Liburan Nataru ke Banyuwangi, Ini 14 Wisata Seru Untuk Anda - WisataHits
Jawa Tengah

Liburan Nataru ke Banyuwangi, Ini 14 Wisata Seru Untuk Anda

jakarta

Bukan hanya Kawah Ijen yang menjadi objek wisata di Banyuwangi. Ada banyak tempat wisata yang menarik dan seru untuk dikunjungi bersama keluarga.

detikcom merangkumnya, Tempat Wisata Banyuwangi yang Bisa Dikunjungi Saat Liburan Nataru. Ayolah!

1. Kantor Benculuk

MENAMPILKAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Hutan di BanyuwangiBiro Benculuk, Hutan di Banyuwangi Foto: (Aldi Sanjaya Putra/d’Traveler)

Untuk tempat wisata instagenic wajib mengunjungi De Djawatan yang berjarak sekitar 45 menit dari kota Banyuwangi. De Djawatan atau Biro Benculuk menawarkan pemandangan negeri dongeng.

Pohon dewasa berumur lebih dari 20 tahun di Jawatan Benculuk, cocok untuk spot foto dan piknik. Di sana Anda juga bisa berfoto di rumah pohon atau menunggangi kuda poni untuk berkeliling.

Untuk pergi ke tempat Anda harus datang pada waktu yang tepat. De Djawatan dibuka dalam dua sesi, sesi pertama dibuka pukul 07.00-12.00 WIB dan sesi kedua dibuka pukul 13.00-17.00 WIB.

2. Desa Wisata Osing

Desa Kemiren telah ditetapkan sebagai desa Osing yang juga dijadikan cagar budaya. Berwisata ke Banyuwangi belum lengkap tanpa mampir ke desa wisata ini.

Di sini Anda akan menemukan rumah-rumah khas Osing yang berusia ratusan tahun. Ada sebuah rumah besar yang digunakan sebagai tempat pertunjukan seni. Diantaranya tari Gandrung, Angklung Paglak, Barong Kemiren, Othek dan lain sebagainya sambil menikmati makanan khas Banyuwangi dan kue-kue.

3. Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah di Banyuwangi.Pantai Pulau Merah di Banyuwangi. Foto: Shutterstock

Bagi Anda penikmat pasir putih, wajib berkunjung ke sini. Tidak hanya menikmati keindahan pasir putihnya, di sini Anda juga bisa menikmati keindahan sunset.

Pantai Pulau Merah berjarak 2 jam perjalanan dari pusat kota Banyuwangi. Meski cukup jauh, jangan khawatir karena banyak penginapan yang dibuka oleh warga setempat.

4. Teluk Hijau

Pemburu objek wisata di Banyuwangi tidak boleh melewatkan hal ini. Green Bay masih terkandung di dalam Taman Nasional Meru Betiri.

Di sini Anda bisa menikmati rimbunnya hutan tropis yang hijau dan pasir putih sambil berenang, snorkeling dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk mengambil foto sebanyak mungkin.

5. Taman Sri Tanjung

Taman Sritanjung adalah sebuah taman kota yang berada di pusat kota Banyuwangi. Disebut Sritanjung karena berdasarkan nama seorang wanita bernama Sritanjung dalam legenda asal usul kota Banyuwangi.

Taman ini terletak di sebelah timur Masjid Raya Baiturrahman di Banyuwangi dan selatan Sabha Swagata Blambangan. Taman Sritanjung berfungsi sebagai sarana rekreasi bagi warga Kota Banyuwangi.

Taman yang hijau dan asri membuat semua orang betah setelah lama berkunjung, apalagi tersedia juga WiFi gratis.

6. Air Terjun Pemimpin

Jika Anda senang dengan pantai dan ingin mencoba sesuatu yang berbeda, mengunjungi Air Terjun Lider adalah pilihan terbaik. Destinasi wisata yang satu ini sangat cocok jika berkunjung bersama keluarga.

Di sana kamu tidak hanya bisa berfoto, tapi juga menikmati gemercik air terjun yang sangat segar. Maklum, Air Terjun Lider merupakan air terjun tertinggi di Banyuwangi dengan ketinggian 60 meter.

7. Geopark Gunung Rante

Gunung Rante merupakan gunung yang berhadapan langsung dengan Gunung Ijen. Jika Anda ingin merasa berada di atas awan, Anda harus mendaki ke sini.

