Deretan kota yang cocok untuk bersepeda di Indonesia - WisataHits
Yogyakarta

Deretan kota yang cocok untuk bersepeda di Indonesia

TEMPO.CO, jakarta – Di Indonesia, penggunaan sepeda sebagai moda transportasi sehari-hari mungkin belum sepopuler di negara maju seperti Jepang, Belanda, dan Korea Selatan. Padahal, menggunakan sepeda sebagai alat transportasi bisa menyehatkan, murah dan mengurangi kemacetan.

Namun, sejumlah kota besar di Indonesia mulai memperhatikan dan mendorong penggunaan sepeda untuk aktivitas sehari-hari. Hal ini dibuktikan dengan dibangunnya jalur sepeda. Kota-kota ini juga bisa menjadi destinasi menarik untuk wisata sepeda. Berikut deretan kota yang cocok untuk sepeda di Indonesia:

1.Bogor

Kota ini memiliki banyak jalur bersepeda yang seru dan menantang. Kontur kota pegunungan menawarkan banyak rute dengan jalan menanjak.

Beberapa jalur sepeda di Bogor menyuguhkan panorama yang indah, misalnya kawasan KMO Sentul, Curug Nangka, dan Puncak. Jika Anda mencari rute yang lebih bersahabat tanpa tanjakan tinggi, Bogor juga menawarkan banyak destinasi yang indah dan bersahabat seperti kawasan kota Bogor dan kebun raya Bogor.

2.London

Kota Bandung merupakan kota dengan lingkungan bersepeda yang baik. Udara di kota Bandung yang sangat sejuk membuat kota ini menjadi pilihan yang cocok untuk para pesepeda santai.

Rute sepeda yang ditawarkan dimulai dari Alun-alun Kota Bandung. Pesepeda akan menemukan beberapa landmark kota jadul yang cocok untuk selfie di media sosial. Jika Anda hanya ingin mengendarai sepeda dengan selfie estetika Anda bisa mampir ke Museum Konferensi Asia Afrika, lalu Jalan Braga yang dipenuhi bangunan-bangunan tua bergaya Eropa, Gedung Negara bersejarah yang kini menjadi kantor Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan yang terakhir adalah Museum yang keren.

Bandung dan sekitarnya juga menawarkan pemandangan indah bagi para pesepeda. Komunitas bersepeda Bandung juga sangat aktif dalam kegiatannya dan ikut serta dalam suasana bersepeda yang mungkin telah melahirkan beberapa pesepeda nasional.

3. Yogyakarta

Yogyakarta adalah kota terbaik dan ramah bagi para pesepeda. Menjelajahi kota Yogyakarta dengan sepeda akan memanjakan Anda dengan panorama indah hamparan sawah hijau dan pegunungan.

Salah satu jalur sepeda paling populer di Yogyakarta adalah Gebelk Pari di Nanggulan, Kulonprogo. Jalur melalui persawahan ini dikenal sebagai jalur yang populer bagi para pesepeda di Yogyakarta.

Selain Geblek Par, pengendara bisa merasakan keajaiban bersepeda di Yogyakarta, mulai dari Alun-alun Yogyakarta hingga kawasan Malioboro yang kini telah berkembang menjadi kawasan ramah sepeda. Pemerintah Daerah Yogyakarta telah lama beradaptasi dengan ekosistem ramah sepeda bagi wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Sudut-sudut kota Yogyakarta dirancang agar mudah dikunjungi sepeda, dan banyak tempat yang memiliki area parkir khusus sepeda.

4. Jakarta

Jakarta merupakan ibu kota Indonesia yang memiliki jumlah penduduk yang cukup padat. Jakarta kini memiliki jalur sepeda terlindungi.

Di Jakarta, jalur sepeda dibangun di sepanjang jalan Sudirman-Thamrin sepanjang 11,2 kilometer. Lintasan selebar 2 meter itu membentang dari Bundaran Senayan hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Selain bersepeda di jalur sepeda, Jakarta menawarkan tempat wisata bagi pecinta sepeda. Ini termasuk Kota Tua dan Monumen Nasional. Pesepeda juga bisa bersepeda di kawasan Taman Margasatwa Raguna, Taman Impian Jaya Ancol dan Pantai Kapuk Indah yang sedang tren saat ini.

5.Batam

Batam merupakan kota metropolitan yang diakui oleh B2W sebagai kota ramah sepeda. Salah satu jalur sepeda yang belakangan ini menjadi sorotan di Batam adalah dari Bundaran Madani hingga Jembatan Bengkong Sadai yang lebarnya sekitar 2 meter. Selain itu, Batam ke depan akan terus mengembangkan infrastruktur, termasuk jalur yang aman dan nyaman bagi pesepeda.

6. Jepang

Salah satu kota administratif di Jawa Tengah ini disebut-sebut tengah menapaki jalur menjadi kota ramah sepeda. Minat warga untuk bersepeda ditanggapi oleh pemerintah negara bagian dengan membangun jalur sepeda dan tempat parkir khusus sepeda. Selain itu, Jepara yang tidak terlalu padat penduduknya tentu membuat bersepeda di perbatasan Laut Jawa ini semakin nyaman.

7.Magelang

Kota Magelang dianugerahi penghargaan kota ramah sepeda oleh Bike2Work. Pasalnya, kota di Jawa Tengah ini dinilai sangat memperhatikan para pesepeda. Kota ini sudah memiliki jalur sepeda di 9 jalan dan mengusulkan tiga jalur lagi. Magelang juga menggalakkan gerakan sepeda.

JENIATI ARTAULI TAMPUBOLONE

Baca juga: Wisatawan berangsur normal, Yogyakarta menggencarkan promosi wisata sepeda

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terkini dan berita unggulan dari Tempo.co di kanal Telegram Tempo.co Update. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button