Ketahui contoh klausa dan aturan kontinuitas present tense untuk penggunaannya - WisataHits
Jawa Barat

Ketahui contoh klausa dan aturan kontinuitas present tense untuk penggunaannya

Suara.com – Ingin tahu apa arti dan contoh kalimat present continuous? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Perlu diperhatikan bahwa present tense atau present progressive tense adalah bentuk kata kerja yang digunakan untuk menyatakan suatu tindakan yang sedang berlangsung sekarang (present tense) atau rencana untuk masa depan (future). Karena dapat digunakan di masa sekarang atau masa depan, tense ini sering disertai dengan adverbial tense untuk memperjelasnya.

Present tense dibentuk dengan kata kerja bantu “be”, yaitu/am/are, – karena present tense (present tense) dan present participle (-ing).

  • adalah digunakan pada subjek berupa kata benda tunggal (seperti: ammar, buku) dan kata ganti orang ketiga tunggal (seperti: dia, dia, itu).
  • Adalah digunakan dalam kata benda jamak (seperti anak laki-laki, pria, buku), kata ganti jamak (seperti kami, mereka) dan Anda.
  • untuk sementara saya digunakan pada saya

Pada umumnya tense ini terjadi pada tindakan yang hanya berupa dynamic atau action verbs, bukan berupa state verbs. Kenapa begitu? Karena pada umumnya hanya dynamic verb yang memiliki bentuk continuous.

Baca Juga: 20 Contoh Kalimat Present Perfect Dan Fungsinya

Contoh klausa kontinuitas present tense

Present tense dapat digunakan untuk membicarakan suatu tindakan yang sedang terjadi. Ungkapan waktu yang dapat digunakan antara lain sekarang (sekarang), saat ini (aktual), selama liburan (selama liburan). Contohnya adalah sebagai berikut:

  1. Dia menyikat lantai kamar mandi (Dia menyikat lantai kamar mandi).
  2. Saya akan ke Bandung dengan mobil sekarang (Saya akan ke Bandung sekarang).
  3. Dia belajar bahasa Inggris untuk menjadi pemandu yang hebat (Dia belajar bahasa Inggris untuk menjadi pemandu wisata yang hebat).
  4. Saya tinggal dengan saudara perempuan saya saat ini (Saya tinggal dengan saudara perempuan saya saat ini).

Selain itu, present tense juga dapat digunakan untuk membicarakan suatu rencana atau pindah ke suatu tempat/kondisi. Kata keterangan waktu yang dapat digunakan antara lain hari Minggu (pada hari Minggu), jam sembilan pada hari Minggu (jam sembilan pada hari Minggu), minggu/bulan depan (minggu depan/bulan), bulan ini (bulan ini). Contohnya adalah:

  1. Saya akan ke Pantai Kuta untuk liburan saya bulan depan (Saya menghabiskan liburan saya di Pantai Kuta akhir bulan depan).
  2. Anda tidak bisa menelepon saya malam ini Aku akan pergi ke pernikahan sahabatku (Kamu tidak bisa meneleponku malam ini. Aku akan pergi ke pernikahan sahabatku).
  3. Bus tiba dalam satu jam (Bus tiba dalam waktu satu jam).
  4. Saya pindah ke Jakarta Barat bulan ini (Saya pindah ke Jakarta Barat bulan ini).

Kemudian present tense dapat digunakan untuk mengekspresikan kemarahan pada tindakan yang berulang. Contohnya adalah:

  1. Mengapa anjing liar terus menggonggong padaku? (mengapa anjing liar itu selalu menggonggong padaku?)
  2. Aku bosan kamu selalu menanyakan pertanyaan yang sama (Aku bosan kamu selalu menanyakan pertanyaan yang sama).
  3. Bos saya selalu meneriaki saya dan mengeluh tentang segalanya (Bos selalu meneriaki saya dan mengeluh tentang segalanya).

Demikian penjelasan singkat tentang arti, fungsi dan contoh present continuous clause yang perlu dipahami. Nah, sudah cukup jelas bukan? Jadi jangan ragu untuk menggunakan tense ini dengan baik dan benar dalam kalimat Anda!

Baca Juga : Contoh Kalimat Simple Present, Struktur, Fungsi dan Penggunaannya

Kontributor: Rishna Maulina Pratama

Source: www.suara.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button