Di pagi dan sore hari Anda bisa merasakan di atas awan karena sebagian gunung tertutup awan. Kawasan pegunungan ini hanya berjarak 100 meter dari tempat parkir mobil Paltuding.

8. Poni berdering di bawah air

Hiu Bangring Bawah AirHiu bawah air bangsring Foto: Ardian Fanani

Keindahan bawah laut Bangsring Underwater menjadi salah satu rekomendasi destinasi wisata di Banyuwangi yang wajib dicoba. Bangsring Underwater terletak di Desa Bangsring, Wongsorejo, Banyuwangi.

Destinasi ini merupakan wisata alam berbasis perlindungan terumbu karang. Banyak terumbu karang yang sangat alami, sedangkan yang buatan ditanam di sini.

Ada juga Rumah Apung Bangsring, tempat penjinakan hiu di beberapa kandang berukuran 3 x 3 meter. Hiu tidak ditempatkan di tengah laut untuk bertahan hidup dengan nyaman.

9. Taman Terakota Cinta

Taman Gandrung Terakota kini menjadi salah satu tempat wisata paling populer di Banyuwangi. Hal yang menarik dari situs ini adalah dibangun di atas teras berundak di kaki Gunung Ijen.

Berikut patung penari gandrung yang jumlahnya sangat banyak dan banyak dijadikan spot foto. Selain itu, Anda juga bisa menikmati pertunjukan tari dan musik, menelusuri galeri dan lain sebagainya.

10. Pantai Rajegwasi

Jika anda berwisata ke pantai ini, anda dapat menikmati pemandangan pantai yang indah dan melihat sisa-sisa peninggalan sejarah. Terdapat bunker di pantai Rajegwesi yang merupakan peninggalan penjajahan Jepang.

Di sisi timur pantai ini terdapat area dimana penyu bisa bertelur. Pantai Rajegwesi terletak di Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran.

11. Pemandian Taman Suruh

Mengenai wisata air, di Banyuwangi juga terdapat pemandian Taman Suruh yang sangat luas. Pemandian ini luasnya 3,5 hektar dan berada 1000 meter di atas permukaan laut sehingga terasa segar.

Pemandian Taman Suruh lebih cocok sebagai tempat liburan keluarga. Pemandian Taman Suruh terletak di Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah.

12. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran di Situbondo sering disebut sebagai Afrika-nya Jawa Timur.  Lantas bagaimana kondisinya sekarang?Taman Nasional Baluran di Situbondo sering disebut sebagai Afrika-nya Jawa Timur. Lantas bagaimana kondisinya sekarang? Foto: Muhammad Ridho

Sering disebut sebagai Africa van Java, Taman Nasional Baluran menawarkan pemandangan yang sangat mirip dengan sabana Afrika. Di sini Anda bisa melihat berbagai binatang seperti rusa, kerbau hutan, bison dan lain sebagainya.

Taman Nasional Baluran sangat direkomendasikan untuk para pemburu foto dan video. Setelah selesai dengan Baluran, Anda masih bisa menikmati keindahan pantai pasir putih Bama di kawasan taman nasional.

13. Kawah Ijen

Kawah Ijen-BanyuwangiKawah Ijen Banyuwangi Foto: Ardian Fanani/detikJawa Timur

Tentunya, Anda tidak akan puas jika berkunjung ke Banyuwangi tanpa ke Kawah Ijen. Nikmati tidak hanya keindahan gunung tetapi juga pemandangan api biru di sana.

Untuk melihatnya Anda harus datang pagi-pagi sekali. Dari pos Paltuding Anda bisa berjalan kaki sekitar 3 km untuk bisa melihatnya.

14. Agrowisata Kali Klatak

Agrowisata Kali Klatak sebelumnya dimiliki Belanda di bawah Mij Moorman & Co. hingga akhirnya jatuh ke tangan pengusaha pribumi, R Soehoed Prawiroatmodjo. Agrowisata ini terletak di lereng gunung dengan ketinggian hingga 450 mdpl.

Tanahnya cukup subur untuk tumbuh berbagai jenis tanaman. Hasil perkebunan antara lain karet, kopi, kakao, kelapa, buah-buahan dan aneka rempah-rempah. Setiap tanggal 17 April ada ritual sedekah yang bisa kamu hadiri.

Simak video “Ethno Carnival di Banyuwangi Sukses Pikat Warga dan Wisatawan Lokal”
[Gambas:Video 20detik]
(sim/sim)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button