Jepang bersiap untuk kembali menyambut kapal pesiar - WisataHits
Yogyakarta

Jepang bersiap untuk kembali menyambut kapal pesiar

TEMPO.CO, jakarta – Setelah membuka kembali pintunya untuk turis asing, Jepang bersiap untuk menyambut kapal pesiar kembali ke negara asalnya untuk pertama kalinya sejak dimulainya pandemi Covid-19. Di awal pandemi, kasus Covid-19 juga terdeteksi di kapal pesiar Diamond Princess yang berlabuh di Jepang.

“Jepang kini siap menerima kapal pesiar internasional lagi,” kata Menteri Transportasi dan Pariwisata Tetsuo Saito. “Kami akan menciptakan lingkungan yang memungkinkan wisatawan menikmati kapal pesiar mereka di Jepang tanpa rasa khawatir.”

Belum jelas kapan larangan tersebut akan dicabut secara resmi, tetapi laporan mengatakan kapal Jepang yang berangkat dari Yokohama pada bulan Desember akan menjadi yang pertama.

Saat perjalanan kapal pesiar dilanjutkan, Jepang akan mewajibkan semua awak kapal untuk menerima tiga suntikan vaksin Covid-19. Penumpang juga harus menerima setidaknya dua suntikan. Negara ini juga akan memiliki pedoman untuk ventilasi menyeluruh, menjaga jarak fisik, dan mendisinfeksi area publik.

Larangan kapal pesiar awalnya diberlakukan setelah kematian beberapa penumpang di atas kapal Diamond Princess setelah awak dan penumpang dikarantina di kapal selama dua minggu. Secara total, lebih dari 700 orang terinfeksi.

Jepang bukanlah negara pertama yang menyambut kembali kapal pesiar. Pada bulan April Australia mencabut larangan pelayarannya dan pada bulan Agustus Selandia Baru melakukan hal yang sama.

Di Amerika Serikat, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mencabut peraturan Larangan Berlayar pada Oktober 2020. Badan tersebut juga secara resmi mengakhiri program kapal pesiar era pandemi pada musim panas lalu.

Pembukaan tur Jepang

Sebelum Jepang berencana menyambut kembali kapal pesiar, Jepang baru-baru ini kembali menyambut turis asing secara mandiri. Sebelumnya, Jepang hanya mengizinkan perjalanan berkelompok dengan agen perjalanan berlisensi.

Saat ini, turis asing dapat masuk kembali ke Jepang, namun dengan beberapa syarat, yaitu harus divaksinasi penuh dengan vaksin booster atau memberikan bukti tes PCR Covid-19 negatif yang dilakukan dalam waktu 72 jam setelah keberangkatan. Turis juga diharuskan mengisi formulir di Visit Japan Web.

PERJALANAN DAN LIBURAN

Baca juga: Sebelum bepergian ke Jepang, turis asing wajib mengunjungi halaman ini

Selalu update informasi terbaru. Tonton breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button