Jembatan Mukus dan Bendoroto di Trenggalek diresmikan setelah dibongkar akibat banjir - WisataHits
Jawa Timur

Jembatan Mukus dan Bendoroto di Trenggalek diresmikan setelah dibongkar akibat banjir

Jembatan Mukus dan Bendoroto di Trenggalek diresmikan setelah dibongkar akibat banjir

SurabayaNetwork.id- Dua jembatan benteng yang terputus akibat banjir diresmikan. Kedua jembatan benteng tersebut berada di wilayah Kabupaten Trenggalek yaitu Jembatan Mukus di Desa Sawahan Kecamatan Watulimo dan Jembatan Bendoroto di Desa Bendoroto Bangun Kecamatan Munjungan.

Jembatan Mukus menghubungkan Dusun Krajan dan Winong, Desa Sawahan dan Kecamatan Watulimo serta akses jalan alternatif Prigi – Munjungan. Jembatan ini memiliki dimensi panjang 27 meter, lebar 3,5 meter dan daya dukung 10 ton.

Sedangkan Jembatan Bendoroto-Bangun menghubungkan Desa Bendoroto Kecamatan Bendoroto dengan Desa Bangun Kecamatan Bendoroto. Dengan dimensi panjang 24 meter, lebar 3,5 meter dan kapasitas angkat yang sama yaitu 10 ton.

Kedua jembatan ini merupakan pintu gerbang utama bagi masyarakat, baik dalam hal bisnis, pendidikan maupun aktivitas sehari-hari.

Akibatnya, jebolnya jembatan Mukus dan Bendoroto akibat banjir November 2022 membuat hampir 4.000 warga mengungsi.

Baca Juga: Ganti Nama? Karena itu, orang Jawa mengganti nama bayinya

Selain itu, Desa Sawahan yang menjadi lokasi Jembatan Mukus merupakan salah satu sentra wisata buah durian di Trenggalek.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa berharap kedua jembatan tersebut, khususnya Jembatan Mukus, bisa menjadi penghubung hub ekonomi baru di Trenggalek.

“Destinasi wisata yang menjadi kekuatan Trenggalek insya Allah akan menjadi komponen penting untuk dapat menjalin hubungan antar pusat ekonomi baru di Kabupaten Trenggalek,” ujarnya dalam siaran pers kepada redaksi, Selasa (1/ 24/2023). .

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button