Jos! Desa Wisata Genilangit & Simbatan Magetan Raih Penghargaan Dewi Cemara 2022 - Solopos.com - WisataHits
Jawa Timur

Jos! Desa Wisata Genilangit & Simbatan Magetan Raih Penghargaan Dewi Cemara 2022 – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Desa Wisata Genilangit, Kabupaten Magetan. (kemenparekraf.go.id)

Solopos.com, MAGETAN — Dua desa wisata di Kabupaten Magetan meraih penghargaan pada Festival Desa Wisata Sejahtera dan Mandiri Cerdas 2022 (Dewi Cemara) yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Timur.

Dua desa wisata di Magetan yang mendapat pengakuan adalah Desa Genilangit di Kecamatan Poncol dan Desa Simbatan di Kabupaten Nguntoronadi.

Daihatsu Rocky Promotion, Harga Mobil Rp 200 Juta Jadi Hanya Rp 99.000

“Saya sangat mengapresiasi prestasi teman-teman desa. Sudah saatnya desa dikelola dengan baik dan didampingi oleh personel yang berkompeten di bidangnya,” kata Widya Astuti, Ketua Forkom Pokdarwis Kabupaten Magetan, Kamis (11/3/2022).

Dikatakannya, Desa Wisata Genilangit telah mendapat pengakuan berupa Hibah Infrastruktur Produktif Pariwisata sebesar Rs hingga tingkat nasional. diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif.

Sementara itu, Desa Wisata Simbatan mendapatkan fasilitasi pelatihan peningkatan kapasitas pemangku kepentingan pariwisata melalui Disbudpar Jatim atas prestasinya untuk masuk dalam Top 300 ADWI 2022 secara nasional.

Baca Juga: Dicari Selama 3 Hari, Pria Ditemukan Tewas Terkubur Longsor di Malang

Menurut Widya, Magetan memiliki potensi yang besar dan banyak desa wisata yang saat ini sedang dikembangkan. Menurut data, sebanyak 13 desa wisata lokal sedang dipersiapkan Pemkab Magetan untuk mengikuti ajang ADWI pada 2022 mendatang.

Sedangkan 13 desa wisata di Magetan peserta ADWI 2022 adalah Desa Sumberdodol dan Desa Jabung (Kecamatan Panekan); Desa Ngancar, Desa Pacalan, Desa Randugede dan Desa Sidomukti (Plaosan); Desa Genilangit (Poncol); Desa Mrahu (Kartoharjo); Desa Simbatan (Nguntoronadi), Desa Kraton (Maospati); Desa Krowe (Lembyan); Desa Gandek (Kawedanan); dan Desa Paus Bungkuk (Parang).

Sementara itu, Festival Dewi Cemara 2022 diselenggarakan oleh Disbudpar Jatim bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Trenggalek untuk mempromosikan desa-desa wisata di Jawa Timur dan memperkenalkan orang luar.

Baca Juga: Sindikat Produsen Palsu Antar Provinsi Ditangkap, Upal Rp808 Juta Disita

Kegiatan tersebut berlangsung dari Rabu hingga Kamis (2-3/11/2022) di Paviliun Pintar Bendungan Tugu, Kabupaten Trenggalek, dengan motto “Memperkuat Warisan Takbenda Jawa Timur”.

Selain mempromosikan desa wisata, acara ini bertujuan untuk menjadi sumber ekonomi baru dan pelestarian budaya berwujud dan tidak berwujud di Jawa Timur.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button