Kaleidoskop 2022: Penghargaan dan Prestasi Internasional untuk Pariwisata Nusantara - WisataHits
Yogyakarta

Kaleidoskop 2022: Penghargaan dan Prestasi Internasional untuk Pariwisata Nusantara

TEMPO.CO, jakarta – Indonesia memiliki kekayaan alam dan keindahan pariwisata yang tersebar di seluruh nusantara. Keajaiban keindahan alamnya tak kalah menarik dengan negara lain dan selalu menjadi tujuan liburan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Kualitas pariwisata di Indonesia juga semakin meningkat setiap tahunnya, sehingga telah meraih berbagai prestasi dan penghargaan. Berikut adalah beberapa penghargaan dan prestasi internasional yang diraih oleh sektor pariwisata pada tahun 2022:

Maros Pangkep Geopark merupakan bagian dari UNESCO Global Geopark

Kawasan Geopark Maros Pangkep di Sulawesi Selatan resmi masuk dalam daftar UNESCO Global Parks (UGG). Penetapan ini menambah banyaknya geopark di Indonesia yang telah diakui dunia, seperti Geopark Batur, Rinjani, Sewu, Ciletuh, Kaldera Toba, dan Belitung.

Temuan ini berdasarkan hasil rapat dewan UNESCO Global Geopark di Thailand. Dengan status tersebut, kawasan ini menjadi tujuan wisata yang mendunia dan mendapat perhatian dunia.

Wisata Karst Rammang Rammang merupakan salah satu obyek wisata yang terintegrasi dalam Geopark Maros Pangkep. Geopark ini juga memiliki dinding karst yang luas. Di dalamnya terdapat air terjun yang kini menjadi destinasi wisata berbasis air, antara lain Taman Wisata Air Bantimurung, Air Terjun Lengang, kawasan Pattunuang, dan Air Terjun Lacolla.

Raja Ampat dinobatkan sebagai “Lokasi yang Harus Dikunjungi 2023” oleh Lonely Planet

Raja Ampat yang terletak di Papua Barat terpilih sebagai salah satu dari enam destinasi global dari seluruh dunia yang direkomendasikan sebagai destinasi yang wajib dikunjungi atau wajib dikunjungi. Pastikan untuk mengunjungi situs tersebut pada tahun 2023 oleh Lonely Planet. Terkenal dengan keindahan bawah lautnya, tempat wisata ini cocok sebagai tujuan dimana wisatawan bisa bersantai sejenak, menenangkan diri dan melepaskan penat untuk mencari ketenangan.

Raja Ampat mempesona dari hampir semua sisi. Ada Kepulauan Misool dan Waigeo yang selalu menjadi destinasi populer baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Dunia bawah lautnya mempesona dan indah dengan berbagai terumbu karang dan biota laut yang indah.

Tebing Piaynemo, Teluk Kabui dan Wayag hampir tidak pernah terlewatkan oleh turis manapun yang datang. Di darat, Raja Ampat memiliki desa wisata yang menarik untuk dikunjungi dengan keunikan budayanya. Ada juga hutan tropis tempat tinggal burung cendrawasih.

Pantai Kuta Bali adalah salah satu tujuan terpopuler Airbnb

Pantai Kuta di Bali adalah tujuan liburan musim dingin paling populer menurut pencarian Airbnb. Data tersebut diperoleh berdasarkan pencarian dari pengguna aplikasi Airbnb dengan sedikitnya 50.000 pencarian sejak 1 Desember 2022 hingga 28 Desember 2023.

Pantai Kuta memiliki panjang sekitar 5 kilometer dan merupakan salah satu pantai terbaik dan terpopuler di pulau Bali. Suasana pantai yang sejuk, pemandangan yang indah dan garis pantai yang luas membuat pantai ini cocok untuk berlibur.

Diakui oleh Travel+Leisure World’s Best Awards 2022

Penghargaan Terbaik Dunia Travel+Leisure 2022 termasuk tempat di Indonesia dalam banyak nominasinya. Indonesia masuk dalam 6 nominasi yaitu Pulau Terbaik di Dunia, Pulau Terbaik di Asia, Kota Terbaik di Dunia, Kota Terbaik di Asia dan Resor Terbaik di Asia.

Bali meraih nominasi Pulau Terbaik di Dunia dan Asia. Ubud, Bali juga tercatat sebagai kota terbaik di dunia dan Asia. Resor terbaik yang masuk dalam nominasi Best Resorts in Asia antara lain Capella Ubud, Bali, Mandapa, a Ritz-Carlton Reserve, Ubud, Bali, Nihi Sumba, Alila Villas Uluwatu, Bali dan Four Season Resort Bali at Sayan.

Bali dinobatkan sebagai World’s Greatest Places 2022 menurut Majalah TIME

Berdasarkan pengalaman baru dan menarik yang ditawarkan tempat ini, Majalah TIME telah memilih Bali sebagai salah satu tempat terindah di dunia untuk tahun 2022. Bali dipilih terutama karena banyaknya resor kelas atas yang dapat ditemukan di seluruh pulau. Beberapa resort yang disorot adalah Buahan, Banyan Tree Escape, Potato Head Village di Seminyak, Andaz Sanur Bali, Angsana Saranam Wellbeing Resort dan Anantara Ubud Bali Resort.

Bali dinobatkan sebagai finalis Best Island and Best Honeymoon in Luxury Lifestyle Magazine’s 2022 Readers’ Travel Awards

Tahun ini, majalah tersebut menominasikan Bali sebagai salah satu finalis bukan hanya satu, melainkan dua kategori, yakni “Pulau Terbaik” dan “Bulan Madu Terbaik”. Tak heran Isle of Gods berhasil mendapatkan nominasi tersebut.

Pulau seluas 5.780 kilometer persegi ini menawarkan banyak hal. Pemandangan dan tempat menarik yang menakjubkan di Bali juga cocok untuk pengantin baru yang ingin mengisi paruh pertama pernikahannya dengan momen tak terlupakan.

JESSYCA GAZELLA

Baca juga: Kaleidoskop 2022: Ajang Internasional di Indonesia, dari KTT G20 hingga MotoGP Mandalika

Selalu update informasi terbaru. Tonton breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button