Jika Anda suka belajar sejarah, Anda wajib mendalami sejarah di 5 kota tertua di Indonesia ini - WisataHits
Jawa Timur

Jika Anda suka belajar sejarah, Anda wajib mendalami sejarah di 5 kota tertua di Indonesia ini

Jika Anda suka belajar sejarah, Anda wajib mendalami sejarah di 5 kota tertua di Indonesia ini

Nyatanya, mempelajari sejarah cukup membosankan bagi sebagian orang. Namun, tak jarang pula masyarakat menyisihkan tabungan dari penghasilannya hanya untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah, salah satunya di kota tertua di Indonesia ini.

Kota tertua di Indonesia ini wajib dikunjungi oleh para pecinta sejarah atau sekedar mengunjungi wisata lawas yang memiliki nilai sejarah tinggi. Salah satu kota tertua yang ada di Indonesia adalah kota Empek-Empek atau Palembang yang diulas secara lengkap dalam artikel ini.

1.Palembang

Palembang dijuluki Bumi Sriwijaya, yang menunjukkan bahwa kita adalah salah satu kota tertua di Indonesia. Kota yang terkenal dengan bangunan Jembatan Ampera ini sebenarnya sudah berdiri sejak tahun 682 Masehi atau sekitar 1.300 tahun yang lalu.

Palembang juga disebut sebagai kota tertua, hal ini juga dibuktikan dengan adanya prasasti kuno yang kini menjadi museum.

2.Magelang

Siapa sangka, kota kecil di Jawa Tengah ini merupakan salah satu kota tertua di Indonesia. Tentu kita tahu bahwa Magelang merupakan pusat peradaban dengan adanya bangunan candi Borobudur.

Tak hanya itu, Magelang dikabarkan dibangun pada 11 April 907 Masehi atau berusia sekitar 1.100 tahun.

3.Zurabaya

Kota Surabaya merupakan kota tertua di Indonesia, dilihat dari Jubileum Kota Pahlawan. Pada tahun 1906 hari jadi kota surabaya jatuh pada tanggal 1 april, namun sejak tahun 1975 hari jadi kota surabaya diundur menjadi tanggal 31 mei.

Sesuai namanya, kota Surabaya dijuluki sebagai kota pahlawan, sehingga usia kota ini terbilang cukup tua.

4. Jakarta

Jakarta merupakan kota tertua di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1942. Kota yang terbagi menjadi lima wilayah ini dulunya bernama Sunda Kelapa dan Batavia dengan luas wilayah pemerintahan 661,52 km.

5.Semarang

Mungkin sebagian orang tidak percaya bahwa Semarang merupakan salah satu kota tertua di Indonesia karena sudah berdiri sejak tahun 1547 Masehi.

Banyak catatan sejarah di kota Semarang yang tentunya kita ketahui dari kelas sejarah, diantaranya tempat persinggahan Laksamana Cheng Ho, seorang penjajah Cina yang melegenda.

Dapatkan update berita pilihan, berita terbaru dan artikel dari SurabayaNetwork.id setiap hari. Ayo gabung channel Telegram Surabaya Network sambil klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda. **

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button