran, Bengkulu dikenal dengan sebutan Earth Rafflesia.

Ciri khas bunga ini adalah baunya yang menyengat. Bunga ini merupakan salah satu bunga terbesar di dunia. Karena memiliki diameter hingga satu meter. Keunikan ini menjadikannya salah satu keajaiban dunia di Indonesia.

7.Raja Ampat
Ini adalah serangkaian pulau yang berdekatan dan terletak di bagian barat Vogelkopf (Vogelkoop) pulau New Guinea. Secara administratif, kluster ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat di Provinsi Papua Barat. Pulau-pulau ini kini menjadi tujuan para penyelam yang tertarik dengan keindahan pemandangan bawah lautnya.

Empat gugusan pulau yang menjadi anggotanya dinamai berdasarkan empat pulau terbesar, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta.

Kepulauan Raja Ampat merupakan tempat yang sangat potensial untuk dimanfaatkan sebagai objek wisata, khususnya wisata selam. Perairan Kepulauan Raja Ampat masuk dalam peringkat 10 besar perairan untuk tempat menyelam di seluruh dunia. Bahkan bisa juga diakui sebagai nomor satu untuk kelengkapan flora dan fauna bawah laut saat itu.

(bg/hn/um)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button