Garuda Indonesia buka kembali rute penerbangan Jakarta - Melbourne - WisataHits
Yogyakarta

Garuda Indonesia buka kembali rute penerbangan Jakarta – Melbourne

TEMPO.CO, Jakarta – Maskapai Garuda Indonesia akan kembali beroperasi rute Jakarta – Melbourne PP mulai 23 November 2022. Rute ini dilayani oleh pesawat Airbus A330-300 berkapasitas 251 penumpang dengan konfigurasi 36 kelas bisnis dan 215 kelas ekonomi. Maskapai ini akan beroperasi dua kali seminggu.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan pembukaan rute dari dan ke Melbourne sekali lagi merupakan salah satu upaya Garuda Indonesia untuk mengoptimalkan momentum pemulihan ekonomi nasional, khususnya melalui sektor pariwisata.

Pengembalian rute pulang-pergi Jakarta-Melbourne ini juga merupakan upaya berkelanjutan Garuda Indonesia untuk unjuk gigi perjalanan mulus bagi pengguna jasa melalui pilihan koneksi penerbangan langsung yang lebih beragam dari hub Jakarta,” kata Irfan dalam keterangannya, Minggu, 9 Oktober 2022.

Garuda melayani pasar wisatawan mancanegara yang ingin menikmati keindahan wisata alam dan budaya Indonesia – khususnya di destinasi wisata unggulan Indonesia. “Khususnya bagi wisatawan asing yang ingin mengunjungi destinasi terpopuler di Indonesia seperti Yogyakarta, Lombok, Kualanamu, Surabaya dan kota-kota lainnya,” tambah Irfan.

Irfan mengatakan rute Jakarta – Melbourne PP akan berangkat dengan nomor penerbangan GA 716. Rute ini dilayani setiap hari Rabu dan Sabtu. Berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 21:00 LT dan tiba di Bandara Melbourne pukul 07:35 LT keesokan harinya.

Sedangkan penerbangan Melbourne – Jakarta berangkat dari Bandara Melbourne pada pukul 09:10 WIB dan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta pada pukul 12:15 WIB dengan nomor penerbangan GA 717.

Kehadiran jalur ini, kata Irfan, melengkapi jalur PP Sydney-Denpasar yang pertama kali dioperasikan kembali. Bagi Garuda Indonesia, hal ini menjadi pertanda baik bagi prospek peningkatan lalu lintas penumpang internasional. Mengingat Australia merupakan salah satu pangsa pasar yang potensial sebagai salah satu negara dengan kunjungan wisatawan tertinggi di Indonesia.

Baca: Garuda Tingkatkan Frekuensi Penerbangan Rute Domestik Mulai Oktober 2022

Pada Juli 2022 tercatat jumlah kunjungan wisatawan dari Australia ke Indonesia mencapai kisaran 80.000 orang. “Kami yakin peluang pasar ini akan terus tumbuh sejalan dengan berbagai relaksasi perjalanan antarnegara yang sudah dilaksanakan dan upaya peningkatan alat produksi yang terus kami optimalkan,” pungkas Irfan.

“Selain memenuhi kebutuhan konektivitas yang lebih beragam bagi wisatawan asing ke berbagai destinasi wisata Indonesia, jalur pulang-pergi Jakarta-Melbourne diharapkan juga memberikan kemudahan perjalanan pulang-pergi bagi pelajar Indonesia yang belajar di Australia, khususnya Melbourne,” pungkas Irfan.

Baca: Dirut Garuda Klaim Kinerja Maskapai Akan Positif pada 2022, Ditopang Jumlah 119 Pesawat

Ikuti berita terbaru Tempo di Google News, klik di sini

Source: bisnis.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button