Joko Tingkir Yang Menjadi Polemik Dalam Lagu, Ini Fakta Legenda Jawa Tengah - WisataHits
Jawa Tengah

Joko Tingkir Yang Menjadi Polemik Dalam Lagu, Ini Fakta Legenda Jawa Tengah

MEJA – “Joko Tingkir ngombe dawet, ojo shall marai mumet be”… salah satu bait lagu joko tingkir, artinya joko tingkir minum dawet, jangan dipikir-pikir, bisa bikin pusing.

Meski lagu Joko Tingkir sebenarnya hanya sebuah parikan atau pantun, sebenarnya tidak menyinggung kehidupan Joko Tingkir, para pecinta sejarah memprotes keberadaan lirik lagu tersebut.

Lalu siapa sebenarnya Joko Tingkir dan seperti apa Joko Tingkir yang ternyata menjadi raja pertama di Kerajaan Pajang Jawa Tengah itu?

Baca Juga: Luis Milla Targetkan Kemenangan Ketiga, Minta Pemain Persib Bandung Tampil 100 Persen di Ladeni Barito Putra

Joko Tingkir adalah raja pertama Kerajaan Pajang. Dikenal juga sebagai Raden Mas Karebet yang akhirnya mendapat gelar Sultan Hadiwijaya yang dikutip dari kitab Babad Tanah Jawa. Joko Tingkir adalah menantu Sultan Trenggono, Raja Demak, bersama Raja Pajang

Berawal dari kisah seorang laki-laki bernama Ki Ageng Tingkir yang bermimpi saat sedang tidur.

Dalam mimpinya, Ki Ageng Tingkir mendengar suara yang menyuruhnya untuk memetik kelapa muda dari pohon di sebelah rumahnya dan meminum airnya sampai siap.

Baca Juga: Jogja Tour Dekat Malioboro Study tour sering dilakukan mahasiswa untuk rekreasi dan menambah wawasan

Keesokan harinya, Ki Ageng Tingkir pergi ke samping rumah dan terkejut melihat pohon itu sudah berbuah, padahal belum waktunya berbuah.

Source: deskjabar.pikiran-rakyat.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button