Ada pesta wayang di Sleman, catat jadwalnya - WisataHits
Yogyakarta

Ada pesta wayang di Sleman, catat jadwalnya

Harianjogja.com, SLEMAN—Pesta Wayang diadakan di Sleman lagi tahun ini. Kegiatan ini merupakan event internasional yang sudah diadakan sejak tahun 2008 namun sempat hiatus selama tiga tahun akibat pandemi Covid-19. Tahun ini, Pesta Wayang digelar secara rutin mulai tanggal 3-9 Oktober 2022. hibrida Ini adalah on line dan offline.

Pesta boneka diselenggarakan oleh Papermoon Puppet Theatre. Papermoon Puppet Theater didirikan pada April 2006 di Jogja oleh Co-Artistic Director Maria Tri Sulistyani (Ria) dan Co-Artistic Director Iwan Effendi. Mereka berkolaborasi dengan sekelompok pendongeng antara lain Anton Fajri, Pambo Priyojati, Beni Sanjaya, Muhammad Alhaq dan Hardiansyah Yoga.

Rini Wahyu Hestari, Sub Koordinator Daya Tarik Pariwisata dan Industri Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Pengembangan Destinasi dan Industri Kreatif, mengatakan Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman memfasilitasi dan mendukung terselenggaranya acara yang digelar di Media Village di Sleman. tahun ini.

DIDUKUNG:

Pada pembukaan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja berharap IKM naik peringkat

Peserta Puppet Party tahun ini terdiri dari 98 peserta dari 29 negara. Rini mengatakan pihaknya berinisiatif bekerja sama dengan penyelenggara untuk menggelar kegiatan tersebut di desa-desa wisata. Rini menambahkan, kegiatan ini berlangsung di Desa Wisata Kelor, Kelor, Bangun Kerto, Turi, Sleman.

Ajang internasional ini merupakan bagian dari rangkaian Bulan Ekonomi Kreatif. Rini mengatakan Pesta Wayang akan mengawali rangkaian acara yang selanjutnya akan berlangsung pada 21, 22 dan 23 Oktober. minggu kreatif sleman melalui kerjasama dengan Sleman Creative Space dan Sleman Creative Community. Sebagai penutup, Rini mengatakan akan ada Festival Seni Bedog di Sanggar Banjarmili, Kradenan, Banyuraden, Gamping, Sleman.

Rini menyampaikan tujuan acara ini untuk masyarakat luas: “Ada workshop, ada performance teater Boneka, beberapa dibayar dalam sumbangan dan Gratis. Anda dapat melihat apa yang terdiri dari pertunjukan offline dan on line‘ kata Rini.

Rini menambahkan, acara dimulai hari ini di Desa Wisata Kelor yang mempertemukan peserta pesta wayang dari 12 negara. Peserta mengaku berinteraksi dengan masyarakat kemudian menjelajahi desa wisata tersebut.

BACA JUGA: Dugaan Penahanan dan Intimidasi Wali Siswa SMAN 1 Wates Kini Diperiksa Polisi

“Hari ini [Selasa, 4/10/2022] sudah mulai tampil dari 12 negara, ada offline dan on linedi sini ada sekitar 22 negara, ada yang lain on line. Sebelumnya yang tampil di Desa Wisata Kelor berasal dari Amerika, Singapura, Thailand dan Indonesia,” kata Rini.

Antara lain Rini menjelaskan kegiatan hari ini koki dalang, yakni dari tiga negara memasak masakan dari daerah asalnya, yang kemudian seharusnya dinikmati oleh pengunjung, hari ini muncul peserta dari empat negara lainnya.

“Kami berharap ini menjadi media untuk mempromosikan desa wisata yang ada di Sleman hingga menjangkau khalayak internasional, ia berharap acara ini menjadi ajang promosi untuk masing-masing negara,” ujarnya.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: jogjapolitan.harianjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button