Kampung Pasir Kunci yang baru dibuka menampilkan permainan Sunda dan pemandangan kota Bandung - WisataHits
Jawa Barat

Kampung Pasir Kunci yang baru dibuka menampilkan permainan Sunda dan pemandangan kota Bandung

Kampung Pasir Kunci yang baru dibuka menampilkan permainan Sunda dan pemandangan kota Bandung

Merdeka.com – Ada berbagai tempat wisata kreatif di kota Bandung, Jawa Barat. Salah satu yang baru dibuka adalah Desa Pasir Kunci di Desa Pasir Jati, Kecamatan Ujungberung. Di sini Anda dapat menemukan makanan khas daerah seperti permainan tradisional Sunda.

Di tempat ini, pengunjung seolah diajak merasakan kearifan lokal masyarakat Sunda yang ramah, dengan pemandangan kota Bandung dari ketinggian yang sayang untuk dilewatkan.

Artikel media taboola

“Tentunya masih banyak lagi kesenian dan budaya tradisional di sini, dan semoga ini bisa menjadikan tempat ini sebagai inspirasi tempat wisata,” kata Kepala Biro Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Arif Syaifudin, dikutip ANTARA, Senin (24/10).

2 dari 4 halaman

Mengenalkan berbagai macam permainan tradisional anak sunda

Desa Kreatif Pasir Kunci Ujung Berung

Kampung Kreatif Pasir Kunci Ujungbergung © 2022 YouTube Diskominfo Bandung/ Merdeka.com

Sejumlah permainan tradisional dipamerkan di tempat ini, antara lain egrang, seni reak, angklung hingga perepet jengkol. Permainan-permainan tersebut kini mulai ditinggalkan oleh generasi muda, sehingga harus dilestarikan.

Kedepannya, Desa Wisata Kreatif Pasir Kunci akan fokus pada pengembangan budaya dan taman bermain anak khas masyarakat Jawa Barat.

“Area kreatif ini akan fokus pada pengembangan budaya untuk permainan anak-anak. Salah satu kebudayaannya adalah seni rekreasi. Ini berarti mewujudkan Bandung melalui seni dan budaya kreatif melalui kolaborasi dan kolaborasi dengan beragam pemangku kepentingan, ”katanya.

3 dari 4 halaman

Ini tempat yang bagus untuk selfie

Desa wisata kreatif Pasir Kunci ini tidak hanya cocok sebagai destinasi edukasi keluarga, tetapi juga sebagai tempat berfoto selfie karena pemandangannya yang bagus. Lokasi di 800 meter di atas permukaan laut juga berbicara untuk ini.

Di beberapa sudut, pemandangan kota Bandung terlihat jelas dengan tambahan pemandangan Gunung Manglayang.

Suasana perkampungan tradisional Sunda juga sangat kental, terutama saat anak-anak dan masyarakat sekitar menampilkan atraksi kesenian khas kota Bandung.

“Saya harap tidak hanya dibungkam, kita dorong untuk diaktifkan. Potensi seni budaya di daerah ini luar biasa. Tinggal bagaimana kita mengaktifkannya secara tematik di sini, dan yang terpenting konsistensi.” , ujarnya Walikota Bandung Yana Mulyana saat peresmian, Senin (24/10).

4 dari 4 halaman

Menjadi prospek komersial

Kampung Pasir Kunci merupakan salah satu prospek industri kreatif di bidang pariwisata, sehingga diyakini dapat mendongkrak perekonomian sekitar.

Yana melanjutkan, sektor pariwisata berperan penting dalam menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kota Bandung.

“Yang penting konsistensi, kalau konsisten dan banyak pengunjung, ekonomi akan tumbuh, apalagi setelah pandemi karena sektor pariwisata berkontribusi cukup besar terhadap PAD Bandung. Jadi harus konsisten,” kata Yana.

Sebelumnya, ada lima desa kreatif lainnya di Bandung seperti Desa Wisata Kreatif Braga, Desa Wisata Kreatif Cigadung, Desa Wisata Kreatif Binong Jati, Desa Wisata Kreatif Cinambo dan Desa Wisata Kreatif Cigondewah.

(mdk/nrd)

TOPIK TERKAIT

lagi

Taboola di bawah Artikel

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button