Airlangga yang tidak dimiliki daerah lain menyebut Solo bermesin ganda saat mengunjungi keluarga Srawungan Mangkunegaran. - WisataHits
Jawa Tengah

Airlangga yang tidak dimiliki daerah lain menyebut Solo bermesin ganda saat mengunjungi keluarga Srawungan Mangkunegaran.

infosumsel.ID – Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan daerah Surakarta memiliki “mesin kembar” untuk memajukan budaya. Hal ini terkait dengan keberadaan Kasunanan dan Mangkunegaran.

Hal itu diungkapkan Airlangga saat menghadiri acara srawungan mangkunegaran di Surakarta, Jawa Tengah hari ini. Jika seperti pesawat terbang, Solo seperti pesawat bermesin ganda, satu dengan kunegaran, satu untuk kasunanan. Sejarah ini sebelum sejarah Indonesia. Ceritanya ada,” kata Airlangga.

Menurut Airlangga, dua pusat kebudayaan Jawa itu harus dilestarikan bahkan dipromosikan. Untuk itu, Airlangga meminta Wali Kota Surakarta Gibran Raka yang juga hadir untuk terus bekerja aktif melestarikan kedua pusat budaya tersebut.

Baca Juga : Weekend Hari Ini Cara Membuat Ayam Renyah ala KFC, Anti Gagal, Mudah dan Murah

“Pak wali nitip, kantor kas juga tidak mudah. Tapi ketika sudah rapi, itu menjadi lebih rapi. Solo dengan dua pusat budaya,” ujarnya.

Airlangga juga menyatakan bahwa baik pemerintah pusat maupun daerah telah melakukan upaya besar untuk mendorong promosi pelestarian budaya di Solo. Dia mencontohkan: Dalam dinamika kepresidenan G20, sejumlah kelompok kerja diperintahkan untuk melakukan kegiatan di Surakarta.

“Kita dorong untuk kepresidenan G20, kita punya banyak event, salah satu event yang akan diadakan di kota Solo adalah working group industri perdagangan dan investasi,” ujarnya.

Baca Juga: Sebagai Tersangka Kasus Bjorka, Ternyata Menurut Ayah Begini Kelakuan MAH di Rumah

Karena itu, lanjut Airlangga, beberapa tempat wisata utama termasuk Keraton Mangkunegaran perlu ditingkatkan menjadi pameran budaya.

Ras Mangkunegaran

Source: www.infosumsel.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button