Dukung Pengabdian Masyarakat di Desa Minggirsari, Dosen Ilmu Komputer Untag Surabaya Ciptakan Inovasi Digital - WisataHits
Jawa Timur

Dukung Pengabdian Masyarakat di Desa Minggirsari, Dosen Ilmu Komputer Untag Surabaya Ciptakan Inovasi Digital

Dukung Pengabdian Masyarakat di Desa Minggirsari, Dosen Ilmu Komputer Untag Surabaya Ciptakan Inovasi Digital

Surabaya (beritajatim.com) – Dosen Ilmu Komputer Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya Elsen Ronando mengembangkan inovasi digital dalam pelayanan publik untuk mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan pelayanan publik.

Melalui Hibah Program Kemitraan Publik Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Masyarakat (DRTPM) Kemendikbud, Ristek Tahun Anggaran 2022, Elsen bersama dosen teknik mesin di Untag Surabaya Mastuki yang bekerjasama dengan The ITS – Guru Enny Indasyah dan seorang siswa yang terlibat berhasil membuat aplikasi layanan surat yang diimplementasikan di desa Minggirsari, Kanigoro Kab. blitar

Elsen menjelaskan, aplikasi ini disosialisasikan dan dilatih pada 7-9 Oktober 2022 untuk perangkat dan masyarakat Desa Minggirsari. Dan mulai tanggal 10 Oktober 2022 hingga saat ini telah diimplementasikan sebuah aplikasi bernama Sedulur Minggirsari Mail Service System atau disingkat SIMPEL BERSERI untuk mempermudah proses pengajuan surat kepada masyarakat.

Aplikasi ini juga didukung dengan fungsi monitoring langsung terkait perkembangan proses pengolahan surat yang diajukan oleh masyarakat. Agar pihak kelurahan bisa mengecek apakah proses pengambilan surat dari kantor desa sudah selesai, ada keterangan atau status yang jelas seperti penolakan jika permohonan surat ditolak.

SIMPEL BERSERI juga didukung dengan beberapa fitur lainnya. Dalam rangka mendukung peningkatan desa cerdas dan mandiri, ada beberapa fungsi yang dapat digunakan selain mengelola surat, seperti informasi profil desa, televisi desa, informasi berita desa, informasi wisata desa, juga terdapat tombol panik untuk peringatan kejadian tak terduga, pasar desa dan statistik desa.

“Aplikasi SIMPEL BERSERI telah menambahkan beberapa fitur tambahan agar masyarakat tidak hanya menggunakan aplikasi ini untuk layanan surat, tetapi juga dapat digunakan untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat, seperti meningkatkan perekonomian masyarakat melalui fungsi pasar desa, peringatan dini masyarakat terhadap kejadian tak terduga melalui fungsi panik, pengungkapan laporan statistik bagi masyarakat melalui fungsi statistik desa, dan pengungkapan informasi desa melalui fungsi desa wisata dan berita desa,” kata Elsen, Jumat (21/10). /2020). /2022). “Tentu pertimbangan penambahan fitur ini berdasarkan riset tim terkait aplikasi sejak 2021,” tambahnya.

Elsen mengaku aplikasi ini bisa berjalan di platform website untuk operator desa dan di platform Android untuk masyarakat pedesaan.

“Aplikasi ini akan diimplementasikan di berbagai kota dan desa di Indonesia. Hal ini akan memudahkan masyarakat dalam mengelola pelayanan pos dan mempengaruhi peningkatan pelayanan publik di Indonesia,” harapnya.

Elsen juga menyampaikan terima kasih kepada DRTPM Kemdikbud, Ristek serta perangkat dan masyarakat Desa Minggirsari yang telah menerima inovasi yang diciptakan.

“Kami berterima kasih kepada DRTPM yang telah memberikan dana Program Kemitraan Masyarakat Tahun Anggaran 2022, serta kepada aparatur dan masyarakat Desa Minggirsari Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar yang telah mendukung terlaksananya program ini. Kami berharap aplikasi SIMPEL BERSERI ini dapat memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan pelayanan publik di Desa Minggirsari, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar,” pungkasnya. (ipl/kun)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button