Tiga jembatan darurat di Trenggalek diresmikan - WisataHits
Jawa Timur

Tiga jembatan darurat di Trenggalek diresmikan

Tiga jembatan darurat di Trenggalek diresmikan

Bisnis.comTRENGGALEK – Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pada Senin (23/01/2023) meresmikan tiga jembatan darurat di Kabupaten Trenggalek yang sebelumnya rusak akibat banjir bandang.

Ketiga jembatan darurat ini dibiayai Pemprov Jatim dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Darurat (BTT).

Edy Tambeng Widjaya, Direktur Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jawa Timur, menjelaskan saat peresmian tiga jembatan darurat yang dibangun di kawasan pesisir selatan Kabupaten Trenggalek itu menelan anggaran hampir Rp 5 miliar yang dibuat-buat. dana provinsi tak terduga berasal .

“Jembatan yang dibangun adalah Jembatan Mukus, kemudian juga Jembatan Bendoroto yang rusak. Kemudian Jembatan Kedung Pucang yang pondasinya sudah tergerus,” ujarnya.

Pembangunan ketiga jembatan itu, kata Edy, berdasarkan usulan Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin saat gubernur mengunjungi daerah yang dilanda banjir dan tanah longsor pada akhir Oktober 2023.

“Dan pada saat itu, Gubernur sepakat untuk memberikan bantuan dana tak terduga (BTT) Provinsi Jatim lebih dari Rp 4 miliar untuk pembangunan tiga jembatan di Trenggalek,” ujarnya.

Jembatan Mukus sendiri dibangun dalam bentuk jembatan sementara (bailey) atau jembatan rangka baja milik Provinsi Jawa Timur.

Demikian pula Jembatan Bendoroto menggunakan Bailey milik Pemprov Jatim. Diharapkan, meskipun menggunakan bailey, jembatan sementara dapat dipindahkan ke peruntukan lain untuk jembatan lain yang bernasib sama di masa mendatang setelah dibangun jembatan permanen.

Dari segi teknis, Jembatan Mukus sendiri, jelas Edy, memiliki panjang bentang 27 meter dan lebar 3,5 meter. Jembatan ini bisa dilalui armada berat dengan kapasitas maksimal 10 ton.

Jembatan Bendoroto kini memiliki panjang 26 meter dan lebar 3,5 meter. Kemudian kapasitas melewati 10 ton. Jembatan Kedung Kujang hanya memperkuat pondasi yang tergerus.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menambahkan, seluruh ibu-ibu memberikan bantuan jembatan darurat yang menelan biaya hampir Rp 5 miliar. Lalu rata-rata semuanya sangat penting,” kata Mas Ipin, sapaan akrab Bupati Trenggalek.

Di Mukus, misalnya, empat ribu warga diisolasi. Selain itu, kawasan ini juga memiliki potensi wisata menarik yang dapat dikunjungi wisatawan sehingga sangat membantu perekonomian penduduk Trenggalek.

Sedangkan Jembatan Bendoroto di Kecamatan Munjungan merupakan penghubung antara Kecamatan Watulimo dengan Kecamatan Munjungan.

Karena vitalitas infrastrukturnya, jembatan ini memberikan dampak ekonomi yang luar biasa bagi masyarakat Kabupaten Trenggalek, khususnya di kawasan Munjungan.

Karena jika jembatan jebol, Kabupaten Munjungan bisa terisolir karena kita tahu jalur Kampak-Munjungan juga sering terancam longsor.

“Terima kasih Bu Gubernur, meskipun ini jembatan bailey dan sifatnya sementara, tapi sangat membantu masyarakat kami,” kata Nur Arifin dalam sambutannya di acara peresmian tersebut.

Nanti akan kami usulkan ke BNPB. “Mudah-mudahan jembatan permanen bisa segera dibangun, meski jembatan seadanya ini bisa bertahan bertahun-tahun ke depan,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan, pihaknya tengah menyiapkan program strategis ketika, misalnya, bandara di Kediri selesai dibangun.

“Konektivitas tidak hanya bersifat nasional, tetapi juga internasional. Tentunya kebutuhan untuk dapat menemukan objek wisata yang strategis menjadi kebutuhan baru. Ketika tujuan bandara di Kediri selesai. Sekarang sedang dikerjakan,” katanya.

Menunggu penetapan lokasi (Penlok) antara tol Kediri dan Tulungagung. Jika sudah selesai, koneksi ke Trenggalek akan sangat terbantu dengan transportasi udara yang mencapai Kediri, tol Kediri-Tulungagung, dan kemudian koneksi ke Trenggalek.

Pariwisata yang menjadi keunggulan Trenggalek menjadi bagian strategis dari pengembangan kawasan wisata lokal insya Allah.

“Titik-titik strategis ini akan menjadi bagian penting dalam membangun konektivitas hub ekonomi baru di wilayah Kabupaten Trenggalek,” ujar Khofifah di akhir keterangannya.

Untuk lebih banyak berita dan artikel, lihat Berita Google

Tonton video yang direkomendasikan di bawah ini:

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button