Pemkot Bandung mengaktifkan Kampung Pasir Kunci sebagai objek wisata - WisataHits
Jawa Barat

Pemkot Bandung mengaktifkan Kampung Pasir Kunci sebagai objek wisata

BANDUNG (ANTARA) – Pemerintah Kota Bandung (Pemkot) mengaktifkan Kampung Pasir Kunci di Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung, Jawa Barat sebagai objek wisata dengan pemandangan dari kaki Gunung Manglayang.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan Desa Wisata Kreatif Pasir Kunci merupakan desa wisata keenam di Kota Bandung. Menurut dia, sektor pariwisata akan terus digenjot karena berperan cukup besar dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Saya berharap tidak hanya dididik dan dirahasiakan, kita dorong untuk diaktifkan. Potensi seni budaya di daerah ini luar biasa. Tinggal bagaimana kita mengaktifkannya secara tematik di sini, dan yang terpenting konsistensi” ujarnya kepada Yana di Desa Wisata Kreatif Pasir Kunci, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin.

Baca Juga: Kota Bandung Bentuk Desa Waspada Bencana di Tiap Kecamatan

Sebelumnya, kata dia, telah diresmikan berbagai desa wisata: Desa Wisata Kreatif Braga, Desa Wisata Kreatif Cigadung, Desa Wisata Kreatif Binong Jati, Desa Wisata Kreatif Cinambo dan Desa Wisata Kreatif Cigondewah.

Beberapa perbaikan telah dilakukan pada area publik di Desa Wisata. Jadi, pusat desa wisata adalah taman dengan lapangan yang luas dan fasilitas mini show.

Di kawasan tersebut, kata dia, pengunjung bisa menikmati pemandangan Kota Bandung dari ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan laut.

Pengunjung dapat menikmati sejuknya udara di bawah kaki Gunung Manglayang dan menyaksikan anak-anak setempat melakukan permainan tradisional.

Baca Juga : Kota Bandung Adopsi Aplikasi e-Important untuk Percepat Penurunan Angka Stunting

“Kalau stabil dan banyak pengunjung, ekonomi akan tumbuh, terutama setelah pandemi. Sektor pariwisata memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap PAD Kota Bandung. Jadi harus konsisten,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung Arief Syaifudin, pengaktifan desa wisata tersebut merupakan turunan dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Kota Bandung yang menargetkan delapan desa wisata.

Menurutnya, Desa Wisata Kreatif Pasir Kunci akan fokus pada pengembangan budaya dan pusat bermain anak, salah satunya adalah seni reaksi, seni asli Sunda.

“Ini bertujuan untuk mewujudkan Bandung melalui seni dan budaya kreatif dengan berkolaborasi dan berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan,” kata Arief.

Baca Juga: Pemkot Bandung Ajak Masyarakat Bangun Sumur Resapan Cegah Banjir

Berita ini disiarkan di Antaranews.com dengan judul: Pemkot Bandung mengaktifkan Kampung Pasir Kunci menjadi tempat wisata di kaki gunung

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button