Pameran keris menandai HUT ke-753 Harjad Sumenep - WisataHits
Jawa Timur

Pameran keris menandai HUT ke-753 Harjad Sumenep

KM.ID | SUMENEP — Pemerintah Kabupaten Sumenep menggelar pameran keris selama tiga hari mulai 14-16 Oktober 2022.

Kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati HUT Sumenep (Harjad) ke-753 ini berlangsung di Labeng Mesem, Desa Pajagalan, Kecamatan Kota.

Pameran bertema “Keris Sumenep Merajut Keanekaragaman Nusantara”. Sekretaris Jenderal Persatuan Nasional Konservasi Tosan Aji Nusantara (Senapati Nusantara) Hasto Kristiyanto dan Bupati Sumenep Achmad Fauzi menghadiri acara pembukaan pada Jumat (15/10/2022).

Saat memberikan sambutan, Hasti Kristiyanto mengapresiasi para empu atau pengrajin keris di Sumenep. Karena hingga saat ini mereka masih konsisten kreatif dan inovatif untuk membuat budaya Keris dikenal dunia.

“Pemeliharaan dan pelestarian kerajinan ini merupakan bentuk rasa terima kasih kepada para leluhur yang telah mewariskan budaya keris,” ujar sekretaris PDIP tersebut.

Sementara itu, Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengungkapkan sedikitnya 12 keris Indonesia dan 69 keris Sumenep dipamerkan dalam pameran ini.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk membudayakan, melestarikan dan melestarikan warisan budaya keris sebagai pusaka asli Indonesia dan menjadikan Kabupaten Sumenep sebagai kota keris di Indonesia.

Bupati Fauzi menambahkan, budaya merawat keris juga bisa menjadi pendongkrak ekonomi, khususnya bagi para pelaku usaha dan penggemar keris atau pusaka lainnya.

“Keris ini merupakan warisan nenek moyang yang harus dilestarikan. Tapi yang terpenting jangan percaya keris, tapi harus dilestarikan,” kata Fauzi, suami Nia Kurnia.

Pada tahun 2014, Sumenep diakui oleh UNESCO sebagai kabupaten dengan pengrajin keris terbanyak di dunia. Sebagai bentuk dukungan, Desa Aeng Tong-tong dideklarasikan sebagai Desa Wisata Keris pada tahun 2018.

“Ada keistimewaan pada keris pusaka ini, sehingga tidak hanya populer di kalangan masyarakat lokal tetapi juga di tingkat internasional,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporapar) Sumenep Mohammad Iksan mengatakan, ada sekitar 20 kegiatan yang akan digelar dalam rangkaian perayaan Harjad Sumenep ke-753 itu.

“Pada momen ini, Harjad akan diisi dengan berbagai pertunjukan seni dan budaya. Salah satunya adalah pameran Keris ini,” ujarnya.

Oleh karena itu, Iksan mengajak seluruh elemen masyarakat Sumenep untuk ikut meramaikan dan menyaksikan sinetron Harjad yang semarak.

Diketahui sekitar 150 peserta mengikuti pameran keris ini. Selain perajin lokal, ada juga perajin dari Malang, Surabaya, Jogjakarta, Solo dan Jakarta.

Reporter: moh razin

Editor: Sule Sulaiman

Source: kabarmadura.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button