Kawasan sekitar Gunung Rinjan rencananya akan dibangun dengan kereta gantung mulai Desember 2022 - WisataHits
Jawa Timur

Kawasan sekitar Gunung Rinjan rencananya akan dibangun dengan kereta gantung mulai Desember 2022

Klik TIMES.COM|LOMBOK TENGAH – Pembangunan cable car ke Taman Wisata Gunung Rinjani (TNGR) dari Desa Karangsidmen, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, mulai Desember 2022.

“Upacara peletakan batu pertama pembangunan kereta gantung Rinjani akan dimulai pada 17 Desember bersamaan dengan hari jadi provinsi NTB,” kata Kepala Bappeda Lombok Tengah Lalu Wiratama, Selasa di Praya, NTB.

Ia mengatakan, lokasi pembangunan kereta gantung dimulai dari kawasan hutan rakyat di desa Karangsidmen hingga kawasan di kaki Gunung Rinjani atau tidak jauh dari kawasan TNGR. Pasalnya, di kawasan TNGR seharusnya tidak ada pembangunan, namun jarak ke danau biru Gunung Rinjani tidak terlalu jauh.

Baca Juga: Nikmati Wisata di Malang Lebih Asoy, J99 Trans Hadirkan Glamping Camper Van

“Panjang kereta gantung Rinjani sekitar 10 hingga 15 kilometer,” katanya.

Ia mengatakan, Pemkab Lombok Tengah mendukung pembangunan kereta gantung Rinjani karena akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat. Keberadaan kereta gantung ini tidak akan mempengaruhi keberadaan kuli angkut karena memiliki pasar tersendiri. Wajar jika wisatawan pecinta alam akan memilih menggunakan porter untuk mendaki Gunung Rinjani.

“Pemerintah daerah mendukung hal ini karena pembangunan kereta gantung tidak akan merusak kawasan TNGR,” ujarnya.

Selain itu, rencana pembangunan kereta gantung di kawasan lokasi pembangunan mendapat respon positif dari pemerintah desa.

Baca Juga: Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia, Tujuan Wisata dan Pembelajaran di Jember

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button