Kaleidoskop Polres Malang Kota 2022, Rating Pelayanan Publik Terbaik Hingga Kriminalitas Menurun - WisataHits
Jawa Timur

Kaleidoskop Polres Malang Kota 2022, Rating Pelayanan Publik Terbaik Hingga Kriminalitas Menurun

Tugumalang.id – Tahun 2022 akan menjadi tahun yang penuh tantangan bagi institusi Polri. Meski demikian, Polres Malang Kota mampu melewatinya dengan berbagai keberhasilan.

Berawal dari predikat Prestasi Aparatur Sipil Negara Terbaik, Kapolda Malang Kota dinobatkan sebagai Bapak Disabilitas untuk Penurunan Kasus Tindak Pidana di Kota Malang.

Penghargaan atas kinerja terbaik dalam pelayanan publik

Polresta Malang Kota berhasil meraih penghargaan tingkat nasional dalam bidang pelayanan publik. Pelayanan publik Polres Malang dinilai salah satu yang terbaik di Indonesia. Pasalnya, Polres Malang Kota memiliki inovasi digital berupa aplikasi Jogo Malang.

Melalui aplikasi ini, warga Kota Malang dapat dengan mudah memanfaatkan berbagai layanan kepolisian. Mulai dari menerima pengaduan pidana, penanganan COVID-19, pelayanan kesehatan, informasi pariwisata hingga pendidikan di Kota Malang.

Menteri Pendayagunaan dan Penguatan Aparatur Birokrasi Negara (MenPAN RB) Tjahjo Kumolo bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kemudian secara langsung menyerahkan Penghargaan Predikat Pencapaian Aparatur Sipil Negara Terbaik kepada Kombes Polres Malang Kota Pol Budi Hermanto di Gedung Bareskrim Polres Jakarta Selatan, Kamis (10/03/2022).

Penghargaan PWI Jawa Timur 2022

Kapolres Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto meraih penghargaan tertinggi dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur. Penghargaan tersebut diserahkan pada Sabtu (26/3/2022) dalam PWI East Java Awards 2022 pada puncak perayaan Hari Pers Nasional di kawasan Wisata Bahari Lamongan.

Kegiatan PWI Jatim Award merupakan bentuk apresiasi dan pengakuan insan pers terhadap seorang tokoh kunci yang telah memberikan kontribusi tulus dalam berbagai kegiatan dan dianggap berprestasi dan berdedikasi tinggi di bidangnya.

Kombes Pol Budi Hermanto dinilai berprestasi dan berjasa dalam berbagai kegiatan. Mulai mendukung penuh pelaksanaan Ujian Keterampilan Wartawan yang akan dilakukan oleh PWI Malang Raya bersama Polres Malang Kota pada tahun 2022 tentang keterbukaan berbagai informasi publik.

Man of the Year ATI 2021

Kombes Pol Budi Hermanto meraih TIMES Indonesia Award atau ATI 2021 Award kategori Man of the Year. Penghargaan tersebut diserahkan pada Selasa (19 April 2022).

Ia dinilai berperan penting dalam mengatasi pandemi COVID-19 di Kota Malang. Mulai dari berpartisipasi dalam menyediakan tempat vaksinasi hingga penegakan hukum dalam mendorong kepatuhan masyarakat.

Penghargaan Bapak Disabilitas di Kota Malang

Komunitas Difabel Kota Malang mengakui Kombes Pol Budi Hermanto sebagai Bapak Disabilitas Kota Malang pada Rabu (17/8/2022). Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan atas kepedulian dan kedekatan Kapolres Malang Kota dengan komunitas difabel.

Bahkan Polres Malang Kota memberikan kesempatan bagi penyandang disabilitas di Kota Malang untuk bekerja. Penyandang disabilitas dipilih karena memang memiliki keterampilan yang mumpuni.

“Kami melihat sosok Kapolres Malang Kota yang rutin membantu teman-teman difabel. Mulai dari kebutuhan, keluhan dan kesulitan teman-teman penyandang disabilitas. Dia merespon dengan cepat tanpa banyak bicara,” kata Dwi Lindawati, Sekretaris Komunitas Kreatif Penyandang Disabilitas (DC²) Kota Malang.

Penghargaan Gubernur Jawa Timur pada Hari Disabilitas Internasional

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyerahkan penghargaan kepada Kombes Pol Budi Hermanto pada puncak peringatan Hari Disabilitas Internasional Jatim, Kamis (8/12/2022).

Tak sia-sia Kombes Pol Budi Hermanto mendapat penghargaan kategori Fasilitas Polisi Difabel. Kepeduliannya terhadap penyandang disabilitas adalah pertimbangannya.

Mulai merekrut 4 orang penyandang disabilitas sebagai pegawai di Polres Malang Kota, memberikan pelayanan kesehatan dan sosial berupa rumah bagi penyandang disabilitas, melakukan berbagai kegiatan bersama 500 orang penyandang disabilitas seperti Rekor MURI dan penyembuhan penyandang disabilitas dan masih banyak lagi lainnya kegiatan hal-hal yang positif.

Predikat sebagai bapak pemajuan budaya

Kombes Pol Budi Hermanto mendapat gelar bapak promosi budaya. Ia dinilai tertarik dengan budaya dan mendukung penuh upaya pelestarian pada Perhelatan Gelar Akbar Jaranan Malang Raya di Bundaran Tugu Malang, Minggu (11/12/2022).

“Beliau mendukung penuh gelar Agung Jaranan Malang Raya yang hampir mati mati suri selama 4 tahun ini,” ujar koordinator penggagas kegiatan komunitas Cangkrukan Ngaji Budaya (CNB), M Safril.

Kasus kriminal cenderung menurun pada tahun 2022

Kapolres Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto mengatakan, penanganan kasus pidana di Kota Malang mencapai 1.076 kasus pada tahun 2022. Tingkat kejahatan ditemukan telah turun menjadi 18,2 persen pada tahun 2022 dari tahun 2021.

“Dari tahun 2021 hingga 2022 akan ada tren penurunan angka kriminalitas. Hal ini karena tingginya kesadaran masyarakat, tingginya tingkat patroli atau penangkalan polisi, banyaknya pelaku yang ditangkap dan kepedulian masyarakat terhadap kejahatan,” jelasnya.

Dalam pengungkapan narkotika tersebut, Polres Malang telah menindak 240 kasus dengan menyita 28,6 kg sabu, 38 gram ganja, 206 butir ekstasi, 330.000 butir double L dan 19 pohon ganja.

“Jika bukti terkumpul, bisa menyelamatkan 311.000 jiwa di kota Malang,” ujarnya.

Menurutnya, Polres Malang Kota akan menyongsong tahun 2023 dan mewujudkan konsep integrasi dan kerjasama, atau bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan dan berbagai komunitas yang ada untuk turun ke sekolah guna memberikan edukasi, informasi dan sosialisasi guna meningkatkan kelayakan Kota Malang untuk dipertahankan.

Reporter : M Sholeh

Penerbit: Helianto. SEBUAH

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button